MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah 8 Bourbon Terbaik Tahun 2020

JUL 18, 2020@09:00 WIB | 2,919 Views

Ada ungkapan populer dari penulis ternama dunia, Samuel Langhorne Clemens alias Mark Twain, "Jika di surga tidak bisa minum bourbon dan mengisap cerutu, saya tidak akan ke sana." Tentu saja, hampir mustahil berdebat dengan penulis besar sekaliber Mark Twain soal ini atau topik lainnya. Tetapi mengapa Anda mau Bourbon? Sebab ia adalah liquid sunshine, dan sebagaimana Twain, semangatnya adalah American Classic.

Bahkan, untuk disebut bourbon, tidak boleh tidak harus dibuat di Amerika Serikat. Ada pula beberapa aturan lain yakni mesti berbahan baku setidaknya 51 persen jagung, disimpan setidaknya 2 tahun minimal dalam tong baru berbahan kayu ek yang permukaan dalamnya dihanguskan dengan api. Kadar alkohol bouron yang dihasilkan tidak boleh lebih dari satuan kadar alkohol 160 (U.S.) proff (80% etanol, 20% air). Sementara orang Amerika minum wiski yang sudah tua dalam tong sejak tahun 1820-an (memberi atau menerima), baru-baru ini permintaan akan ‘brown spirit’ meroket.

Menurut Kentucky Distillers Association, untuk mengimbangi (permintaan yang melonjak), produksi bourbon ditingkatkan hingga lebih 360 persen sejak tahun 2000. Faktanya, ada banyak minuman jus baru di rak-rak toko lokal, mungkin sulit untuk mengimbangi produsen dan pembotolan baru. Tentu saja beberapa barang lama mungkin sedikit sulit ditemukan, sekalipun ada bisa jadi  dijual dengan harga tinggi. Jadi, jika Anda mencari bourbon fantastis untuk dinikmati, berikut delapan botol yang tidak akan mengecewakan. Because too much good bourbon is barely enough.

So, berikut 8 bourbon terbaik untuk teman minum tahun 2020:

1. Best forSipping: Baker Straight Kentucky

Baru-baru ini orang-orang Jim Beam kembali membayangkan label Baker sebagai persembahan tunggal. Sementara kandungan 107 proof sudah sempurna, versi terbarunya ini benar-benar menakjubkan.  Diberi nama penyuling Baker Beam, Wiski ini masuh berumur tuhun tahun. Kadar proff tetap sama. Walau sekarang pada setiap batch sudah bervariasi dari barel ke barel (tong). Label menunjukkan rasanya bukan sekadar soa variasa rasa dalam tong tetapi juga semangat menua di gundang, di lantai, dan rak minuman. Tentu ini akan menjadi penglaaman sesorik yang asyik jika dapat mengambil dua botol berbeda kemudian menenggaknya bergiliran hinnga tau apa perbedaan dari kedua botol tersebut.

2. Best Cheap: Four Roses Bourbon

Four Roses Bourbon yang sebelumnya dikenal sebagai Four Roses Yellow Label disebut-sebut sebagai sure-fire winner. Di mana Anda tidak akan menemukan wiski satu ini di rak teratas sebuah toko minuma keras. Akan tetapi, Anda akan melihatnya di sisi bar tempat sang tender melakukan tugasnya. Master Distiller Brent Elliot dan company-nya melakukan dua kali proses distilasi berbeda dan menggunakan lima jenis ragi untuk menghasilkan spirits—yang dalah hal bourbon ini—harus disimpan dalam tong setidaknya lima tahun. Hasilnya menjadi minuman yang nyaris halus dan lembut di mulut serta cocok untuk diminum dengan koktail yang banyak.

3. Bourbon Amerika Terbaik: FEW Bourbon

Sudah menjadi kesalahpahaman umum bahwa untuk disebut bourbon tidak harus dibuat di Kentucky. FEW Spirits yang basis produksinya bermarkas di Evanston, Illinois, menegaskan pandangan umum tersebut. Diberi nama FEW yang tak lain inisial dari seorang teetotaler lokal Frances Elizabeth Willard. Ia telah melakukan yang terbaik untuk mejaga minuman keras dari Chicago ‘burb-nya pada pertengahan hingga akhir abad ke-19, perusahaan pun melakukan yang terbaik untuk sumber bahan-bahan lokalnya. FEW menggunakan porsi yang baik dari gandum (yang telah dibuat berkecambah), memberikan rasa yang khas pada setiap gelasnya.

