MENU
icon label
image label
blacklogo

Volume Mikrofon Windows 10 Dapat Diubah Dengan Cara Ini

FEB 16, 2021@08:00 WIB | 332 Views

Teknologi yang ada sekarang menjadi teman dekat untuk para pekerja dan mahasiswa. Tidak hanya itu, beberapa perubahan seperti sistem belajar atau bekerja yang biasanya dapat dijalankan secara tatap muka, saat ini lebih banyak di prioritaskan untuk dilakukan secara online.

Perubahan ini membuat beberapa pihak harus mengubah komunikasi menggunakan media. Seperti yang sudah kita ketahui mulai banyak bermunculan pertemuan, kelas, pelajaran, proyek bersama dan beberapa hal lain dengan media audio dan video secara daring.

Mungkin kamu pernah menemui saat kelas atau pertemuan berlangsung, ada yang mengeluarkan suara keras dan lembut. Hal itu mungkin terjadi karena adanya perubahan pada pengaturan mikrofon. Maka dari itu, kita perlu memastikan jika perangkat yang digunakan sudah tepat dan sesuai.

Volume vs Penguatan

Sebelumnya, kita perlu mengerti perbedaan dari volume dan penguatan. Jika speaker terdengar lembut, maka yang dilakukan adalah menaikkan volume untuk meningkatkan penyaringan. Biasanya kenyaringan pada mikrofon disebut dengan penguatan yang didasari oleh sensitivitas mikrofon dan seberapa besar suara yang diperkuat.

Menaikkan level input atau penguatan pada mikrofon membuat suara terdengar lebih keras, namun kita tetap perlu memberikan jarak sedikit pada mikrofon atau menurunkan nada bicara kita.

Mungkin hal ini terlihat biasa atau sepele, tapi meletakkan mikrofon tepat di sebelah mulut, perlu dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menurunkan penguatan karena mikrofon yang lebih dekat dapat menangkap suaran dengan lebih mudah dibandingkan mikrofon yang ditempatkan satu kaki dari mulut.

Tips Mudah Mengatur Level Mikrofon pada Windows 10

1) Masuk ke sistem yang terletak di pojok kanan bawah layar, klik kanan ikon berbentuk speaker dan pilih buka setelah suara.

2) Pada bagian input, pastikan jika mikrofon yang sudah dipilih dan klik properti perangkat. Jangan sampai salah memilih device apabila kamu memiliki banyak sumber.

3) Geser pada bagian bawah volume di tingkat yang diinginkan. Untuk menguji kekuatan mikrofon, bisa klik tombol “ mulai tes “ dan bicara dengan suara normal. Ketika sudah selesai, bisa klik tombol “ hentikan tes “. Setelah itu akan muncul tanda volume rekaman.

Hal itu dapat digunakan untuk menunjukkan volume rekaman tertinggi sebagai tolak ukur tingginya penguatan input yang mau diatur atau tutup.

Maka dari itu, penting untuk kita menggunakan speaker eksternal ketika menggunakan mikrofon. Fungsinya agar tingkat input jadi lebih tinggi sehingga mikrofon mudah menangkap suara latar belakang dalam menciptakan umpan balik tanpa perlu atau dapat menganggu orang lain yang mendengar. [dev/asl/timBX]

Tags :

#
volume mikrofon windows 10,
#
tips windows 10,
#
mengatur level mikrofon