MENU
icon label
image label
blacklogo

Menyelami Generasi Beat dari novel On The Road karya Jack Kerouac

NOV 16, 2020@08:00 WIB | 106 Views

“On The Road” karya Jack Kerouac yang diterbitkan tahun 2017 merupakan seri novel autobiografi yang mendefinisikan sebuah generasi. Ditulis berdasarkan perjalanan-perjalanan Jack Kerouac dan teman-temannya di seluruh Amerika. On the Road dianggap sebuah karya yang mendefinisikan generasi beat yang menyebutkan banyak tokoh legenda yang menjalani hidup dengan latar belakang jazz, puisi, cinta, bahkan sampai pengguna narkoba.

Diantaranya adalah tokoh gerakan beat, seperti William S. Burroughs (Old Bull Lee), Allen Ginsberg (Carlo Marx). Jack Kerouac sendiri di dalam novel itu bertugas sebagai narator yang bernama Sal Paradise.

Berlatar perjalanan mobil lintas-negara yang Jack Kerouac dan temannya Neal Cassady jalani antara tahun 1947 dan 1950, novel ini pertama kali diterbitkan oleh Viking Press pada tahun 1957.

Ide awal Kerouac untuk On the Road dibentuk selama akhir 1940-an dalam serangkaian buku catatan. Setelah itu ia mengetiknya terus menerus pada gulungan kertas selama tiga minggu di bulan April 1951. Legenda mengatakan bahwa Kerouac menulis On the Road hanya dalam waktu tiga minggu, mengetik pada sebuah gulungan 120-kaki yang terbuat dari lembaran-lembaran dari kertas kalkir. Setelah mengetik draft pertama, Kerouac menghabiskan enam tahun merevisi naskahnya sebelum diterbitkan. Salah satu dokumen yang paling signifikan, bahkan dianggap provokatif dalam sejarah sastra kontemporer Amerika.

Dilatar belakangi denyut Amerika underground tahun ’50-an, jazz, seks, narkoba, dan misteri yang mendebarkan, novel klasik Jack Kerouac bercerita tentang kebebasan dan kerinduan untuk merumuskan apa artinya menjadi “Beat”.

Ditulis dengan campuran kenaifan sendu dan semangat ugal-ugalan, dibumbui kecintaan Kerouac akan Amerika, rasa kasihnya pada manusia, dan bahasanya yang laksana jazz. On The Road, adalah visi Amerika paling penting tentang kebebasan dan harapan bergelora, meyakinkan, dan penuh ketakjuban.

Novel ini pun kemudian mengilhami generasi-generasi yang lebih muda yang lahir setelah penerbitan pertamanya pada 1957. Bahkan sebagai autobiografi perjalanan, novel On the Road diesekusi dengan sangat indah, metaforik, inpiratif sekaligus emosional. Keouac adalah seorang penyair besar Amerika, novel ini pun bisa menjadi rujukan bagi mereka yang setia pada kreativas.

New York Times menuliskan, “Peristiwa bersejarah … ungkapan yang tersampaikan paling cantik, paling jernih, dan paling penting tentang sebuah generasi yang oleh Kerouac sendiri bertahun lalu disebutnya sebagai ‘beat‘.” [eli/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
generani beat,
#
jack kerouac,
#
buku on the road,
#
rekomendasi buku