MENU
icon label
image label
blacklogo

8 Jenis Jeans Pria Agar Tidak Salah Pilih

JUL 21, 2021@18:00 WIB | 63 Views

Jeans adalah salah satu tipe celana yang umum dan sering digunakan kapan saja dan di mana saja. Kamu bisa memakainya ke mall mewah dengan sepatu kulit kasual, tetapi juga bisa ke taman dan duduk di atas tikar. Secara keseluruhan, jeans pria bisa berbeda dari 2 sisi. Pertama dari desain kakinya ada 5 dari ketat hingga longgar, antara lain skinny, slim, regular, relaxed, and loose. Skinny sangat menempel di kulit, sedangkan loose sangat lebar dan memberi banyak ruang di paha, kaki, dan bokong.

Perbedaan kedua adalah the rise atau jarak ruang pinggang hingga pangkal paha. Ada High rise yang paling panjang dan tinggi, medium/mid rise yang lebih pendek, dan low rise yang paling rendah. Ada juga low crotch yang juga panjang tetapi dipakai lebih rendah. Sebagai celana untuk pria, ada 8 jeans berbeda. Berikut adalah penjelasannya menurut GQ.

1. Straight Leg

Seperti namanya, jeans tipe pertama ini memiliki garis lurus dari pinggang hingga ujung kaki. Bagian pinggang memakai tipe mid raise yang terletak di atas pusar atau tepat di atas pinggang. Celana ini juga sering dikategorikan regular straight atau classic straight. Beberapa contoh celana tipe ini adalah Levi’s 501 original fit jeans dan Uniqlo regular-fit straight jeans.

2. Straight Taper

Tipe jeans kedua yang juga sering ditemukan adalah straight taper. Jenis jeans ini mirip dengan straight leg, tetapi memiliki desain yang lebih ketat dari lutut hingga ujung kaki. Celana ini cocok untuk Anda yang membutuhkan bagian paha lebih lebar dan kaki yang kurus. Contoh celana jeans straight taper antara lain 3sixteen CT-122x classic tapered lightweight shadow jean dan Carhartt relaxed fit tapered leg jean.

3. Slim Straight

Seperti namanya, celana ini juga memiliki satu garis lurus dari pinggang hingga ujung kaki dengan desain yang lebih ketat. Jeans ini bisa terlihat di cover album Ramones yang memakai Levi’s 505. Dikenal juga sebagai slim fit, celana ini memberi kesan lebih kurus dengan low rise yang di atas pinggang. Anda bisa memilih Everlane selvedge slim fit jean atau A.P.C. petit standard jeans untuk mencobanya.

4. Slim Taper

Suka dan cocok dengan straight taper tetapi butuh tipe yang lebih ketat? Slim taper adalah jawabannya. Tipe jeans ini umumnya memiliki low rise yang duduk di atas pinggul. Namun ingat, celana ini tidak cocok bila Anda memiliki kaki yang gemuk karena celana ini lebih ketat dari slim straight. Coba J.Crew 484 slim-fit jean dan Levi’s 512 slim taper fit jeans untuk memastikan celana ini adalah untuk Anda.

5. Bootcut

Jangan lupa jeans juga adalah celana para koboi di Amerika. Dan bootcut adalah tipe jeans mereka. Celana ini bisa saja slim atau relaxed, tetapi pasti memiliki ujung yang melebar terbuka. Bootcut classic menggunakan desain high rise, sedangkan versi contemporary lebih banyak memakai low rise. Wrangler 13mwz Cowboy cut original fit jean, Levi’s 527 slim boot cut jeans, dan Gucci blue eco stone washed jeans adalah beberapa contoh jeans tipe ini.

6. Relaxed Straight

Setelah jeans yang ketat dan membuat Anda terlihat kurus, ini adalah pilihan yang lebih nyaman. Seperti celana straight lainnya, celana ini juga memiliki satu garis lurus di sepanjang celana. Ukurannya yang lebih lebar cocok untuk Anda yang memiliki bentuk badan lebih kurus dan ingin mencobakan jenis baggy. Lee relaxed fit straightleg jean dan dickies relaxed-fit carpenter jean adalah dua contoh tipe jeans relaxed straight.

7. Relaxed Taper

Celana ini dikenal juga sebagai athletic fit. Celana ini lebih longgar di atas lutut dan mulai mengecil di bawahnya. Bila Anda memiliki kaki yang beroto, ini celana yang cocok untuk memamerkannya dan tetap nyaman di saat yang sama. Rag & Bone slouch cotton linen taper jean dan Levi’s Premium Stay Loose jeans adalah dua pilihan bila ingin mencoba celana ini.

8. Wide Leg

Terakhir adalah jenis jeans yang sangat lebar dengan kenyamanan extra. Jenis jeans yang sangat baggy ini bisa menjadi gaya berpakaian yang unik bila dipadukan dengan baik. Ssense Junya Watanabe blue selvedge stripe garment-treated jeans dan Cos wide-leg jeans adalah dua contoh jeans wide leg untuk dimiliki.

Itulah tadi 8 jenis jeans pria yang ada dan beberapa contoh di antaranya. Anda bisa memilihnya dari yang ketat dan menonjolkan gaya Anda hingga celana dengan kenyamanan yang extra. Penting juga untuk mencoba agar tahu tipe celana mana yang paling cocok untuk Anda. Jadi selamat mencoba dan menemukan jeans terbaik Anda, Blackpals.[eve/shf/timBX]

Tags :

#
celana jeans,
#
jeans untuk pria,
#
8 jenis jeans,
#
8 jenis jeans untuk pria