MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mudah Membuat Korean BBQ di Rumah

FEB 13, 2021@08:00 WIB | 115 Views

Budaya Korea hingga makanan khasnya semakin digemari oleh banyak kalangan. Barbekyu korea biasa dimasak dalam ruangan di atas panggangan. Ditemani dengan berbagai lauk, saus dan rempah-rempah, membuat barbekyu korea sangat cocok untuk makan malam bersama keluarga atau saat pertemuan.

Untuk memulainya, penting sekali untuk memilih pemanggang yang bagus. Meskipun Anda bisa menggunakan pemanggang luar ruangan, memasak di atas meja adalah bagian dari pengalaman dan budaya di Korea. Ada banyak pilihan panggangan modern listrik yang bisa Anda dapatkan di berbagai toko.

Inilah langkah-langkah membuat Korean BBQ:

Bumbu daging korea

Walau ada cara memasak daging yang tidak membutuhkan bumbu, tapi sebagian besar digunakan. Bumbu dapat mencakup berbagai rempah-rempah mulai dari gochujang merah hingga kecap manis.

Resep ini diadaptasi dari My Korean Kitchen, blog masakan Korea. Orang Korea sering membumbui daging sapi dengan kecap yang dicampur dengar pir, kiwi, atau jus nanas. Enzim dari buah-buahan memberikan rasa alami.

Bahan:

- 7 sdm kecap asin

- 3,5 sdm gula merah tua

- 2 sdm anggur beras (mirin beras manis)

- 2 sdm parutan pir (bisa apel)

- 2 sdm bawang bombay parut

- 1 ⅓ sdm bawang putih

- ⅓ sdt jahe cincang

- ⅓ sdt lada hitam bubuk

Metode:

Campurkan semua bahan dalam mangkuk besar. Tuang bumbu rendaman di tas 2 pon iga atau steak daging sapi. Rendam dalam lemari es kurang lebih 3-4 jam atau semalaman.

Daging

Daging yang sering digunakan saat membuat BBQ adalah daging sapi dan babi. Karena masakan ini dimaksudkan untuk dimakan secara langsung dari panggangan dengan sumpit, sangat penting untuk memotong daging dengan ukuran gigitan. Saat memanggang, potong daging menjadi beberapa bagian saat masing dalam keadaan setengah matang. Bisa menggunakan gunting dapur dan dijepit dengan sumpit.

Daging sapi:

Dua potongan daging sapi yang sering digunakan adalah galbi (iga pendek) dan bulgogi (ribeye atau sirloin yang diiris tipis). Potongan apapun tidak jadi masalah, tetapi perhatikan kandungan lemak dan ketebalan daging. Masak potongan tipis terlebih dahulu sebelum ke daging yang lebih tebal. Potongan yang belum dibumbui juga harus dimasak terlebih dahulu.

Daging babi:

Daging paling populer yang sering dimasak adalah samgyeopsal (perut babi). Daging bagian ini biasanya tidak direndam dan dapat disajikan dengan irisan tipis maupun tebal. Untuk memilih potongan perut yang bagus, carilah campuran lemak dan daging yang seimbang. Bagian lainnya adalah bahu babi (boston butt). Pada bagian ini daging dan lemak digabungkan menjadi satu menghasilkan rasa gurih saat dimasak. Daging ini biasa dimasak dengan bumbu saus merah pedas dan manis dicampur gochujang, bawang putih, kecap, dan minyak wijen.

Banchan (Hidangan Pendamping)

Tidak ada makanan Korea yang lengkap tanpa lauk pauk sebagai pendamping menu utama. Hidangan ini termasuk kimchi dalam berbagai bentuk; kubis, daun bawang, lobak, atau mentimun. Untuk membuat hidangan pendamping hanya perlu berbagai sayuran tumis sederhana seperti zucchini atau brokoli dengan bawang putih dan minyak wijen. Sajikan dalam mangkuk atau piring kecil yang tersebar di sekitar panggangan.

Tambahan

Bagian pelengkap dalam masakan Korean BBQ adalah sederetan sayuran dan saus. Minyak wijen yang dicampur dengan garam dan merica adalah saus yang lezat untuk steak. Ssamjang (pasta kedelai berbumbu) atau yangnyeom (pasta cabai berbumbu) adalah saus penting untuk masakan ini. Silahkan Anda bereksperimen mengkombinasikan saus yang ada.

Orang Korea seringkali memakannya dengan membukus daging panggang dengan selada, atau dengan daun perilla berbumbu. Gabungkan dengan irisan bawang putih mentah, cabai segar dan kimchi.

Terakhir, minumlah bir ataupun soju sebagai pelengkap sempurna makan malam Anda. [geo/asl/timBX]

Tags :

#
korean bbq,
#
cara buat korean bbq,
#
barbekyu korea,
#
rekomendasi makanan