MENU
icon label
image label
blacklogo

Trik Mengatur VPN Manual di Perangkat iOS dan Android

MAR 05, 2019@18:00 WIB | 0 Views

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang berbagai tips dalam mengatur VPN di tiga macam sistem operasi untuk Perangkat PC, laptop maupun notebook. Semua ini berguna untuk keamanan Anda dalam berselancar di dunia maya, menikmati berbagai hiburan streaming video dan lainnya. Kali ini kami akan memberikan trik mudah mengatur VPN di perangkat iOS dan Android. Simak triknya di bawah ini:

MENGATUR VPN DI IOS

Menyiapkan settingan VPN di perangkat iOS sangatlah sederhana. Sekali lagi, bila Anda mengunduh aplikasi dari App Store, itu akan secara otomatis mengonfigurasi pengaturan VPN itu sendiri. Namun, bila Anda penasaran untuk bisa melakukannya secara manual. Berikut langkah-langkahnya:

  • Cukup buka Pengaturan (setting) dan ketuk General.
  • Gulir ke bawah untuk memilih VPN (iPhone akan mengatakan apakah Anda sedang terhubung ke satu atau tidak).
  • Ketuk pada Tambahkan Konfigurasi VPN dan kemudian pada Ketik untuk memilih protokol keamanan. (Ikuti instruksi yang disediakan oleh aplikasi yang Anda pilih).
  • Kembali ke layar Tambahkan Konfigurasi, tempat Anda akan menambahkan deskripsi VPN, server, ID jarak jauh, dan ID lokal.
  • Masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda.Di sini, Anda juga dapat menggunakan proxy jika Anda mau.
  • Lalu ketuk Done kemudian Anda akan dibawa kembali ke layar VPN. Alihkan sakelar Status ke aktif (On).

MENGATUR VPN DI ANDROID

Seperti iOS, pengaturan VPN di perangkat Android seharusnya tidak terlalu sulit. Ini adalah proses manual jika Anda tidak membiarkan aplikasi secara otomatis mengonfigurasi beberapa hal untuk Anda. Namun, ingatlah prosespengaturan untuk ponsel Android Anda mungkin sedikit berbeda dengan kami. Ini dikarenakan adanya beberapa vendor mengubah versi Android mereka. Namun pada intinya, Anda akan bisa memahaminya dengan cepat. Berikut ini trik manualnya :

  • Buka Pengaturan> Jaringan & Internet> Tingkat Lanjut> VPN (Anda akan melihat ikon tombol kecil). Jika Anda tidak melihat Jaringan & Internet di menu Pengaturan (yang mungkin terjadi tergantung pada hamparan Android Anda), maka lakukan pencarian di dalam Pengaturan untuk VPN. Tekan tombol Tambah.
  • Jika Anda mengaturnya di ponsel baru, atau jika Anda belum menetapkan kunci layar atau kata sandi, Google akan meminta Anda untuk terlebih dahulu mengaturnya untuk ponsel Anda. Lakukanlah itu.
  • Bila  sudah, kini buatlah profil VPN. Tambahkan nama VPN, jenis, dan alamat Server. Lalu klik Simpan.
  • Anda akan dibawa kembali ke layar VPN, di mana sekarang Anda akan melihat nama VPN Anda. Ketuk itu, dan masukkan nama dan kata sandi yang diinginkan. Di sini, Anda juga dapat memilih untuk menyimpan informasi akun Anda, dan Anda dapat membuat VPN-nya selalu menyala. Lalu klik Connect (Hubungkan).
  • Masukkan nama VPN, jenis, alamat server, nama pengguna, dan kata sandi.
  • Lalu klik simpan dan Anda sukses melakukannya!

Setelah Anda menjalankan VPN, Anda mungkin melihat penjelajahan web tidak secepat dulu, terutama jika Anda telah mengkonfigurasinya dalam rangka pergi ke luar negeri.

Enkripsi yang lebih kuat, atau lebih banyak pengguna yang terhubung ke satu VPN ternasuk diantara faktor utama dalam memperlambat kecepatan internet pada perangkat iOS dan Androd, termasuk dikala mengunduh. Tapi itu bukan masalah besar dibandingkan dengan keamanan yang telah Anda dapatkan dari melakukan seting manual VPN ini. So, selamat mencobanya!

Sumber dan foto: Berbagai sumber

Tags :

#
vpn,
#
setting vpn manual di android,
#
setting vpn manual di ios