MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah Pisco, Minuman Sejenis Brendi dari Amerika Selatan

SEP 11, 2020@12:00 WIB | 119 Views

Pisco adalah salah satu dari banyak subkategori anggur brendi, yang berasal dari Amerika Selatan. Ini adalah jenis minuman keras yang disuling dari jus anggur yang difermentasi. Sama seperti Armagnac, Cognac, dan brendi Amerika, masing-masing memiliki aturan dan regulasinya sendiri tentang bagaimana dan di mana ini dapat dibuat.

Pisco berasal dari Amerika Selatan dan hanya diproduksi di Chili atau Peru. Pada pertengahan abad ke-16, penjajah Spanyol membawa anggur Eropa ke Amerika Seltatan di mana mereka menanam banyak tanaman merambat untuk buah. Setelah surplus buah karena keputusan Spanyol untuk membatasi ekspor anggur, penduduk setempat terpaksa mengawetkan anggur mereka dan memilih penyulingan. Padahal itu adalah konsep yang relatif baru pada saat itu. Pada abad ke-17, pisco dibuat untuk pertama kalinya dan di bawa ke Amerika Utara, di mana pisco menjadi populer.

Meskipun minuman berasal dari dua lokasi, Chili dan Peru, masing-masing pisco memiliki kekhasannya sendiri. Dari Peru, ada 8 jenis anggur yang umumnya digunakan sebagai bahan baku pisco. Ini terdiri atas dua kategori yang dibedakan dari varietas beraroma, yakni Italia, Torontel, Moscatel dan Albilla. Kategori kedua adalah anggur tidak beraroma, yakni Quebranta, Negra Criolla, Mollar dan Uvina.

Sementara di Chili, terdapat 13 jenis anggur yang menjadi bahan dasar pembuatan pisco. Lima jenis anggur yang paling populer diantaranya, Moscael Rosado, Moscatel de Austria, Muscat d’Alexandrie, Pedro Jimenez dan Torontel.

Meski memiliki bahan dasar berbeda, pisco dari Chili dan Peru sama-sama diproduksi dalam tiga varian. Pertama adalah pisco puro, yang dibuat dari satu varietas anggur saja. Kedua adalah pisco alcoholado, yakni campuran anggur yang difermentasi atau disuling. Terakhir ada pusco mosto verde, yakni hasil dari sulingan anggur yang belum sepenuhnya difermentasi.

Rasa pisco tentu sangat beragam, tergantung dari asal dan varian pisconya. Namun pada dasarnya, pisco dapat dinikmati tanpa campuran apapun atau dikombinasi dengan koktail. Namun, sebelum menikmatinya dalam koktail, Anda sebaiknya menyesap minuman keras terlebih dahulu untuk mendapatkan rasa terbaik.

Pisco aromatik memiliki tampilan warna cerah, berbunga-bunga, dan dengan karakter anggur berbeda. Sementara pisco tak beraroma berbahan dasar tanah dan rempah-rempah. Keduanya layak untuk dicicipi sendiri, dan masing-masing menghadirkan rasa yang berbeda.

Sejumlah bar dan restoran juga telah berinovasi dengan menciptakan kreasi pisco sendiri. Untuk Anda yang tertarik mencobanya, rekomendasi terbaik adalah dengan meminum Pisco Sour, Piscola, atau Pisco Punch Classic. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
pisco,
#
minuman recomended,
#
rekomendasi minuman