MENU
icon label
image label
blacklogo

Windows 10 Banyak Iklan? Begini Cara Mematikannya

JUL 23, 2018@19:00 WIB | 52,945 Views

(Windows 10 banyak disertai iklan)

Microsoft memberikan banyak update ke Windows 10. Namun, tahukah Anda, tak hanya update software dan fungsi saja yang diberikan. Microsoft juga menyisipkan banyak iklan dalam sistem operasi terbarunya ini. Ada beberapa tempat di mana Microsoft menyisipkan iklan. Ikuti langkah di bawha ini untuk mencegah iklan-iklan tersebut muncul.

(Iklan bisa menjadi sangat mengganggu jika tidak ditindak lebih lanjut)

Menghilangkan iklan di notifikasi

Iklan di notifikasi dapat ditemui dalam bentuk “suggestions”. Saran-saran tersebut akan memberitahu Anda mengenai fitur baru Windows, dan mendorong Anda untuk mengaksesnya.

Cara menghentikannya adalah dengan membuka Settings >> System >> Notifications. Dalam menu Notifications ini Anda akan menemui pilihan “Show me the Windows welcome experience after updates and occasionally when I sign in to highlight what’s new and suggested”, pilih OFF untuk memnghilangkan iklan di notifikasi.

Menghilangkan iklan di Start Menu

(Iklan yang terdapat dalam Start Menu)

Pernah menemui “Suggested apps” di Start Menu? Dapat dipastikan itu adalah iklan yang dipasang Microsoft dalam Windows 10. Anda bisa menonaktifkannya dengan membuka Setting >> Personalization >> Start. Selanjutnya udah “Occasionally showing suggestions in Start” ke posisi OFF.

Menghilangkan iklan di Lock Screen

(Iklan game di Lock Screen)

Windows 10 dibekali sebuah perangkat bernama Windows Spotlight. Perangkat inilah yang berperan menampilkan berbagai macam gambar ketika layar mengunci. Kebanyakan berupa wallpaper, namun tak jarang juga perangkat tersebut akan menampilkan iklan game atau film.

Buka Settings >> Personalization >> Lock Screen, kemudian atur background menjadi gambar atau slideshow.

Menghilangkan iklan dari Taskbar

Bukan hanya di menu start dan wallpaper yang jadi sasaran iklan di Windows 10. Iklan juga terdapat di Tasbar dengan nama “tips, tricks and suggestions”. Tips ini akan meminta Anda untuk mengunggah aplikasi alterbatif dari yang sudah Anda miliki.

Matikan tips tersebut dengan membuka Settings >> System >> Notifications & Actions. Selanjutnya nonaktifkan pilihan “Get tips, tricks and suggestions as you use Windows”.

Menghilangkan iklan dari File Explorer

(File Explorer pun berisi iklan)

Perlu diketahui, File Explorer juga tak luput disusupi iklan. Bagi Anda yang tidak terbiasa, hal ini akan sangat mengganggu. Untuk menghilangkan iklan tersebut, silakan buka menu View di File Explorer. Selanjutnya pilih Options >> View >> Show sync provider notifications. Nonaktifkan opsi tersebut dan iklan akan langsung menghilang.

Kehadiran iklan kadang kala sangat mengganggu, apabila jika sampai akhirnya mempersempit ruang pandang di layar ketika digunakan. Tidak ada salahnya Anda mematikan iklan tersebut untuk meningkatkan kenyamanan ketika menggunakan Windows 10. Selamat mencoba! [Trd/timBX]

Tags :

#
blacktips,
#
windows 10,
#
iklan,
#
microsoft