MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengenali Anggur Palsu

OCT 31, 2020@12:00 WIB | 459 Views

Dunia anggur sarat dengan cerita dongeng yang melibatkan aksi kejahatan. Dari Argentina hingga Alsace, ada cerita horor yang merinci segalanya mulai dari mencuri anggur anggur di tengah malam hingga menyandera kebun anggur terkenal untuk uang tebusan. Kisah-kisah ini seharusnya tidak mengejutkan mengingat nilai tinggi yang diberikan masyarakat pada jenis minuman anggur tertentu.

Seperti seni lukis, banyak aksi kejahatan terkait minuman anggur ini. Salah satu masalah terbesar yang dihadapi industri ini adalah produk palsu. Seperti kisah film Sour Grapes, yang menceritakan banyak jenis anggur yang paling didambakan di dunia - terutama yang paling langka dan yang langkapun langsung dilelang -  namun tidak selalu seperti yang mereka klaim. Aktivitas penipuan anggur ini juga cukup bervariasi, mulai tutup gabus hingga air anggur atau wine-nya.

Hal tersebut tentu menjadi masalah yang cukup besar sehingga perusahaan mengambil antisipasi untuk itu. Ya, mereka menasihati kolektor saat mereka akan menarik pelatuk (gabus tutup botol) pada banyak botol khasnya (tua dan langka). Mereka melihat segala sesuatu mulai dari pewarnaan gabus dalam dan endapan di botol (untuk membuktikan usia anggur) hingga tinta yang digunakan di label untuk melihat keasliannya.

Untuk konsumen rata-rata, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun itu tidak berarti Anda dapat mempercayai keseluruhan dari setiap label yang Anda lihat di toko grosir atau toko botol favorit Anda. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan, baik Anda membaca dengan teliti rak terbawah supermarket atau menawar anggur secara online.

Campuran Anggur

Hukum anggur sangat berbeda dalam hal pencampuran, di mana ada beberapa varietas dicampur bersama. Di negara bagian Amerika, undang-undang federal mengatakan bahwa jika Anda akan menyebut sesuatu sebagai Syrah, maka minimal 75% dari apa yang ada di botol itu sebaiknya Syrah. Beberapa negara bagian, seperti Oregon, telah mengadopsi kebijakan yang lebih ketat, menaikkan persyaratan itu menjadi 90%, dengan banyak pembuat anggur jarang menambahkan apa pun yang tidak tercantum pada label. Demikian pula, berkenaan dengan asal anggur, undang-undang federal mengatakan bahwa label terdaftar sebagai Sta. Label Rita Hills, misalnya, harus dibuat dari setidaknya 85% buah yang ditanam untuk bisa mencapai standar itu.

Undang-undang ini berbeda di setiap wilayah dan negara ke negara. Umumnya, aturan sangat ketat di daerah berkembang yang terkenal, dari AOC di Prancis hingga Chianti. Namun, perubahan iklim mengubah permainan akan campuran anggur, dan kami mulai melihat anggur baru diizinkan di tempat-tempat suci seperti Bordeaux. Secara keseluruhan, produsen biasanya tidak akan mencoba menipu Anda.

Detail Label Anggur

Untuk anggur yang lebih banyak dicari dengan harga tinggi, ada beberapa detail yang dapat Anda cari sendiri untuk mengakses keasliannya. Cari keanehan dalam tipografi dan cetakan kecil lalu bandingkan dan kontraskan dengan label sebenarnya, yang sering Anda temukan online. Jika Anda mempertimbangkan botol yang sangat tua (seperti dalam vintage sebelum 1950-an), mungkin ada baiknya meletakkan label di bawah lampu biru dan mencari benda-benda seperti lem, yang tidak digunakan sampai paruh kedua abad ke-20.

Dan Anda harus skeptis terhadap label yang tidak memiliki tanggal vintage. Ada anggur non-vintage, tetapi umumnya merupakan campuran yang murah. Jika Anda membeli dari broker atau pihak tengah, lakukan pengecekan seleruh botolnya dan pastikan mereka (label) memiliki reputasi baik.

Kealamian Anggur

Anggur alami terus menjadi favorit di industri ini. Tetapi sangat sedikit dalam hal hukum dan literatur yang menentukan dengan tepat barang-barang itu. Umumnya, anggur alami dibuat dengan intervensi minimal. Dengan kata lain, ragi alami, tanpa fining atau filtering, dan tanpa tambahan sulfit. Sebaiknya pendekatan kata "alami" dalam anggur lebih sebagai istilah yang sedang tren daripada menentukan karakteristik atau gaya. Ngobrol dengan pelayan anggur Anda untuk mendapatkan info sebanyak yang Anda bisa.

Itulah cara mengenali anggur palsu atau asli. Semoga bermanfaat. [inn/asl/timBX]

Tags :

#
anggur palsu,
#
cara mengenali anggur palsu,
#
rekomendasi minuman