MENU
icon label
image label
blacklogo

Simak 5 Cara Untuk Mengatasi Efek Jet Lag

JUL 29, 2019@17:20 WIB | 88 Views

Bagi Anda yang hobi travelling, melanglang buana, jet lag ibarat sahabat yang sulit dipisahkan. Jet lag merupakan masalah tidur sementara yang terjadi usai penerbangan jauh yang melintasi zona waktu yang berbeda. Sedikitnya ada lima gejala jet lag yang bisa menghampiri kamu. Kelima gejala itu adalah insomnia, selalu mengantuk, nyeri otot, cenderung temperamental, serta sulit konsentrasi.

Berikut 5 cara yang digunakan untuk membantu mengatasi efek jet lag.

Habiskan Waktu di Luar Ruangan

Begitu tiba di destinasi tujuan, yang Anda butuhkan adalah sinar matahari untuk mengembalikan jam biologis tubuh. Cobalah berjalan-jalan di luar ruangan, misal di taman kota, antara pukul 08.00-09.00 waktu setempat.

Perbanyak Minum Air Putih

Udara kering di dalam pesawat dapat menyebabkan dehidrasi dan berkontribusi terhadap kelelahan, perbanyak minum air putih. Hindari minum alkohol atau kafein karena dapat menyebabkan dehidrasi dan perubahan pola tidur.

Gunakan Penutup Telinga dan Masker Mata

Saat tidur malam, gunakanlah penutup telinga dan masker mata. Ini berguna agar tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan berkualitas usai penerbangan panjang.

Mandi Air Hangat

Saat seseorang mengalami jet lag, biasanya tubuh akan berada pada suhu renda. Oleh sebab itu, cobalah mandi dengan air hangat agar tubuh kembali pada suhu normal. Selain itu, air hangat diklaim dapat menghasilkan melatonin, yang mana melatonin adalah hormon pengatur irama sirkadian dan bisa mengembalikan jam biologis tubuh tersebut.

Konsumsi Suplemen yang Mengandung Melatonin

Melatonin adalah senyawa yang berfungsi untuk mengatur irama sirkadian pada tubuh. Mengonsumsi suplemen dengan kandungan melatonin di dalamnya juga jadi cara mengatasi jet lag yang ideal. Namun, konsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter terkait untuk menemukan dosis yang tepat.

Nah, itu dia beberapa tips atau cara mengatasi jet lag yang perlu kamu ketahui dan terapkan jika nanti ingin bepergian ke luar negeri. Jaga selalu kesehatan kamu agar perjalanan senantiasa menyenangkan. Semoga bermanfaat!

Tags :

#
blacktips,
#
atasi jet lag,
#
jet lag