4. Kentucky Bourbon Terbaik: Woodford Reserve Double Oaked

Proses penuaan membuat bourbon memiliki banyak rasa yang kuat—sesuai tabiatnya—bourbon mesti disimpan setidaknya 2 tahun minimal dalam tong baru berbahan kayu ek yang permukaan dalamnya telah dihanguskan dengan api. Sesuai namnya, Woodford Reserve Double Oaked mengalami proses penuaan dalam dua tong atau barel berbeda. Pertama, semusim di luar ruangan selama sembilan bulan serta benar-benar dipanggang dan hangus. Kedua, Wiski tersebut ditempatkan ke tong baru yang sudah sedikit dihanguskan kemudian dipanggang dalam waktu lebih lama. Hasilnya menjadi Woodford sebagai wiski dengan aroma yang sangat kental. Seteguk dua teguk akan terasa di mulut rasa karamel, apel segar, kacang-kacangan, dan rempah-rempah yang tajam.

5. Minuman Old Fashioneds Terbaik : Knob Creek Straight Bourbon

Di awal 90-an, Jim Beam, penyuling utama legendaris Booker Noe membuat dan memperkenalkan Knob Creek, salah satu bourbons “batch kecil” pertama yang berhasil dipasarkan. Sekarang sudah jaya, labelnya menjadi ikon yang mudah ditemukan di balik sebagian besar bar. Accessible and consistent, minuman yang bagus untuk sipping juga menjadi andalan sebagai classic bourbon old fashioned.

Setelah berusia sembilan tahun dalam tong ek Amerika, Knob Creek Bourbon dibotolkan dengan kadar 100 proof, sehingga rasanya dapat bertahan dalam porsi es yang sehat. Inilah wiski yang kuat penuh rasa vanila dan karamel manis yang bekerja dengan pahitnya Angostura dan berpadu sempurna dengan manisnya ceri Luxardo maraschino cherry.

6. Terbaik untuk Pemula: Buffalo Trace

Setiap peminum berbeda. Itulah mengapa seseorang jatuh cinta akan spirit tertentu sebagai pengalaman yang unik dan individual. Ada yang mengatakan, untuk pemula yang ingin bereksperimen dengan bourbon, Buffalo Trace adalah pengantar yang bagus dan kuat. Minuman ini diproduksi di salah satu penyulingan tertua di Amerika dan merupakan ekspresi klasik yang penuh dengan arketipikal dan cita rasa khas — buah, karamel, vanila, dan kayu. Versatile and flavorful, cukup kaya untuk sipping dan cukup berani untuk dicampurkan dalam koktail, tetapi masih cocok pula dengan bahan lainnya.

7. High Proof Terbaik: Elijah Craig Barrel Proof

Jika Anda jenis peminum wiski yang tak hanya ingin menikmati citarasa dari kenikmatan dalam gelas, tetapi juga jauh ingin menikmati lebih dalam, Elijah Craig Barrel Proof adalah pilihan yang tepat. Bourbon ini lezat dan tergantung kadar proof antara 128 dan 140 sejak dalam barrel. Jenis wiski satu ini sedikit panas.

8. Top Shelf Terbaik: Michter’s 10 Year Single Barrel Kentucky Straight Bourbon

Ada beberapa bourbon di kelas “top-shelf” yang sangat sulit ditemukan. Bahkan tak sebanding dengan tujuh bourbon di atas dengan harga eceran yang dijual oleh para kelokter. Tetapi, syukurlah, Michter’s 10 Year Single Barrel Kentucky Straight Bourbon masih bisa didapat. Ada banyak rilis mimuman tahun ini yang perlu anda cicipi. Memang senantiasa mengejutkan! [asl/timBX]

Tags :

#
bourbon,
#
wiski,
#
bourbon terbaik,
#
black trend