MENU
icon label
image label
blacklogo

Review Fossil Gen 5E Smartwatch

DEC 26, 2020@14:00 WIB | 376 Views

Fosil Gen 5E, pada pandangan pertama, sebuah smartwatch yang sangat diinginkan. Memiliki harga yang wajar, desain yang bagus, casing yang lebih kecil dari Fossil Gen 5 , dan mencakup sebagian besar fungsi yang diinginkan oleh olahragawan casual. Namun, yang tidak dilakukannya adalah terasa sangat baru atau istimewa, karena beberapa keputusan hardware yang dipertanyakan dan kurangnya fitur yang diinginkan di luar desain.

Design

Fossil tahu fungsinya dengan jam tangan, dan Gen 5E adalah bukti lebih lanjut dari ini. Tali silikon hitam yang luar biasa. Sangat mengingatkan pada desain dan tekstur tali silikon pada jam tangan penyelam Seiko - lentur, nyaman, dan tangguh, hal yang sangat bagus. Ini cocok dengan casing baja hitam tahan karat 44mm, yang ukurannya sama dengan jam tangan Gen 5 yang lebih lama tetapi tanpa dua tombol yang mengapit kenopnya. Ini memberikan tampilan yang lebih rapi tanpa menghilangkan fungsionalitas secara drastis.

Meskipun jam tangan yang terlihat di sini memiliki casing 44mm, Anda juga dapat membeli Gen 5E dengan casing 42mm, sehingga cocok untuk pergelangan tangan yang lebih kecil. Beli jam tangan yang lebih kecil dan memiliki tali 18mm daripada versi 22mm pada jam tangan Gen 5E yang lebih besar. Karena hanya ada beberapa smartwatch yang dibuat khusus untuk wanita, pilihan seperti ini sangat disambut baik. Rangkaian desain Fossil untuk Gen 5E bervariasi dan dipertimbangkan dengan baik, kualitas pembuatannya luar biasa, dan saya sangat menyukai gaya hitam yang tidak terlalu jauh dari konsep minimalis yang telah dicoba dan diuji.

Rangkaian desain Fossil untuk Gen 5E bervariasi dan dipertimbangkan dengan baik.

Di sinilah kabar baik berakhir, dan hal-hal yang mengecewakan Gen 5E mulai muncul. Bezel arloji itu mulus, melengkung, dan membantu menggesekkan layar, tetapi bezel layarnya hampir sangat besar. Layar Gen 5E berukuran 1,19 inci jadi cukup kecil, dan dipadukan dengan casing hitam yang besar, sangat menonjolkan bezel layar hitam yang besar. Ini mengingatkan saya pada smartwatch yang berorientasi pada kebugaran, bukan yang dibuat oleh perancang jam tangan papan atas.

Saya tidak melewatkan dua tombol tambahan pada kotak arloji, tetapi saya merindukan mahkota yang berputar untuk membuat pengguliran melalui software Google Wear OS sedikit lebih mudah dan lebih cepat. Mahkota tetap Gen 5E adalah tombol untuk membuka menu, kembali ke tampilan jam, dan jika ditekan, untuk membuka Asisten Google juga. Minimnya fitur ini, dan bezel layar yang besar, membuat Gen 5E terasa cukup tua dibandingkan dengan banyak smartwatch lain yang dirilis selama beberapa bulan terakhir.

Layar dan softrware

Layar 1,19 inci hampir tepat untuk smartwatch. Layar ini bukan untuk menonton video, mereka untuk menampilkan informasi sekilas, dan ini sangat berguna. Resolusi 390 x 390-pixel memberikan kerapatan 328 pixel per inci yang sama seperti yang Anda temukan pada jam tangan Gen 5 yang lebih besar, jadi jam ini cukup tajam, dan juga penuh warna yang menyenangkan. Ada lusinan tampilan jam Fossil yang dapat dipilih, dan sangat bervariasi.

Ini adalah versi 2.23 dari software Google Wear OS terpasang, tetapi bukan pembaruan H-MR2 terbaru dengan berbagai fitur baru dan potensi peningkatan kinerja. Namun, pembaruan kebugaran dan desain terkini tersedia, seperti Ubin cuaca tampilan baru dan kemampuan untuk memanggil Asisten Google dengan menekan lama tombol. Jam tangan ini juga memiliki fitur-fitur terbaru Fossil , termasuk aplikasi Wellness dan mode Baterai yang diperpanjang.

Wear OS masih memiliki kekurangan, dan chip Wear 3100 terkadang terasa lama.

Sistem pelacakan kebugaran milik Fossil menggunakan prosesor bersama Snapdragon 3100 dalam upaya menghemat masa pakai baterai, tetapi sangat mendasar. Hanya ada dua opsi latihan - di dalam dan di luar ruangan - dan Anda mendapatkan data waktu berlalu, jarak, dan detak jantung di layar. Gen 5E tidak memiliki GPS built-in, jadi ini tidak benar-benar untuk olahragawan yang serius, tetapi Google Fit juga onboard jika Anda menginginkan pelacakan yang lebih bertarget.

Aplikasi Wellness melacak aktivitas harian, tidur, dan detak jantung, lalu menampilkan data di satu layar, tanpa terlalu membebani baterai. Ini menjengkelkan Anda tidak dapat menambahkan Wellness sebagai Ubin, memaksa Anda masuk ke aplikasi itu sendiri. Sekali lagi, seperti halnya pelacakan kebugaran, ini memberikan data sederhana daripada sesuatu yang mendalam. Saya tidak berpikir ini adalah hal yang buruk. Tidak semua orang ingin melacak perjalanan sepeda sejauh 100 mil, dan akan menyambut baik fitur pelacakan aktivitas satu ketukan yang sangat sederhana, dan pembacaan dengan tiga statistik utama.

