MENU
icon label
image label
blacklogo

3 Mobil Diesel Terkencang Dalam Dynotest BlackAuto Final Battle Jogja 2023

OCT 21, 2023@16:00 WIB | 984 Views

Selain diramaikan dengan kontes modifikasi estetika alias Blackauto Modify, gelaran Blackauto Final Battle Jogja 2023 juga punya satu aktivitas yang ditunggu-tunggu.

Apalagi kalau bukan sang event adu gahar dan kencang mesin mobil alias Blackauto Dynotest.

Dibuka dengan tiga kelas mulai dari Naturally Aspirated (NA) 4 Cylinder, Forge Induction 4 Cylinder hingga Diesel Class gelaran Blackauto Dynotest jadi salah satu fokus utama para pengunjung dan peserta event modifikasi akbar dari BlackXperience ini.

Namun pada artikel ini kita fokus bahas Diesel Class alias sang cumi-cumi darat yuk Blackpals.

Dimulai sekitar pukul 15.00 WIB, Blackauto Dynotest Diesel Class langsung mencuri perhatian pengunjung dan peserta. Hal tersebut dibuktikan dengan ikut sertanya 10 mobil ikut merasakan sensasi 'Berlari' di atas mesin dynotest.

Dua jenis mobil tenar yang terpantau mengikuti Blackauto Dynotest Diesel Class, yaitu Toyota Innova dan Fortuner series dari berbagai tahun dan jenis mesin dieselnya.

"Antusiat dynotest di Blackauto Final Battle Jogja 2023 ini wow banget enggak kalah dari kota-kota sebelumnya. Sudah banyak pemain diesel yang bagus-bagus dengan horse power (HP) yang lumayan besar. Untuk Jogja memang salah satu kota dengan pemain dieselnya yang banyak," buka Arnold salah satu PIC Blackauto Dynotest.

Arnold pun menambahkan, bahwa tren membuat mobil diesel menjadi lebih kencang dikarenakan ketersediaan sparepart racing aftermarket yang cukup banyak.

"Main diesel itu susah-susah gampang, tapi dibanding mesin bensin lebih mudah diesel untuk menaikan HP. Partnya banyak, ada yang dari Thailand dan ada juga part-part yang bisa bikin sendiri alias lokal."tambah cowok dengan outfit warepack khas mekanik ini saat kami wawancarai.

Setelah beberapa jam dilaksanakan, gelaran Blackauto Dynotest pun berhasil mendapatkan beberapa juara alias mobil dengan catatan horse power tertinggi. 

Diurutan pertama, bro Morgan dengan Toyota Fortuner tahun 2014 yang berhasil memecahkan rekor dynotest diesel class Blackauto Final Battle Jogja 2023 dengan torehan output 367HP.

"Saya Morgan dari Banyumas. Mobil saya ini Fortuner tahun 2014 yang sudah saya swap engine dengan mesin 1KD milik Toyota Prado atau Hilux lama dengan 3.000cc,"buka Morgan.

Penasaran dengan torehan HP tinggi, tim BX mengulik bagaimana spesifikasi atau spek modifikasi pada mesin Toyota Fortuner berkelir hitam milik bro Morgan.

"Mesin 1KD ini internal mesinnya masih standart. Kayak piston, setang piston, crankshaft semua itu masih standart. Kita hanya mengganti chamsaft, noozle, jalur-jalur solar, turbo kita perbesar pakai Greddy, intake racing, per klep semua racing aftermarket. ECU standart remap, dastek, ECU shock Monster Max.Tadi main 40 Psi ya hampir tiga bar boost turbonya,"sambung cowok berkulit putih ini.

Morgan pun mengatakan mobilnya memuntahkan tenaga 367HP tersebut belum disertasi dengan NOS, menurutnya jika NOS digunakan dapat menyentuh angka 400HP loh Blackpals. "Tadi main belum pakai NOS ya, kalau pakai yaa estimasi saya paling enggak begitu jauh ya sekitar 400 HP-an lah. Saya bikin mobil ini fokus buat drag race bukan buat harian,"tutupnya.

Lanjut, diurutan kedua ada bro Chio dengan Toyota Fortuner hitamnya, mobil satu ini juga memiliki output tenaga lebih dari 300HP Blackpals. Sedangkan diposisi ketiga ada Toyota Innova Reborn milik bro Dodi dengan output masih berkisar tak jauh dari kedua Fortuner tersebut.

"Hari ini saya dan tim menurunkan empat mobil, dua Innova mesin KD, Innova Mesin 2GD dan Innova mesin 1 GD. Dan untuk Innova 2GD ini persiapan kita ganti turbo besar, noozle dan mapping. Kebetulan angka 327,8, taksiran saya 310-315 HP mobil itu sudah diluar ekspestasi  Mobil itu baru jadi tadi siang jam 11.00."buka Adi mewakili sang owner bro Dodi.

Uniknya, ketiga finalis output tenaga mesin diesel terbesar pada Blackauto Final Battle Jogja 2023 ini merupakan mobil satu tim Blackpals yaitu tim Party X JBRT.

Sedikit menanyakan budget modifikasi, bro Adi mengatakan jika Innova 2GD garapannya ini sudah menelan biaya yang tak dapat dikatakan murah.

"Kalau dihitung dari awal bisa seharga Innova satu lagi ya sekitar Rp 200 jutaan lah. Tapi terbayarkan, acaranya Blackauto Final Battle Jogja ini seru banget, buat kalian pecinta modifikasi wajib dateng pokoknya,"tutur Adi dengan senyumnya.

Lanjut, kami juga melihat salah satu influencer otomotif yang terpantau sangat antusias menyaksikan Blackauto Dynotest yaitu bro Jonathan Salim alias Jpro.

"Blackauto Battle dari seri ke seri selalu pecah banget gokil, makin rame. Dan yang di Jogja ini melihat venuenya megah banget, bintang tamu yang dateng dan bintang tamu yang dateng gokil punya karakteristik sendiri yang culture banget dari yang ekstrem ada stance ada jadi bener-bener gue lihat mobil yang sebelumnya gue belum pernah lihat,"ucap Jpro.

Namun sayang sekali, kali ini pada Blackauto Final Battle Jojga 2023 bro Jonathan tak menurunkan mobil miliknya. "Kali ini gue enggak nurunin mobil, tadinya mau bawa Honda Jazz gue yang projek terbaru tapi enggak keburu, jadwal wrappingnya belum sempet jadi dengan berat hati enggak turun dulu. tapi wah dynotestnya itu satu hal yang paling seru di Blackauto Battle karena benar-benar bisa lihat performa mobil sesungguhnya dan cara dyno gimana,"tutup cowok dengan beberapa tato ditubuhnya ini.

[Azz/timBX].

Tags :

#
diesel,
#
dynotest,
#
blackauto final battle jogja 2023,
#
blackauto battle,
#
blackxperience