MENU
icon label
image label
blacklogo

Panduan Mengatur Ulang Router

JAN 21, 2021@17:30 WIB | 200 Views

Apa yang harus dilakukan saat internet tiba-tiba mati? Salah satu hal yang harus Anda coba adalah menyetel ulang router. Menyetel ulang router akan mengatur ulang koneksi, termasuk menanggulangi serangan berbahaya di jaringan Anda, sekaligus mematikan perangkat yang tidak diinginkan dari jaringan Anda. Re-boot ulang router juga akan menyelesaikan berbagai masalah dengan kecepatan dan konektivitas.

Bagaimana caranya? Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatur ulang router secara manual dan jarak jauh, ditambah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui tentang me-reboot router Anda.

Langkah 1: Cabut router dan modem Anda secara fisik

Meski mungkin memiliki opsi onboard yang disebut Reset atau Restart, Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya karena mereka dapat memulai reboot pabrikan dan menghapus semua pengaturan Anda saat ini. Alih-alih, cabut router dan modem Anda (Anda mungkin memiliki unit gabungan, dalam hal ini cabut itu) dari semua yang terpasang (termasuk satu sama lain dan sumber dayanya).

Setelah dicabut, biarkan router sendiri selama sekitar satu menit untuk memastikan router benar-benar dingin dan jaringan Wi-Fi benar-benar mati.

Sekarang kembali dan colokkan modem ke sumber dayanya. Tunggu sebentar 1 menit atau hingga modem menghangat dan bersiap untuk meneruskan koneksi internetnya. Sekarang, colokkan router kembali ke modem, stopkontak, dan koneksi lain yang diperlukan. Tunggu beberapa menit hingga router berjabat tangan dengan semua orang dan membangun sinyal internet nirkabel Anda sekali lagi.

Langkah 2: Perbarui firmware Anda

Firmware adalah perangkat lunak integral yang menjaga fungsi router Anda. Meskipun firmware router tidak diupgrade sesering sistem operasi komputer, firmware tersebut sesekali memerlukan pembaruan, terutama saat ada masalah keamanan yang besar.

Langkah Anda selanjutnya adalah mengunduh firmware router baru, sehingga kerentanan router apa pun yang mungkin ada, akan ditambal. Untuk ini, Anda memerlukan informasi login router Anda.

Biasanya, dapat menggunakan aplikasi atau situs administrator untuk memeriksa firmware dan kemudian mengunduhnya. Pada gambar berikut cara mengakses penyiapan Linksys dan cara melakukannya dengan TP-Link dan Netgear.

Perlu diketahui bahwa setiap merek router, bahkan yang tidak dikenal, harus memiliki instruksi sendiri untuk mengakses alat administrator ini. Salah satu opsi, saat masuk, adalah Pembaruan Firmware, Pembaruan Router, atau yang serupa. Pilih opsi ini dan ikuti instruksinya.

Meski tak lama, tapi harap diperhatikan bahwa Anda tidak dapat menggunakan Wi-Fi saat router mengupload dan menerapkan patch firmware. Jangan pernah mencoba mematikan atau mengacaukan router Anda saat firmware sedang diperbarui karena ini dapat menyebabkan masalah serius.

Jika proses peningkatan membuat router Anda kembali ke pengaturan default pabrik, ikuti panduan tentang pengaturannya lagi.

Langkah 3: Perbarui semua aplikasi terkait

Banyak perute modern menawarkan aplikasi yang dapat Anda unduh di perangkat seluler untuk mengelola pengaturan perute atau melihat laporan penggunaan perute.

Jika Anda menggunakan salah satu dari aplikasi ini, perlu juga mengunjungi pengaturan aplikasi dan memperbarui ke versi terbaru. Ini adalah langkah kecil namun penting. Hal yang sama berlaku jika router Anda menggunakan aplikasi asisten suara atau yang serupa.

Langkah 4: Ubah sandi Anda

Apakah Anda masih menggunakan kata sandi default untuk pengaturan router Anda? Karena Anda baru saja masuk ke kontrol administrator, Anda mungkin punya ide bagus. Kebanyakan dari kita salah karena menyimpan kata sandi default yang ditetapkan untuk semua hal administrator – karena jarang menggunakannya. Sayangnya, ini menyebabkan router lebih mudah diretas.

Itu berarti sekarang saat yang tepat untuk mengubah kata sandi default ke kata sandi kuat buatan Anda sendiri (dan kemudian menyimpannya di pengelola kata sandi). Alat administrator yang sama yang membantu Anda memperbarui firmware dapat membantu Anda mengubah kata sandi. Cari opsi untuk mengubah kata sandi atau informasi login.

Menyetel ulang router dari jarak jauh

Mungkin Anda tidak memiliki akses fisik ke router, atau router Anda berada di tempat yang kurang dapat diakses. Jangan khawatir, karena untuk banyak router, Anda dapat melakukan boot ulang dengan akses ke situs web yang benar. Anda perlu mengetahui alamat IP publik untuk router Anda - dan beberapa situs web dapat membantu. Kemudian telusuri alamat IP publik Anda, dan ini akan memberi akses ke laman administratif router Anda. Sekali lagi, informasi sandi dibutuhkan di sini.

Meskipun setiap merek router memiliki jenis situs yang berbeda, sebagian besar menawarkan opsi untuk me-reboot router dari jarak jauh. Cari situs untuk kata "reboot" atau lihat alat router Anda sampai menemukan opsi yang tepat.

Untuk diketahui, pastikan saat me-reboot / mengatur ulang, tidak sepenuhnya melakukan reset pabrikan. Untuk aplikasi router, khususnya, opsi reset sering kali merupakan reset pabrik, bukan reboot sederhana. Perhatikan baik-baik deskripsi sebelum memulai proses. Jika tidak, mungkin Anda terputus dari Wi-Fi saat router menghapus pengaturan kembali ke default.

Selain itu, meski kebanyakan orang menyetel ulang router untuk menyelesaikan masalah teknis, itu bukan satu-satunya alasan mengapa harus melakukannya. Router mirip dengan komputer yang hard reset mempromosikan perangkat yang sehat. Saat mengatur ulang router, Anda dapat mencegah upaya malware, dimana hal ini juga direkomendasikan oleh FBI. Reset router juga dapat menghapus memori, yang sangat penting ketika Anda memiliki beberapa perangkat atau router yang lebih lama.

Buat pengingat pemeliharaan dua bulanan untuk menyetel ulang router agar tidak lupa. Sehingga ketika muncul masalah pada koneksi internet Wi-Fi, Anda akan segera mengatasinya. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
mengatur ulang router,
#
tips reuter,
#
cara mengatur ulang router,
#
tips