Pelacakan kebugaran itu dasar, tetapi tidak semua orang adalah seorang atlet.

Ini sedikit terfragmentasi. Misalnya, Wellness adalah aplikasi layar tunggal, sedangkan pelacakan kebugaran adalah Tile. Kemudian Google Fit juga merupakan Ubin, sementara semua berbagai aplikasi Google Fit (Sasaran, Latihan, Detak Jantung, dan Bernapas) dicantumkan secara terpisah sebagai aplikasi, ditambah Kardiogram pra-instal Fossil, Nike Run Club, dan Spotify. Agak berantakan dan dapat menyebabkan kebingungan tentang aplikasi mana yang akan digunakan dan di mana menemukannya. Pelacakan aktivitas Fossil disinkronkan ke profil Google Fit Anda, jadi ada insentif untuk menggunakannya dan semoga menghemat baterai pada saat yang sama.

Fossil Gen 5E mulus dan cepat, dan selain dari satu aspek, sangat bagus untuk digunakan. Satu aspek adalah notifikasi. Ini menjadi sedikit dukungan pemberitahuan iklan lelucon di Wear OS karena frekuensi kedatangan mereka seringkali menggelikan. Pada beberapa hari Gen 5E memberi tahu saya tentang sedikit notifikasi, masuk akal untuk mengatakan itu sebenarnya bukan fitur jam tangan sama sekali. Ini sangat tidak konsisten, bukan masalah baru, dan tidak terbantu oleh peringatan getaran Gen 5E yang terlalu halus yang mudah terlewatkan.

Baterai dan kinerja

Fossil Gen 5E memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon Wear 3100 lama di dalamnya, dan bukan Snapdragon Wear 4100 yang lebih baru yang terlihat di Mobvoi TicWatch Pro 3 . Ini dipasangkan dengan RAM 1GB. Apakah ini bencana? Untungnya, dan mungkin yang mengejutkan, ternyata tidak. Ini bereaksi cepat untuk disentuh, hampir tidak ada pelambatan selama operasi normal, dan bahkan aplikasi intensif daya seperti Maps dan Google Play dapat dikelola. Namun, itu bukan apa yang Anda sebut spritely, dan Snapdragon Wear 4100 meningkatkan kinerja dan masa pakai baterai secara signifikan, jadi meskipun dapat digunakan, ada opsi yang jauh lebih unggul di luar sana dan itu mengganggu.

Prosesor lama adalah masalah, dan mengambil sebagian besar kesalahan karena Gen 5E tidak merasa terlalu mutakhir. Saya sangat menghargai kemampuan untuk menerima panggilan di arloji, yang bekerja sangat baik dengan pengeras suara, ditambah lagi memiliki NFC untuk Google Pay. Itu tidak kekurangan fitur, hanya saja kami telah melihat semuanya sebelumnya berkali-kali. Saya benar-benar membutuhkan sesuatu yang baru dari smartwatch Wear OS pada tahap ini, dan Gen 5E tidak memberikannya.

Masa pakai baterai sepenuhnya berdasarkan penggunaan Anda. Penggunaan 24 jam yang dikutip fossil sudah benar. Jika Anda mematikannya semalaman dan tidak melacak aktivitas apa pun, maka itu akan bertahan dua hari kerja. Dengan pengisian daya penuh di pagi hari, penggunaan rata-rata, dan pelacakan latihan selama 30 menit dengan aplikasi Fossil sendiri, itu berlangsung satu hari. Ini tidak baik, tetapi konsisten dengan sebagian besar jam tangan Wear OS selain Mobvoi TicWatch Pro 3 dan Suunto 7.

Harga dan ketersediaan

dibeli dengan harga lebih murah dari berbagai pengecer.

Our take

Fossil Gen 5E terlihat bagus di pergelangan tangan saya, sebagian besar cepat dan nyaman digunakan, serta lebih murah dan lebih fleksibel dalam ukuran dan desain daripada jam tangan pintar Gen 5 biasa. Namun itu kurang memiliki tujuan, karena tidak cukup dilengkapi untuk menjadi pelacak kebugaran yang serius, dan perangkat kerasnya sudah tua, yang melukai keinginan dan umur panjangnya secara keseluruhan. Fitur utamanya adalah kualitas yang solid untuk uang, sekarang setelah diskon membuatnya jauh di bawah $ 200.

Apakah ada alternatif yang lebih baik?

Apple Watch Series 6 adalah smartwatch terbaik bagi pemilik iPhone, sehingga membeli salah satu dari mereka sebagai gantinya jika Anda memiliki iPhone. Jika Anda memiliki ponsel Android, Samsung Galaxy Watch 3 adalah rekomendasi kami.

Namun, keduanya lebih mahal daripada Fossil Gen 5E, jadi lihatlah Apple Watch SE , atau Mobvoi TicWatch Pro 3 . Keduanya menyediakan fungsionalitas superior dan masa pakai baterai untuk Fossil Gen 5E.

Berapa lama itu bertahan?

Casing baja tahan karat harus tahan pakai, dan jam tangan memiliki peringkat tahan air 30 meter, jadi Anda harus berhati-hati untuk menghancurkannya. Jika tidak, umur panjang akan tergantung pada dukungan software dan degradasi baterai. Apa pun itu, Anda akan baik-baik saja setidaknya selama dua tahun. Namun, pada saat itu, Snapdragon Wear 3100 akan sangat kuno.

Haruskah Anda Membelinya ?

Tidak. Anda dapat melakukan lebih baik tanpa menghabiskan lebih banyak. [mhd/asl/timBX]

Tags :

#
fosil gen 5e,
#
fosil gen 5,
#
review fosil gen 5e,
#
smartwatch,
#
jam tangan pintar