MENU
icon label
image label
blacklogo

Anggur Burgundi Putih Terbaik

FEB 20, 2021@14:00 WIB | 97 Views

Bukan hal baru jika Burgundi Putih (White Burgundy) telah memiliki basis penggemar yang telah mendunia dalam hal sommeliers dan casual enthuasiast.

Burgundi Putih (White Burgundy) juga dikenal sebagai Bourgogne Blanc, yang kini memiliki beragam jenis diantaranya Pinot Blanc dan Pinot Gris, yang sebagian besar adalah Chardonnay.

Mengutip yang Master Sommelier dan pendiri SommSelect, Ian Cauble, kombinasi aroma kompleks, tekstur yang kaya, dan kandungan mineral yang dalam pada anggur terbaik akan menciptakan pengalaman rasa tak tertandingi.

Ia menyarankan jika Anda tidak menyukai anggur putih atau tidak menyukai Chardonnay, cobalah Burgundi putih. Mau tahu mana saja yang terbaik?

Vincent et Sophie Morey Saint-Aubin Premier Cru “Les Charmois”

Wine yang satu ini berasal dari kebun anggur Grand Cru yang mungil, namun begitu didambakan. Dengan harga di bawah $50, wine ini termasuk jenis Burgundi Putih (White Burgundy) terbaik yang direkomendasikan oleh Cauble.

Château Fuissé Pouilly-Fuissé Tete de Cuvée 2017

Berasal dari perkebunan yang dimulai sejak 1604, jenis wine ini memiliki keasaman yang tajam, namun menyenangkan. Jika sudah mencicipi ini, bisa jadi Anda taka kan pernah menyentuh Chardonnay lain.

Domaine Vincent Dureuil-Janthial Bourgogne Blanc 2018

Menjadi salah satu yang disarankan oleh Cauble, anggur ini bersumber dari buah yang ditanam di desa Puligny-Montrachet yang dipuji tetapi tepat di luar batas resmi AOC. “Hasilnya, rasa wine harusnya dua kali lipat harganya,” ujarnya.

Apa itu White Wine (Anggur Putih)?

Burgundy adalah yang paling terkenal untuk jenis anggur merah Pinot Noir, yang dipercaya berasal dari abad ke-2. Jadi inilah alasan mengapa Burgundi Putih (White Burgundy) begitu dipuji.

Burgundy sendiri memiliki dua varian yang cenderung lebih disukai yakni Bourgogne Blancs dan Mâconnais, dan Chablis yang cenderung lebih ringan namun sedikit lebih mahal. Sedangkan Côte de Beaune adalah varian yang lebih mewah – bahkan dijuluki sebagai anggur Beverly Hills dari Burgundy.

Burgundi Putih (White Burgundy) memiliki tiga wilayah utama dalam memproduksi anggur terbaiknya, yakni Puligny-Montrachet, Chassagne-Montrachet, dan Meursault. Ketiga wilayah ini saling berdekatan, namun menurut Cauble, setiap desa dan kebun anggur memiliki karakteristik unik yang membuat rasa masing-masing anggur dari satu desa berbeda dari desa yang lain.

Tentu saja, kebun-kebun anggur Perancis ini sering kali memiliki pemilik yang berbeda dan masing-masing memiliki ide untuk membuat anggur istimewa.

Jadi, terlepas ke arah mana Anda akan memilih White Burgundy, Anda pasti akan menemukan sesuatu yang baik. Tapi jangan kaget, semakin lama pembuatannya, maka harga per botolnya semakin mahal. Jika tidak ada yang lain, Anda harus mencoba Chardonnay – dan Anda akan memahami mengapa Chardonnay tetap menjadi salah satu anggur paling populer dan menarik saat ini. Jadi, pilihan ada di tangan Anda. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
anggur burgundi putih terbaik,
#
anggur burgundi,
#
rekomendasi anggur burgundi,
#
rekomendasi minuman,
#
white burgundy