MENU
icon label
image label
blacklogo

Rekomendasi Drama Musik Akhir Tahun: "Ma Raineys Black Botttom"

DEC 28, 2020@17:00 WIB | 126 Views

Untuk Anda pecinta musik blues, rekomendasi film terbaru datang dari Netflix berjudul Ma Rainey’s Black Bottom. Film bergenre drama-musik ini siap memberi Anda pengalaman rekaman dari salah satu perintis musik blues, Ma Rainey, berlatar tahun 1920-an.

Film ini sebenarnya sudah ditayangkan sejak 25 November 2020, secara terbatas, menyusul perilisannya di Netflix pada 18 Desember lalu. Kini, Anda bisa menyaksikan Ma Rainey’s Black Bottom sambil menikmati libur akhir tahun Anda.

Premis yang diangkat Ma Rainey’s Black Bottom berpusat pada ketegangan dan suhu meningkat selama sesi rekaman sore di Chicago tahun 1920-an. Ini ketika sekelompok musisi menunggu pemain yang luar biasa, ‘Mother of The Blues’ yang legendaris, Ma Rainey.

“Orang kulit putih tidak mengerti tentang blues,” kata penyanyi perintis Ma Rainey yang dimainkan Viola Davis.  “Mereka mendengarnya keluar, tetapi mereka tidak tahu bagaimana itu sampai di sana. Mereka tidak mengerti bahwa itulah cara hidup berbicara.”

Di akhir sesi, Ma yang tak kenal takut dan berapi-api, terlibat dalam pertarungan keinginan dengan manajer kulit putih dan produsernya, untuk mengatur musik. Dibalik suara merdunya, diva ini menyimpan karakter licik dan angkuh.

Saat band menunggu di ruang latihan yang sesak di studio, pemain terompet yang ambisius, Leeve Green yang diperankan Chadwick Boseman, bertekad untuk mempertaruhkan klaimnya sendiri di industri musik.  Leeve digambarkan sebagai musisi berbakat yang mengalami trauma akibat serangan rasial di masa kecil.

Ia memacu sesama musisi ke dalam ledakan cerita, kebenaran dan kebohongan. Ambisi Leeve untuk memulai bandnya sendiri, juga mengharuskannya untuk menghidupkan kembali trauma sebelumnya.

Selain kisah yang menarik, daya tarik film juga terletak pada peran Chadwick Boseman. Akting memukaunya dalam film ini kemungkinan akan menempatkannya dalam kompetisi Oscar, namun sayangnya ini jadi penampilan terakhir sang bintang Black Panther.

Disutradarai George C. Wolfe, Ma Rainey’s Black Bottom digarap dengan anggaran $20-$30 juta dolar AS atau setara Rp284-Rp426 miliar rupiah. Film ini turut dibintangi sejumlah nama lainnya, termasuk Glynn Turman, Colman Domingo, Michael Potts, Jonny Coyne, Taylour Paige, Jeremy Shamos, Dusan Brown, Joshua Harto, dan masih banyak lagi.

Ma Rainey’s Black Bottom menyajikan absurditas dan frustasi melimpah, dan bayangan rasisme Amerika yang mematikan dan menghancurkan jiwa menimpa para musisi dan instrumen mereka.

Film berdurasi 1 jam 34 menit ini mengantongi rating R dengan setiap menitnya menampilkan aksi yang cemerlang, penuh energi dan gairah. [yub]/asl/timBX]

Tags :

#
rekomendasi film,
#
film drama musik,
#
ma raineys black botttom