MENU
icon label
image label
blacklogo

Terinspirasi Jam Tangan Pilot, IWC Luncurkan Kronograf Flieger Baru

MAR 07, 2021@10:00 WIB | 871 Views

Menyebut jam tangan pilot, tak bisa dipisahkan dari koleksi IWC Schaffhausen. Saat meluncurkan jam tangan Flieger dan Mark di tahun 1930-an, perusahaan ini telah membuat merek tersebut menjadi terkenal.

Kini, untuk memberikan penghormatan kepada Flieger hitam yang sangat ikonik di tahun 1994, IWC meluncurkan jam tangan Pilot’s Watch Chronograph Edition “Tribute to 3705”.

Menjawab permintaan Inggris untuk membuat jam tangan pilot militer yang dapat menahan suhu dan medan magnet, IWC kemudian menyempurkan arloji penerbangan pertamanya di tahun 1936. Saat itulah IWC menjadi merek pertama yang mengembangkan casing besi untuk melindungi mesin jam tangan sekaligus pembuat jam tangan antimagnetic.

Sayangnya, minat pada jam tangan pilot mulai berkurang, dan dalam beberapa dekade IWC fokus berinovasi dan mengembangkan produknya dalam versi baru.

Namun di tahun 1990-an, IWC kembali membuat jam tangan percontohannya, dan pada tahun 1994 merilis Fliegerchronograph keramik hitam legendaris, Referensi 3705. Sayangnya jam tangan itu tidak bekerja sebaik yang diharapkan. Di sisi lain, ada sekelompok kolektor yang menaruh minat baru pada Ref. 3705 Flieger hitam.

Dikembangkan oleh IWC, dengan menggunakan bahan khusus yang membuat jam tangan ini terasa ringan tetapi keras, dan tahan gores. Komponen casing dibuat dari paduan titanium khusus. Sayangnya The Pilot's Watch Chronograph Edition Tribute to 3705 (referensi 387905) dibuat dalam edisi terbatas hanya 1.000 buah.

Sedikit perbedaan pada mesin. Jika jam tangan aslinya menggunakan mesin jam Valjoux 7750, untuk versi barunya saat ini menggunakan kaliber IWC 69380 dengan kronograf roda kolom yang dibuat sendiri di pabrik merek Schaffhausen.

Menjadi ciri khas IWC, sistem pawl dua arah membuat jam tangan ini memiliki cadangan daya selama 46 jam. Desain tampilannya dilengkapi dengan tali kulit anak sapi hitam dengan casing bagian dalam terbuat dari besi lunak untuk melindungi dari medan magnet dan kenop pemutar berulir.

Jam tangan versi baru ini dijual seharga $ 11.900 dan akan dijual secara eksklusif di IWC.com. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
jam tangan pilot,
#
iwc,
#
kronograf flieger,
#
iwc schaffhausen,
#
jam tangan flieger