MENU
icon label
image label
blacklogo

Berbasis Jazz, Berwajah Ford Fiesta, HellBoy Vavoma Raih Contest Car Champ di BlackAuto Battle Seri 2 Bali

OCT 31, 2022@13:13 WIB | 716 Views

Akhirnya BlackAuto Battle 2022 Seri 2 Bali melahirkan juara the Champ dari Contest Car dan Culture Car. Car Enthusiast di Bali mereka cukup ulet dalam merancang konsep, mengeksekusi eksterior (painting and airbrush), body, undercarriage, hingga engine. Para peserta rata-rata adalah mobil baru, segar dan dengan level modifikasi makin ciamik. 

Nah kali ini Bayu Saputra dari komunitas Vavoma berhasil membangun sebuah Honda Jazz dengan konsep Hellboy, dinyatakan sebagai The Champ BlackAuto Modify Contest Car. Hellboy secara basic adalah Honda Jazz generasi pertama yang sudah diswap engine dengan Honda GK5 milih Honda Jazz Generasi Terakhir.

"Mobil ini secara look sudah seperti Ford Fiesta. Sementara basicnya adalah Honda Jazz yang secara bodykit berubah total. Dengan tampilan lampu depan milik Ford Fiesta dan lampu belakang Ford Focus serta stoplamp milik Honda Accord. Dengan pintu gunting ala Lamborghini, sengaja dibuat bahan fiber menyesuaikan kemampuan motorized. Sementara bodi lain menggunakan plat, untuk memenuhi desain yang futuristik," ungkap Bayu Saputra, member dari Vavoma.

Basic warna merah dengan airbrush bertema Hellboy divisualisasikan dengan front lamp seperti mata setan, dengan tanduk yang diwakili dengan exhaust system fungsional dan estetik. Sementara puluhan tengkorak mewakili Hellboy yang bertarung dalam situasi nightmare. Titik lampu ambient warna merah dan ungu mendukung mobil garapan Dewi Sri Auto Bodywork ini. 

Selain airbrush, Hellboy juga telah membelah roof terpisah dari pilar, dan diangkat melalui dua motorized. Termasuk bagasi belakang dengan dua titik motorized, membuka keatas dan kebawah, untuk mengakomodir audio system dan mesin DJ.  Titik aerodinamika juga dibikin serius, sehingga wide body pun tak terelakan untuk rumah ban belakang dengan velg 12 inci. Atas kreativitas ini, piala best  xtreme Ekterior dianugerahkan ke Bayu Vavoma.  

Baca : 
Komunitas Vavoma Turunkan 11 Mobil Kontes di BlackAuto Battle Seri 2 Bali, Jazz HellBoy Incar The Champ

"Hellboy kami persiapkan selama satu tahun. Namun finishing cat memakan waktu 2 bulan. Total modifikasi terbilang fantastis, seingat saya sudah mencapai Rp750 jutaan," tambah Bayu yang menekuni dunia modifikasi sejak 10 tahun silam bersama Vavoma.

Dimana titik point terberat modifikasi Honda Jazz Hellboy ini. Ada 10 piala yang diborong oleh Bli Bayu Saputra. Best Xtreme Engine salah satunya, mesin GK5 L series ini sudah dimodifikasi dengan transmisi gear box manual. Mengimplan twin turbo charger CT 12 milik 2 JZ , Blowoff HKS, timer HKS, serta smart wastegate HKS.  Otak pengaturan engine menggunakan ECU original tambahan Dastek Unichip standalone.


 
Terlihat selang Samco ke ruang intercooler flek competition, dan piping turbo berbahan alumunium. Exhaust system dibuat menjulang keatas, berbahan stainless custom dibuat seperti tanduk Hellboy yang bercabang. Secara teknis instalasi engine cukup proper mengimbangi gaya eksterior yang xtreme.  Konversi body terbilang ekstrim karena body sudah dipotong dari pilar B dan C sebesar 15 derajat. Kemudian atap bisa diangkat menggunakan hidrolik dan motorized. 

Penghargaan bergengsi lainnya seperti Best Inspector Gadget  juga disandang oleh Hellboy. Ada 30 monitor yang terpasang, dengan 4 unit televisi 22 inci dan 1 unit 32 inci. Sektor intertainment dibikin cukup lengkap, mulaidari DJ controller, PS 3, Macpro. Sementara audio system 6 buah subwoofer system, 22 speaker Venom, 4 monoblock, 4 power amplifier, dan power processor dari Venom Pandora Mark 4. 

Bobot berat lainnya adalah under carriage sehingga merebut kategori Best Xtreme Undercarriage. Pilihan Velg R20 bikin jarak lips to fender makin tipis. Velg JF Luxury sudah dibungkus karbon black and red terbilang cukup rapi. Empat titik air suspensi, didukung dengan 2 kompressor Silent air lux. Point penilaian makin berat berkat pemasangan coilover BC, BBK Brembo 8 port depan, dan dual kaliper Brembo 8 dan 6 port, serta chamber kit.

Ada 10 piala yang disandang oleh Jazz Hellboy,  dan akhirnya dinobatkan sebagai Contest Car Champ dan berhak untuk bertanding ke Final Round Battle di Tangerang Desember nanti. "Sebagai bocoran kami akan ganti warna untuk memenuhi regulasi di Final, sampai ketemu di Hellboy versi kedua. Komposisi warna lebih ke ungu, dan saya nyatakan siap Battle di Final," tutup Bayu Saputra.[Ahs/timBX]

Tags :

#
blackauto battle,
#
blackauto battle 2022,
#
blackauto battle bali 2022,
#
blackautobattle,
#
blackautobattle2022,
#
the champ