MENU
icon label
image label
blacklogo

Honda Freed Supercharge RPM Custom Raih King of Black

DEC 02, 2019@10:00 WIB | 175 Views

Honda Freed Hitam milik bengkel RPM Custom Tasik ini diganjar sebagai King of Black, setelah mengusung gaya modifikasi street racing dan proper untuk daily use. Willy dengan Honda Freed hitam solidnya akhirnya menyingkirkan beberapa peserta mobil hitam lainnya. Dengan konsep daily use, desain interiornya membiarkan semuanya tetap standar, namun dengan konsep street racing diperkuat dengan indikator gauge berbalut kulit suede dan lapisan carbon di beberapa titik.

Sektor mesin tetap standar, namun Willy telah memasang Supercharge Sprintex yang menambahkan tenaga hingga sekitar 40 HP. "Tanpa intercooler, supercharge bisa bekerja secara maksimal, dan saya sendiri tidak sempat mengejar tambahan aksesoris ini. Dan bila ditambah dengan intercooler tidak ada tambahan tenaga yang besar," ujar Willy pemilik bengkel RPM Custom Tasikmalaya.

Mempertegas gaya street racing, ruang mesin pun dilengkapi dengan strut bar, secara fungsional menghindari benturan depan dan samping. Front hood telah dilengkapi dengan motorize. "Karena konsepnya memang proper, maka mobil kami berani riding dengan tim RPM Custom dari Tasikmalaya ke Yogyakarta," cetus Willy.

Meski tampilannya cukup ceper, Willy mengaku telah menggunakan air suspensi Universal 2 titik, dengan tabung V-AIR USA. Air suspensi tertata rapi dibelakang dengan car audio berbasis SQL full spek terdiri dari 2 subwoofer 12 inci, 6 titik speaker, dan 2 power processor dari Pioneer.

Sektor interior dipertajam dengan tampilan jok Bride Lowmax dan Jok belakang Bride ergo. Untuk jok belakang dan plafon telah dilapisi kulit suede. Sebuah mini DJ dan laptop menambah entertainment lebih nyaman untuk pecinta musik EDM. Dan sebuah mini roll cage chrome cukup match dengan gaya street racingnya.

"Tenaga 160 hp cukup besar dan itu kinerja mesin yang disokong dengan Dastex unichip Q4 dan supercharge membutuhkan beberapa gauge meter untuk memonitor kinerja mesin. Lima defi gauge memberikan parameter ukuran terdiri dari volt meter, water temp, vacum (air compression), oil time, dan oil press, bekerja secara fungsional," jelas Willy. Balutan carbon juga disematkan pada setir Civic FD.

Sektor eksterior customize bumper depan dan belakang modifikasi beberapa sentuhan carbon. Head lamp telah dimodifikasi dengan blind lamp, mengikuti gaya mobil balap sirkuit, dengan menggunakan produk dari Autovision.
"Saya pengen bangun mobil seekstrim apapun secara fungsional harus tetap daily proper. Termasuk bagian jok yang tetap dimaksimalkan fungsinya," aku Willy.

Selama modifikasi bagian paling sulit adalah memasang cakram belakang, dengan tetap memfungsikan tromol untuk kebutuhan hand rem. Selain itu pemasangan supercharge juga menjadi poin kesulitan sendiri, karena menurutnya, saat memasang supercharge ini harus diikuti dengan test dyno.

"Kami sadar secara pabrikan Honda Freed diproduksi dengan tarikan mesin yang lemot. Dari 90 hp ke 160 hp itu tambahan tenaga yang luar biasa. Diatas mesin dyno settingan supercharge lebih mudah kami setting di SS Performance Bandung," cetus Willy.

Modifikasi Honda Freed dimulai dari tahun 2014. Modifikasi ini tidak langsung jadi, karena melihat perkembangan industri aftermarket, Willy selalu memberikan sentuhan baru hingga saat ini.  Total modifikasi menurutnya paling besar diserap dari engine performance seperti supercharge dan pemasangan caliper BBK depan dan belakang, serta air suspensi telah mencapai Rp100 jutaan lebih. 

"Mengikuti BlackAuto Battle sejak tahun 2018 di Solo, namun itu mobil kustomer saya dan mendapatkan King of Black dan best audio cabin di event selanjutnya. Secara pribadi saya baru bertanding di 2019 ini, karena saya menilai baru di titik modifikasi ini memenuhi kualifikasi," tutup Willy. Dirinya juga disupport beberapa bengkel modifikasi untuk mengikuti di kontes BlackAuto Modify.[Ahs/timBX]


Spesifikasi Honda Freed 2014

Exterior
Repaint black solid
Custom bumper depan
Custom bumper blkg
Custom head lamp.


Engine
Sprintex supercharger
Dastex unichip Q4
Strutbar ultraracing
Open filter k&n
Kompresor HKS

Undercariage
Velg Rays Gramlights
Ring 17 lebar 7 rata
Airsus Universal 2titik
Bbk dpn Ap Racing 4pot
Bbk blk naskin 4pot
Coilovers custom
Coloring undercariage

Audio
Full Pioneer SQL
2 sub 12inch
6speaker
2power

Interior
Jok dpn bride lowmax
Jok blk bride ergo
Stir civic fd full carbon
6 Defi meter
Seatbelt takata 4 titik
Plafon retrim suede
Panel2x carbon

Tags :

#
king of black,
#
blackauto modify,
#
final battle blackauto battle 2019 yogyakarta,
#
rpm custom tasikmalaya