MENU
icon label
image label
blacklogo

Trik Mudah Membuat Penjadwalan Pesan di Gmail

MAY 08, 2019@19:09 WIB | 215 Views

Trik Mudah Membuat Penjadwalan Pesan di Gmail

Bagi yang rutin menggunakan Gmail, mungkin artikel kali ini akan memberi manfaat dalam mengerjakan rutinitas mengirim banyaknya pesan pada waktu-waktu yang sama ataupun dalam waktu yang berbeda-beda. Kini pengguna rutin Gmail tak perlu khawatir akan hal tersebut karena Google telah memberi tool tambahan, yakni penjadwalan (schedule ) bawaan Gmail yang baru.

Sebelumnya, pihak Google telah mengumumkan bahwa Gmail akan mendukung sistem penjadwalan email pada bulan April 2019 kemarin, tetapi fitur tersebut sekarang baru tersedia di perangkat desktop dan seluler.

Maka dari itu, Anda harus menggunakan add-on pihak ketiga untuk melakukan penjadwalan dasar semacam ini. Untungnya, fitur baru Gmail sangat mudah digunakan, dan ia akan memiliki berbagai aplikasi untuk menjadwalkan pekerjaan dan pesan pribadi. Mungkin Anda mencoba untuk berbicara dengan seseorang di zona waktu yang berbeda, memperingati seseorang tentang suatu peristiwa, atau Anda hanya ingin mengingatkan diri Anda di masa depan tentang sesuatu. Jika demikian, jadwalkan pada email di akun Gmail Anda. Lalu bagaimana cara menjadwalkan pesan-pesan tersebut di Gmail? Ikuti Tips berikut ini, ya!

Untuk menjadwalkan pesan melalui Gmail di browser web desktop, maka ikuti langkah-langkah ini:

  • Bukalah dahulu akun Gmail Anda
  • Lalu klik tanda + sebelah kiri atas untuk bisa menulis email baru (compose)
  • Kemudian klik ikon segitiga di sebelah tombol "Kirim (Send)" yang berwarna biru
  • Selanjutnya pilihlah salah satu dari waktu yang disarankan, atau klik "Pilih tanggal & waktu" / “Pick date & time” untuk menyesuaikan kapan Anda ingin pesan keluar (terkirim)
  • Bila sudah fix dengan waktunya, kemudian klik “Schedule send” /  “Jadwalkan pengiriman”

Prosesnya mungkin nampak persis sama di aplikasi seluler Gmail. Tetapi alih-alih mengklik bagian dari tombol kirim, saat menulis email, Anda harus mengklik tiga titik di sudut kanan atas layar. Itu akan memunculkan opsi untuk menjadwalkan waktunya.

Kemudian untuk menemukan email yang telah terjadwal dan membatalkannya juga mudah. Ada folder "Terjadwal /schedule" baru di desktop dan seluler. Cukup klik pada pesan di folder, dan klik bagian “Cancel send” / "Batal kirim" di kanan atas jendela untuk menghentikan pengiriman pesan. Dengan begitu, pesan tersebut akan segera kembali ke folder draft pada Gmail Anda.

Cukup mudah penggunaan tool penjadwalan pesan di Gmail ini, bukan? So, Selamat mencobanya!

Tags :

#
gmail,
#
tips menjadwalkan pesan,
#
black tips