MENU
icon label
image label
blacklogo

Final Battle BlackAuto Battle 2019: Fokus Menjaga Originalitas Toyota Innova

NOV 30, 2019@18:00 WIB | 741 Views

Perhelatan Final Battle BlackAuto Battle 2019 yang sedang berlangsung saat ini di JEC Yogyakarta tanggal 30 November 2019 - 1 Desember 2019 diikuti puluhan mobil modifikasi. Salah satunya adalah Toyota Innova 2004 yang dimodifikasi beraliran elegan.

Andarbeni Nugroho sang empu Innova mengaku berpikir keras untuk merombak tunggangan kesayangannya tanpa harus menghilangkan kenyamanannya saat berkendara. Karena itu, wiraswasta ini mengaku membutuhkan waktu hingga 1,5 tahun untuk gubahannya.

“Sebelumnya saya melakukan survey terhadap mobil modifikasi untuk kontes tetapi juga bisa dipakai untuk harian. Biasanya mobil modifikasi hanya sekedar pajangan saja dan selalu dikandangkan bila ada kontes modifikasi. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi saya. Mobil modifikasi yang saya garap harus tetap tetap nyaman saat diajak berkendara bersama keluarga,” imbuhnya.

Garapan pertama pada sektor eksterior, Andarbeni tidak melakukan custom untuk bodi kitnya, hanya menggantinya dengan beberapa generasi Innova, mulai dari tahun 2010 hingga 2014. “Bagian eksterior tidak yang custom, semuanya asli dari Innova beberapa generasi, baik dari kap mesin, side kirt bumper belakang dan lainnya, hanya pintu yang masih asli Innova 2004,” ungkap ayah dua orang putra putri tersebut.

Usai memodifikasi eksterior, gubahan beralih ke kaki-kaki, disinilah permasalahan mulai timbul. Ini disebabkan Innova merupakan kendaraan MPV dengan ground clearance yaitu 200 mm tertinggi diantara kompetitor sejenisnya, dan juga bobot Innova yang cukup berat dibandingkan dengan kompetitor sejenis.

Beni sapaan akrabnya mulai merancang sasis yang harus dikerjakan berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang benar-benar sesuai. “Saya harus bolak balik ke tempat bubut untuk menentukan hasil presisi,” papar Beni sambil tertawa.

Terlebih lagi, Beni harus memotong sasis beberapa centimeter, otomatis gardan juga naik setinggi 15 cm. Secara otomatis lantai pada mobil Innova dengan penggerak roda belakang juga akan naik 15 cm. Untuk mengakali sektor interiornya, Beni mencopot kursi baris ketiga untuk membenamkan beberapa peranti audio dan memundurkan kursi tengah ke belakang persis di atas sasis.

Sedangkan untuk bagian tengahnya, Beni membenamkan TV LED 42 inci untuk memberikan hiburan bagi keluarganya saat berkendara. Tak lupa juga memasang 4 buah TV headrest.

Adapun garapan terakhir yang dikerjakan adalah sektor mesin yang masih menggunakan Innova tahun 2004 2000cc, tetapi Beni melakukan bore up menjadi Innova 2010 mesin bensin 2500cc. Mengingat kapasitas mesin bertambah besar, pria yang cukup ramah ini menambah air cooler karena air cooler standarnya tidak mumpuni dengan kapasitas mesin sebesar itu.

“Sebelumnya, banyak rekan-rekan dari komunitas menyarankan agar melakukan swap engine, tetapi saya menolak karena dengan swap engine otomatis keaslian mesin Innova 2004 akan hilang. Karena saya ingin tetap Innova tidak ada yang dirubah, hanya saja saya memakai aftermarket atau aksesoris dari beberapa generasi Innova,” ungkap Beni yang sebelumnya juga merasa kesulitan karena spare parts atau jeroan-jeroan Innova dari tahun ke tahun tidak ada yang sama, selalu berubah dari tahun ke tahun. Meskipun menjadi pekerjaan yang tidak mudah, tetapi Beni sanggup menyelesaikan masalah tersebut.

“Tetapi dari semua gubahan yang sudah tersemat di Innova 2004, ada yang saya paling senang, karena semua all sistem kendaraan seperti lampu, sunroof, air suspensi dll bisa terhubung ke smartphone android saya,” pungkas Beni. [ryn/timBX]

Spesifikasi Toyota Innova 2004   

Mesin : engine 2000cc up to 2500 cc, oil cooler filter K&N, power chip    

Eksterior :  Up grade body 2014, double sunrood dan moonroof, spion Honda Odyssey, lampu depan Custom LED, lampu belakang Custom LED, repaint kuning metalik, red candy, wide body + splitter ground, cutting sticker.

Kaki-kaki : velg Work Rezax R19 lebar belakang 9,5 dan belakang 10,5, repaint + gold revert, air suspensi doubel kompresor Viar 480 hard line,  Custom nepel dan shockbreaker   

Audio :  headunit Piooner, 3way Crescendo, tv head rest 4 unit, TV Smart Polyitron 42 inci, 2 unit subwoofer Cello 10 inci, power Harmoni Drive, monoblock Venom X,  processor Venom Pandora, Custom box dan tweeter  

Bengkel :  Tirtomulyo Custom end Car Wash, Bantul Yogyakarta

Tags :

#
final battle blackauto battle 2019 yogyakarta,
#
modifikasi,
#
blackauto modify,
#
toyota innova