MENU
icon label
image label
blacklogo

Trik Cepat dan Mudah Mempercepat Kinerja PC Windows 10

MAR 13, 2019@10:43 WIB | 0 Views

Jika Anda ingin mempercepat kerja Windows 10 pada PC, luangkan beberapa menit untuk mencoba trik yang mudah ini. Dengan trik ini, PC  berbasis Windows 10 Anda akan lebih gegas dan tidak mudah rentan terhadap masalah kinerja dan sistemnya. Langsung saja menyimak triknya di bawah ini:

Ubah Pengaturan Daya PC

Jika PC Anda menggunakan paket penghemat daya Windows 10, itu otomatis memperlambat kinerjanya. Ya, paket itu bisa mengurangi kinerja PC Anda untuk menghemat energi. Maka dari itulah, ubahlah paket daya-nya dari Penghemat daya ke Kinerja tinggi atau Balance, yang akan meningkatkan proses kinerja sistemnya.

Untuk melakukannya, buka Control Panel > Hardware and Sound> Power Options. Anda biasanya akan melihat dua opsi: Seimbang (disarankan) dan Penghemat daya. (Bergantung pada merek dan model Anda, Anda mungkin melihat paket lain di sini juga, termasuk beberapa merek dari pabrikan). Agar bisa melihat pengaturan Kinerja tinggi, klik panah bawah dengan Tampilkan paket tambahan. Untuk mengubah pengaturan daya, cukup pilih yang diinginkan, lalu keluar dari Control Panel.

Nonaktifkan Program Startup Yang Berjalan

Salah satu alasan PC Windows 10 Anda terasa lamban adalah memiliki terlalu banyak program yang berjalan di latar belakang - program yang mungkin tidak pernah Anda gunakan, atau jarang digunakan. Hentikan proses running mereka, dan PC Anda akan bisa berjalan lebih lancar. Caaranya adalah dengan membuka Task Manager (Tekan Ctrl-Shift-Esc atau klik kanan sudut kanan bawah layar PC)> pilih Task Manager.

Jika Task Manager diluncurkan sebagai aplikasi ringkas tanpa tab, maka klik "More Details" di bagian bawah layar PC Windows 10 Anda. Task Manager kemudian akan muncul beserta list program yang ada. Yang perlu Anda lakukan di sini memberhentikan program yang tidak perlu dijalankan saat startup. Caranya dengan meng-klik kanan dan pilih "Disable".

Cara itu tidak sepenuhnya menonaktifkan program, itu hanya mencegah peluncurannya saat startup saja. Jadi, Anda selalu dapat menjalankan aplikasi setelah peluncurannya saja. Dan bila nanti Anda memutuskan untuk meluncurkannya saat startup, Anda bisa kembali ke area Task Manager ini dengan meng- klik kanan aplikasi dan pilih "Enable".

Matikan Fitur Windows Tips and Trick

Saat Anda menggunakan PC dengan OS Windows 10, Windows mengawasi apa yang Anda lakukan dan menawarkan kiat tentang hal-hal yang mungkin ingin Anda lakukan dengan sistem operasi ini. Sejauh pengalaman kami, fitur ini sangat jarang digunakan dan banyak yang menyukai implikasi privasi Windows yang terus-menerus mengambil pandangan virtual dari atas tampilan OS ini.

Fitur ini justru bisa dapat membuat PC berjalan lebih lamban. Maka dari itulah, bila ingin mempercepat kinerja, beri tahu Windows untuk berhenti memberi tips dan triknya. Untuk melakukannya, klik tombol Mulai, pilih ikon Pengaturan dan kemudian pergi ke Sistem> Pemberitahuan & tindakan. Gulir ke bawah ke bagian Notifikasi dan matikan “Get tips, tricks, and suggestions as you use Windows”-nya.

Itulah tiga trik cepat dan mudah untuk mempercepat kinerja PC Windows 10 Anda. Selamat mencoba!

Sumber dan foto: Berbagai sumber

Tags :

#
windows 10,
#
pc lemot,
#
windows 10 lemot,
#
mempercepat kinerja windows 10