MENU
icon label
image label
blacklogo

Wi-Fi Lambat? Ini Cara Memperbaikinya

NOV 16, 2020@09:30 WIB | 156 Views

Wi-Fi yang cepat dan stabil menjadi lebih penting di saat pandemi ini. Anda mungkin membutuhkannya untuk sekolah di rumah, bekerja, atau sekadar streaming acara terbaru di Netflix atau layanan lainnya untuk mengisi waktu santai. Namun bagaimana bila Wi-Fi menjadi lambat? Ada dua penyebabnya, yakni ISP secara legal membatasi internet Anda, membatasi broadband Anda dan bisa jadi posisi router Wi-Fi salah. Nah, apakah Anda perlu mengubah posisi router Anda atau Anda perlu mempertimbangkan untuk mendapatkan VPN, berikut ini cara memperbaikinya;

Jalankan melalui metode pemecahan masalah yang biasa

Sebelum Anda melompat ke kesimpulan Wi-Fi lambat dikarenakan penyedia layanan membatasi koneksi Anda, penting untuk menjalankan daftar pemecahan masalah yang biasa: Periksa apakah router Anda terletak di pusat rumah Anda, posisikan ulang antenanya, periksa kembali keamanan jaringan Anda dan sebagainya. Namun bila tetap lambat, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Uji kesehatan internet Anda

Setelah Anda memastikan tidak ada penjelasan sederhana untuk masalah Wi-Fi Anda, Anda bisa mendapatkan pengukuran yang lebih mendalam tentang kesehatan internet Anda dengan berbagai cara. Saya sarankan untuk memulai dengan tes sederhana melalui M-Lab. Ini akan memeriksa kecepatan koneksi Anda, pada dasarnya mengukur apakah ISP Anda memberikan kinerja yang konsisten, apa pun konten yang Anda akses. Pengukuran ini tidak sempurna, tapi ini awal yang baik.

Temukan VPN yang andal

Jika Anda telah melakukan tes dasar pertama pada kesehatan internet Anda, dan Anda masih berpikir ada sesuatu yang salah dengan ISP Anda, mulailah meneliti VPN. Ada lusinan alasan untuk mendapatkannya, dan banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat mencari jaringan pribadi virtual terbaik, seperti keamanan, harga, dan lokasi server.

Bandingkan kecepatan Anda dengan VPN

Selanjutnya, uji kecepatan internet Anda di suatu tempat seperti Fast.com atau Speedtest.net. Bandingkan hasilnya dengan pengujian yang sama saat VPN Anda aktif. Penggunaan VPN apa pun akan sangat memangkas kecepatan Anda, jadi pengujian kecepatan akan menunjukkan ketidaksesuaian, dengan kecepatan aktif VPN terutama lebih lambat daripada kecepatan tidak aktif VPN. Tetapi VPN juga menyembunyikan alamat IP yang digunakan penyedia untuk mengidentifikasi Anda, jadi jika tes kecepatan Anda dengan VPN lebih cepat daripada tanpa VPN, itu mungkin berarti ISP Anda menargetkan alamat IP Anda untuk pelambatan.

Perbaiki internet Anda

Ini merupakan bagian yang sulit. Bahkan jika Anda mengetahui penyedia Anda membatasi internet Anda, mungkin tidak banyak yang dapat Anda lakukan. Dan disini Anda memiliki pilihan untuk bisa menggunakan penyedia terbaik di wilayah Anda. Measurement Lab menyediakan sumber daya yang baik untuk menemukan info yang spesifik untuk wilayah Anda, dan yang dapat memandu Anda ke ISP yang lebih andal. Atau juga tetap menggunakan  VPN Anda untuk mempertahankan kecepatan yang lebih konsisten. VPN tidak dapat menyelesaikan koneksi yang buruk atau alasan lain di balik layanan Anda yang lambat, tetapi dapat mengurangi pelambatan dari ISP yang tidak bermoral. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips mempercepat wi-fi,
#
tips atasi wi-fi lemot,
#
cara mempecepat wi-fi,
#
vpn