MENU
icon label
image label
blacklogo

Antara Bruce Lee, Kobe Bryant, dan Nike Kobe

OCT 28, 2020@09:30 WIB | 204 Views

Bukan rahasia lagi bahwaKobe Bryant begitu menghargai sang legenda bela diri Asia, Bruce Lee. Bahkan, Kobe secara terbuka mengakui aktor Game of Death ini salah satu inspirasinya menjadi seorang atlet.

Oleh karenanya, mendiang Kobe sering memberi penghormatan kepada Lee meski terkadang itu berarti menghilangkan namanya dalam sebuah wawancara. Di lain kesempatan, ia juga mempraktikkan ajaran Lee selama bertahun-tahun dengan menjadi praktisi Jeet Kune Do, sistem seni bela diri berimprovisasi yang dibuat Lee.

Di atas semuanya, penghargaan tertinggi kepada Lee diperlihatkan Kobe dalam bentuk sneaker. Memang tidak mungkin Kobe Bryant mengenakan sepasang sepatu Onitsuka Tiger Bruce Lee, berwarna kuning di lapangan basket, sebab ia terikat kontrak dengan Nike. Oleh karena itu, di tahun 2010, Kobe memutuskan untuk memberi penghormatan lewat sneaker signature miliknya, Nike Kobe 5.

Dengan corak warna kuning yang cerah, Nike Kobe 5 menjadi salah satu sneaker paling berkesan. Bagian atas Kobe 5 yang berwarna kuning-hitam, merujuk pada corak jaket ikonik yang dikenakan Bruce Lee dalam ‘Game of Death’.

Setelah Kobe meninggal, Nike hampir sepenuhnya menghentikan distribusi sepatu Kobe yang baru sampai perayaan Mamba Week, pada Agustus. Kedatangan Nike Kobe kembali ke rak pun semakin kencang dengan banyaknya rumor beredar.

Nike dikabarkan akan mengeluarkan retro dari jalur warna aslinya, dengan julukan Kobe 5 Protro ‘Bruce Lee’. Sepatu ini sempat dirilis pada 2010 dan akan datang kembali di tahun ini dengan sejumlah pembaruan keren. Nike Kobe 5 Protro ‘5 Rings’ akan datang lebih ramai dengan beberapa rangkaian gambar dan grafiti menarik.

Dengan kehadiran sneaker ini, Nike secara resmi akan memperkenalkan kembali rangkaian retro Kobe ke pasar. Kedatangan koleksi sekaligus menandai ulang tahun ke-42 Kobe Bryant dan mengenang sang legenda NBA yang menjuarai pertandingan musim panas pada 2010.

Menurut hypebeast, sneaker mendatang menawarkan skema warna yang berani dan dipenuhi detail yang berpusat kejuaraan. Bagian atas sebagian besar dilapisi warna biru concord, dengan tambahan aksen midwest gold kuning cerah di kaki depan. Adapun logo Nike terletak di kiri dan kanan melengkapi sepatu itu dengan warna kuning. Koleksi menunjukkan ‘rasa Kobe’ dengan adanya logo dan tanda tangan sang superstar di tumit.

Nike juga memberi bordiran sol yang kokoh agar sepatu tetap awet dan dapat digunakan pebasket di lapangan indoor atau outdoor. Bagian midsole menyajikan gradien kuning ke biru, dan dilengkapi dengan bantalan zoom air untuk kesan responsif.

Kabarnya sepatu ini akan datang pada akhir musim gugur 2020 ini dengan harga $180 dolar AS atau sekitar Rp2,7 juta rupiah. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
bruce lee,
#
kobe bryant,
#
nike kobe,
#
game of death,
#
lifestyle,
#
gaya hidup