MENU
icon label
image label
blacklogo

8 Pilihan Gin Terbaik, Minuman Beralkohol Artisanal Jepang

MAR 28, 2021@11:00 WIB | 262 Views

Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki sejumlah besar minuman beralkohol terkenal - seperti sake, umeshu dan sochu. Tapi tidak disangka bahwa Jepang kini juga menjadi negara dengan artisanal gin terbaik.

Apa yang membuat gin Jepang begitu menarik? Juniper sebagai komponen dominan dalam gin, tetapi produk asli seperti yuzu, sancho pepper, dan matcha yang menghadirkan kerumitan unik dan menciptakan rasa yang baru namun tetap memiliki khas Jepang.

Ada banyak pilihan gin artisanal dari yang sudah dibuat dari generasi ke generasi, hasil penyulingan terbaik, hingga yang masih belum terkenal. Bagi Anda pencinta gin, perlu untuk mencobanya dan menyimpannya pada bar kecil Anda di rumah.

1. Ki No Bi Dry Gin

Minuman keras dari The Kyoto Distillery ini sudah terkenal di seluruh dunia saat pertama kali diluncurkan tahun 2016, menjadikannya salah satu gin Jepang pertama yang mendunia dan berhasil. Ki No Bi menjadi representasi indah dari tradisi Jepang dan kekuatan pertanian.

Gin ini terbuat dari bahan dasar besar dan dibuat menggunakan air dari distrik pembuatan sake di Fushimi. Hasil bumi lokal Kyoto seperti teh hijau Gyokuro dan yuzu kuning juga digunakan. Hasilnya adalah gin yang mudah diminum dengan rapi. Tempat penyulingan juga menawarkan ekspresi lain, seperti Ki No Tea, gin yang dibuat dengan kolaborasi dengan penanam teh. Cocok untuk pecinta matcha.

2. Yaso103

Daerah pembuat sake lain yang berharap dapat menyaring karakter unik mereka ke dalam pembuatan gin adalah Yaso103 di Niigata. Dengan sumber airnya yang murni, udara segar, dan hasil bumi luar biasa, tak heran jika gin kerajinan mereka sama pentingnya. 80 jenis tumbuhan alami dan 23 tumbuhan lokal digunakan dalam pembuatannya, termasuk cengkeh, ginseng berry, dan daun wortel Jepang.

Tidak seperti gin lainnya, yang satu ini tidak berasal dari silsilah sake atau penyulingan shochu. Sebaliknya, perusahaan induknya, Echigo Yakuso adalah perusahaan obat herbal yang menciptakan produk kesehatan yang berpusat pada mugwort Jepang.

3. Yuzu Gin

Disuling oleh Kyoyoa Shuzo di prefektur Miyazaki, Yuzu Gin adalah contoh bagus tentang betapa serbaguna jeruk Jepang. Di sini, Yuzu lokal ditempatkan di garis depan bersama dua jeruk asli Miyazaki lainnya - hyuganatsu dan hebess - untuk menambah kesegaran.

Aromatik seperti jahe, elderberry Jepang, dan shochu terkenal dari penyulingan - terbuat dari ubi ungu - bersatu untuk menambah kerumitan dan lebih banyak karakter pada gin yang harum dan elegan.

4. Sakurao Japanese Dry Gin Limited

Sakurao adalah kebanggan Hiroshima, sebagai gin kerajinan pertama di kota. Dibuat dengan 17 tumbuhan segar dan unik dari daratan dan laut kabupaten, masing-masing disuling menggunakan kombinasi metode seduhan dan uap. Di antara tumbuhan yang digunakan adalah cangkang tiram lokal yang dibudidayakan di perairan dekat penyulingan untuk memberikan rasa yang unik, serta wasabi Hatsukaichi, daun perilla, dan kelopak sakura karena aromanya yang lembut.

5. Kozue

Di prefektur Wakayama, Nakano BC - memiliki keahlian dalam memproduksi sake dan umeshu - telah memilih koyamaki (pinus payung Jepang) sebagai aromatik utama untuk gin Kozue-nya, menjadikannya yang pertama menggunakan jarum pinus endemik ini sebagai tumbuhan. Menariknya, wewangian yang bersahaja ini menembus aroma juniper, jadi jangan berharap cara kerja dry gin tradisional dengan satu ini. Namun, sansho, semburan buah beri dan kesegaran segar dari jeruk mandarin dan kulit lemon berhasil bersinar, menciptakan semangat yang menyuguhkan dari alam Wagayama.

6. Revive

Penyuling kerajinan Ethical Spirits Co. memberi minuman dari kelebihan hasil penyulingan 20.000 liter Budweiser selama pandemi dan diubah menjadi gin. Menyulingnya dengan serpihan pohon beech, juniper, dan kulit lemon dalam prosesnya. Hasilnya adalah minuman beralkohol yang menawarkan kompleksitas aromatik yang mengejutkan, dengan sedikit rasa manis yang pasti menjadi pilihan yang dapat dipadukan dengan makanan gurih atau pedas.

7. Masahiro Okinawa Gin

Di Okinawa, para penyuling beralih ke awamori untuk membuat gin baru. Minuman beralkohol, terbuat dari beras indica biji-bijian panjang, disuling bersama juniper dan tumbuhan lainnya, termasuk daun jambu biji, bunga kembang sepatu rosella, shekwasha (buah jeruk hijau) dan goya, variasi pare khas Okinawa. Semua ini disuling dalam pot stills, memberikan rasa manis buah yang tajam yang diimbangi dengan nada daun dan bunga jeruk segar.

8. Benizakura 9148

Jika ada penyulingan yang memuja George Orwell, itu adalah Benizakura, terutama karena tempat itu menamai gin pertamanya setelah novel 1984-nya. Angka-angka dalam namanya telah dibalik untuk mengekspresikan kebalikan dari deskripsi Orwell tentang distopia, tetapi sebenarnya citarasa itulah yang mendorong cerita ini pulang. Dengan banyaknya hasil bumi yang luar biasa dari Hokkaido, wajar jika penyulingan menggunakannya dalam pembuatannya, dan begitu juga dengan jamur shitake kering, rumput laut Hidaka, irisan daun daikon kering, dan matcha dalam repertoar eksotis. [geo/asl/timBX]

Tags :

#
pilihan gin terbaik,
#
rekomendasi gin,
#
artisanal,
#
rekomendasi minuman