MENU
icon label
image label
blacklogo

Stunt Rider Edukasi Teknis Seni Berkendara ke Ranah Prestasi Bersama SICK

AUG 12, 2022@19:46 WIB | 344 Views

Dunia stunt rider kerap kali menyajikan  aksi seni berkendara seperti wheelie, stoopie dan burn out. Aksi ekstrim di luar batas kemampuan ini, ternyata sudah punya payung organisasi. Seperti kehadiran SICK (Stunt in Crazy Kingdom) yang terbentuk pada 2015 dan diperkenalkan ke publik pada Oktober 2016 silam. SICK berdiri berkat kolaborasi apik Bro Agus Witjak, bro Caesar Wiguna dan Bro Donnie Tridyan sebagai sebuah wadah organisasi yang punya jenjang karier ke ranah profesional.

Salah satu founder SICK bro Caesar Wiguna mengajak tim Blackxperience.com memperkenalkan basic dan jenjang seorang stunt rider lebih ke ranah jalur prestasi, bahkan jalur karier yang sekarang ini cukup terbuka kesempatannya. Bro Caesar bersama SICK melahirkan talenta muda Bro Aldi dengan gaya freestyle di Motor Cross.  Begitu juga Bro Donnie juga di motorsport, keduanya sudah melewati kejurnas dan mendapatkan penghargaan. 

"Dasar terbentuknya SICK agar para stunt rider punya jenjang karier dan jalur yang tepat. Dan SICK mewadahi mereka kearah jalur prestasi bahkan karier," ungkap bro Caesar.

Awalnya Caesar hobi dan belajar sendiri, dan ketemu dengan bro Donnie serta bro Agus Witjak. Akhirnya SICK mengarahkan sebagai wadah yang membangun prestasi, kompetisi dan jenjang karier yang jelas. 

"Kalau kita kumpul latihan itu, ya pada tempatnya, tidak di jalanan umum (liar). Tidak merugikan dirinya dan orang lain dengan show off dijalanan," cetusnya.

Komunitas SICK bersifat open bagi semua orang. Dengan syarat member sudah punya motor sendiri. Mempunyai safety gear dan motor sudah modifikasi ringan. Jika syarat itu terpenuhi, SICK tidak membedakan apakah member itu cowok atau cewek. "Setelah syarat tersebut terpenuhi, mereka kudu punya tekad yang kuat," tambahnya.

Tiga basic yang bakal dipelajari dan dikuasai adalah wheelie, circle dan burnout. Gaya wheelie seperti yang lo ketahui Black Pals adalah ban depan terangkat ke udara dan melaju. "Butuh waktu seorang newbie 1-2 bulanan untuk bisa expert. termasuk belajar menggunakan wheelie trainer dalam 1 minggu dapat dikejar," terangnya.

Teknis kedua menurut bro Caesar adalah stopie. Tahapan ini butuh waktu belajar lebih panjang durasi waktunya. "Sebagai aliran seni berkendara, stopie menjadi adegan yang cukup unik menurut gw. Ban belakang terangkat dalam kondisi rolling. Feeling rider harus dapat, mengetahui tempo. Terutama saat feeling pengereman depan, kalau tempo tidak tepat bakal jatuh, karena skill pengereman disini dibuktikan," ungkap bro Caesar menjelaskan butuh 2 bulan buat seorang newbie. Dalam sebuah kompetisi pun nilai stopie lebih besar dari skill lain.

Skill ketiga Burnout, menurut bro Caesar menjadi skill dasar yang paling cepat untuk newbie. "Seorang newbie kalau gw handle, dalam beberapa jam bakal bisa ngelakuin itu," tambahnya.

Untuk burnout, caranya dengan menekan rem depan setengah, kemudian tuas gas dibuka lebar-lebar. Jagan lupa untuk menumpukan berat badan riders condong ke depan. Tujuannya, yang agar ban belakang nge-burn. 

Teknis skill keempat, circle. Sebuah adegan ban depan terangkat ke udara, dan riders tetap rolling membentuk lingkaran. Secara kesulitan dibawah stopie, saat rider hilang keseimbangan, motor bisa dilepas oleh stunt rider.  Itu berakibat tingkat kecelakaan bagi rider lebih rendah, dibanding stopie. 

"Trick circle untuk seorang newbie, bisa berbulan-bulan. Karena basic skill lumayan banyak dan padat. Mulai dari pengereman, throttle, torsi motor serta keseimbangan harus dijaga dalam tempo yang bersamaan," terang salah satu punggawa SICK.

Seorang stunt rider, wajib menggunakan helm fullface, atau gaya cross. Ditambah body protektor hingga sepatu diatas mata kaki. Sementara  untuk motor, wajib upgrade gear belakang dengan size lebih besar, dari 50 ke 70. Tujuannya biar mendapatkan torsi lebih dan akselerasi bawah lebih ngejambak.

Ada penambahan hand brake, dengan mesin standar, sudah bisa untuk freestyle. "Mesin dianjurkan tetap standar, bila bore up, tingkat kerusakan bakal lebih cepat, bila digunakan terus menerus untuk freestyle," ungkapnya menambahkan selain medan aspal juga bisa dilakukan di medan dirt, tanah untuk spesifikasi motor trail.

Event internasional seperti Stunfest, XDL Championship bisa menjadi target mendatang bagi stunt rider dari Indonesia. Sementara jenjang domestik bisa mengarah ke stunt man bagian dari movie, sinetron, iklan dan berbagai aktifitas lain.

SICK punya event bulanan, dengan datang di daerah-daerah berupa gathering. "Komunitas freestyle kita kumpulkan dan dibuatkan mini kompetisi. SICK sudah membuat kompetisi dari 2017, dengan format gathering hingga 8 seri. Untuk skala Kejurnas   pernah kita buat di Tasikmalaya," terangnya. 

Syarat menjadi stunt rider menurut bro Caesar antara lain menjaga mental berkendara harus tetap dingin dijalanan, jangan showoff di jalanan. "Kalau tidak dibendung bisa membahayakan dirinya dan orang disekitarnya," tutupnya. [Ahs/timBX] 


 

Tags :

#
black trend,
#
stunt in crazy kingdom,
#
sick,
#
wadah stunt rider,
#
stuntfest,
#
xdl championship,
#
cara freestyle