MENU
icon label
image label
blacklogo

Mengembalikan File yang Terhapus

APR 04, 2019@11:25 WIB | 0 Views

Jika Anda pernah secara tidak sengaja menghapus file atau menghapus isi file, Anda tahu itu bisa sangat membuat frustrasi. Apalagi jika itu adalah sesuatu yang Anda kerjakan selama berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan. Untungnya, file terhapus mungkin bukan akhir dari dunia. Bahkan, dalam banyak kasus file tersebut bersembunyi dan dapat dengan mudah diambil kembali.

Lihat di Recycle Bin. Cukup klik dua kali pada Recycle Bin yang ada di desktop dan Anda dapat melihat semua yang ada di dalamnya. Apakah Anda menemukan apa yang telah terhapus? Cukup seret kembali ke desktop, dan Anda siap melakukannya. Jika tidak ada di Recycle Bin Anda, maka ada sejumlah hal lain yang dapat Anda coba untuk memulihkan file yang dihapus.

Dayakan Backup and Restore. Jika pernah atau sempat melakukan backup, Anda dapat memulihkan versi file yang lebih lama melalui layanan pemulihan dengan cadangan. Mungkin jeda antara terakhir melakukan backup dari saat file terhapus cukup jauh, tapi tetap lebih baik daripada kehilangan segalanya.

Untuk mengembalikan file atau folder penting yang hilang ketik Restore Files di kotak pencarian di Taskbar, lalu pilih Restore File dengan File History. Cari file yang Anda butuhkan, lalu gunakan panah untuk melihat semua versinya. Ketika menemukan versi yang Anda inginkan, pilih Restore untuk menyimpan di lokasi aslinya. Untuk menyimpannya di tempat yang berbeda, tekan dan tahan (atau klik kanan) Restore, pilih Restore To, lalu pilih lokasi baru.

Jika Anda tidak melakukan backup, segera lakukan sekarang. Apabila Anda menjalankan Windows 10, pilih tombol Start, pilih Settings> Update & Security> Backup> Tambahkan drive, lalu pilih drive eksternal atau lokasi jaringan untuk cadangan Anda.

Jika tidak memiliki cadangan dan file Anda tidak ada di Recycle Bin, Anda mungkin ingin mencoba salah satu dari banyak program pemulihan file yang ada, baik yang gratis atau komersial seperti Piriform Recuva atau Stellar Data Recover.

Opsi lain adalah Disk Drill. Program pemulihan yang awalnya dirancang untuk Macintosh ini sekarang tersedia untuk Windows juga. Disk Drill menawarkan bantuan untuk partisi hilang, memformat ulang hard drive, gagal bootup, penghapusan tidak disengaja, dan banyak lagi.

Kemungkinan lain untuk dipertimbangkan adalah mengecek apakah Anda sudah mengirim email file tersebut kepada siapa pun. Perlu juga memeriksa jikalau Anda menyimpan salinannya pada layanan berbasis Cloud seperti DropBox, iCloud , atau SkyDrive? Jika demikian, Anda mungkin dapat mengambil salinannya dari sana. Sekali lagi, bahkan jika Anda kehilangan perubahan terbaru, itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Tags :

#
delete files,
#
windows 10,
#
disk drill,
#
icloud