MENU
icon label
image label
blacklogo

Trik Hapus dan Pulihkan Foto Pada Android

JAN 07, 2021@18:30 WIB | 108 Views

Bagi pengguna ponsel cerdas, kamera hampir menjadi refleks: Anda melihat sesuatu yang penting, Anda menangkap sekejap, dan Anda akan menyimpan memori itu selamanya. Tetapi bagaimana jika jepretan itu tidak berguna selamanya? Meskipun snapshot kertas terkenal sulit untuk dipisahkan, file digital di galeri Android Anda jauh lebih mudah untuk dibuang. Meskipun demikian, kesalahan terjadi, dan Anda dapat berubah pikiran tentang gambar atau video yang terlalu cepat Anda buang.

Ini trik jika Anda berubah pikiran saat ingin memulihkan foto yang terhapus pada Android, contoh di bawah ini ada di Android 10. Meskipun ponsel Android mungkin berbeda bergantung pada sistem operasi dan pabrikannya, metode yang dijelaskan seharusnya cukup mirip.

1. Hapus foto dari gallery

- Buka aplikasi gallery

- Tekan dan pilih album photo

- Pilih ikon tempat sampah pada ujung kanan atas

- Kemudian pilih semua gambar yang ingin dihapus dengan menekan pada centang foto

- Kemudian tekan delete

- Anda mungkin mendapatkan peringatan yang menanyakan apakah Anda yakin ingin menghapus gambar-gambar ini.

- Untuk menghapus gambar-gambar ini secara permanen, segera ketuk ikon tiga titik di kanan atas dan ketuk sampah

- Pada menu tempat sampah, ketuk ikon tiga titik lagi dan ketuk sampah kosong atau ketuk ikon album untuk membuka album dan ketuk tempat sampah dengan X di dalamnya untuk memilih gambar yang ingin segera Anda hapus

- Ketuk delete  pada bawah layar

- Ketuk delete  kembali untuk memastikan Anda benar-benar ingin menghapus foto Anda.

2. Memulihkan foto yang terhapus dari gallery

- Ketuk 3 titik pada kanan atas

- Ketuk ikon tempat sampah untuk melihat album mana yang akan Anda pilih untuk dipulihkan

- Ketuk open the album

- Kemudian ketuk ikon restore

- Ketuk pada foto mana saja yang akan Anda selamatkan

- Ketuk restore

3. Hapus foto lewat Google Photos

Google Foto adalah layanan berbagi dan penyimpanan foto berusia lima tahun yang menyimpan foto hingga 16 MP dan video hingga 1080p. Layanan ini gratis dan tidak terbatas hingga 1 Juni 2021, pada November 2020, Google mengumumkan akan mengakhiri penyimpanan gratis tanpa batas untuk foto "kualitas tinggi" atau "kualitas ekspres" mulai 1 Juni 2021.

Foto yang sudah ada tidak terpengaruh, tetapi foto baru yang diunggah setelah tanggal itu akan dihitung dari kuota penyimpanan gratis 15 GB yang tersebar di Google Drive, Gmail, dan Google Foto. Berikut cara menghapus foto dari layanan Google, metode yang sama berfungsi untuk masing-masing foto dan album.

- Buka aplikasi Google Photos

- Scroll sampai pada foto yang Anda ingin hapus

- Ketuk ikon tempat sampah pada ujung bawah kanan layar

- Sebuah dialog muncul menanyakan apakah Anda ingin menghapus gambar dari akun Google Anda, ketuk pindahkan ke Sampah. Jika Anda membuat kesalahan, Anda dapat mengetuk undo di sana

- Ketuk tempat sampah, kemudian ketuk library pada kanan bawah layar

- Ketuk ikon tempat sampah dan sendirinya akan diperlihatkan semua foto ataupun gambar yang telah terhapus, yang akan benar-benar terhapus setelah 60 hari secara permanen

4. Memulihkan foto lewat software

Anda selalu dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk menyelamatkan foto yang dihapus, Wondershare's Dr.Fone dan iMobie's Phone Rescue untuk Android hanyalah dua contoh perangkat lunak pemulihan yang tersedia.

Dr.Fone Data Recovery (Android) memfasilitasi pemulihan foto dan file media lainnya dari handset Android Anda, software ini menawarkan seperangkat alat pemulihan dan perbaikan yang memungkinkan Anda mengekstrak data dari perangkat yang rusak dan memulihkan data yang hilang selama pembaruan.

PhoneRescue untuk Android memungkinkan Anda mengelola foto serta musik, kontak, pesan, dan file lainnya, memungkinkan Anda memulihkannya dengan mudah. Anda dapat melihat dan memilih foto yang dihapus, sehingga Anda hanya dapat memilih gambar yang ingin Anda pulihkan. Ini bekerja dengan semua perangkat Android, termasuk Samsung, Sony, LG, Google, Huawei, Motorola, dan HTC. [mar/asl/timBX]

Tags :

#
tips hapus foto di android,
#
tips pulihkan foto di android,
#
tips android,
#
tips