MENU
icon label
image label
blacklogo

Touchpad Laptop Tak Berfungsi? Ikuti Cara Ini

APR 14, 2018@10:00 WIB | 426,735 Views

Keberadaan touchpad merupakan hal yang krusial pada laptop. Pasalnya, touchpad ini berfungsi sebagai pengganti mouse pada komputer desktop. Nah, kalau touchpad sampai tidak berfungsi, esensi laptop sebagai komputer portabel yang ringkas menjadi hilang. Kalau touchpad laptop Anda tiba-tiba tidak berfungsi, jangan panic. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Cari Kombinasi


Umumnya, touchpad tidak berfungsi bukan karena rusak, melainkan karena fungsinya di-nonaktifkan. Mungkin saja, ada orang lain yang menggunakan laptop Anda sebelumnya dan mematikan fungsinya. Pasalnya, pada beberapa laptop, touchpad punya sensitivitas yang tinggi, sehingga biarpun tersenggol tidak sengaja oleh tangan, posisi kursor akan berpindah dan merepotkan saat mengetik dokumen. Langkah pertama, cermati papan ketik Anda. Apakah ada ikon bergambar touchpad pada deretan papan ketik Anda? Jika ada tekan untuk mengaktifkannya. Kemudian coba touchpadnya.

Pada beberapa laptop, ada kombinasi kunci yang harus dilakukan untuk mengaktifkan touchpad, dan biasanya melibatkan tombol Fn. Misalnya Fn (+) F5 atau Fn (+) F7. Kebanyakan laptop punya ikon touchpad di tombol F7. Lakukan kombinasi ini untuk mengaktifkan kembali fungsi touchpad anda.

Cek Pengaturan Laptop


Bisa jadi, touchpad Anda dinonaktifkan melalui pengaturan pada laptop. Untuk itu, Anda harus mengaktifkannya kembali dari tempat yang sama.
Tekan lambang Windows pada laptop Anda, kemudian ketik ‘mouse’ pada kolom pencarian, kemudian pilih Mouse Setting. Tenang saja, cara ini bisa Anda lakukan tanpa menggunakan touchpad atau mouse. Manfaatkan tombol Tab dan Enter untuk menentukan pilihan.

Pada menu Mouse Properties, pilih Device Setting. Di sana Anda akan melihat perangkat touchpad Anda. Tekan tombol Tab beberapa kali hingga berada pada pilihan Enable, kemudian tekan Enter. Voila, touchpad Anda sudah berfungsi kembali!

Perhatikan Indikator LED


Jika Anda memiliki laptop HP, maka prosesnya akan lebih mudah. Laptop HP biasanya memiliki lampu indikator yang akan memberitahu apakah touchpad sedang berfungsi atau tidak. Letaknya di sebelah kiri atas touchpad. Kalau menyala berarti touchpad Anda sedang dalam kondisi nonaktif. Tekan 2 kali seperti melakukan double klik untuk mengaktifkannya.

Jadi, kalau tiba-tiba touchpad Anda tidak berfungsi, jangan terburu-buru membawanya ke tempat servis. Pasalnya, belum tentu laptop Anda mengalami kerusakan hardware. Coba cara di atas, kalau tidak berhasil, barulah bawa laptop Anda ke tempat servis terpercaya. (Trd/timBX)

Tags :

#
blacktips,
#
laptop,
#
touchpad