MENU
icon label
image label
blacklogo

Mengapa Negosiasi Efektif Butuh Keterampilan dan Mesti Dikuasai?

OCT 30, 2020@12:00 WIB | 174 Views

Bagi sebagian orang ketika mendengar kata ‘negosiasi’, mungkin yang terlintas adalah sosok yang membuat kesepakatan bisnis atau tawar menawar harga untuk suatu barang supaya dapat harga lebih rendah. Tapi jika menyadarinya, sebanarnya setiap orang cenderung bernegoisasi nyaris setiap hari dalam berbagai hal yang dilakukan masing-masing orang. Dengan menguasai keterampilan negosiasi bisa sangat bermanfaat di banyak bagian kehidupan.

Apa itu Negosiasi?

Negosiasi adalah metode yang digunakan orang untuk menyelesaikan perbedaan mereka. Ini adalah proses di mana kompromi atau kesepakatan dapat dicapai tanpa argumen atau perselisihan. Setiap kali dua orang atau pihak tidak setuju pada sesuatu, mereka hampir selalu mencari hasil terbaik untuk pihak mereka. Ini bisa dari perspektif individu atau seseorang yang mewakili sebuah organisasi.

Pada kenyataannya, sangat jarang satu sisi mendapatkan semua yang mereka inginkan dan sisi lain tidak mendapatkan apa pun yang mereka cari. Berusaha mencapai kesamaan di mana kedua belah pihak merasa seperti mereka mendapatkan sebagian besar dari apa yang mereka inginkan adalah kunci untuk sukses dan mempertahankan hubungan.

“Tempat” Negosiasi

Negosiasi nyaris terjadi di semua lini hidup manusia. Jika Anda belum yakin, mari simak hal berikut ini:

1. Pekerjaan / Bisnis

Yang ini adalah yang paling jelas dan itulah yang secara alami terlintas dalam pikiran ketika kita memikirkan kata "bernegosiasi". Ketika Anda pertama kali memulai pekerjaan saat ini, mungkin meminta gaji lebih tinggi. Bisa jadi Anda mengirimkan klien baru yang sangat besar ke perusahaan Anda dan menggunakan ini sebagai pengaruh dalam evaluasi terbaru Anda untuk mendapatkan lebih banyak kompensasi. Jika Anda bekerja dengan vendor (dan hampir semua perusahaan melakukannya), mungkin Anda mengerjakannya dengan harga lebih rendah atau persyaratan kontrak yang lebih baik.

2. Pribadi

Bagi sebagian orang, bernegosiasi bisa terjadi dengan pasangan sepanjang waktu. Suatu malam, saat hendak makan malam di luar, kedua belum pihak bisa beda keinginan mulai dari tempat, suasana, menu, dan jarak. Dalam hal lain kuduanya bisa bernegoisasi soal tabungan dan investasi atau berbisnis apa? Dan seterusnya, dan seterusnya, ada banyak hal yang dinegoisasi oleh sepasang manusia.

3. Diri kita sendiri

Setiak kita tentu tidak berharap hal-hal seperti ini terjadi dalam diri kita, yakni bernegoisasi dengan diri sendiri sepanjang hari. Itu aktifitas melelahkan, sangat melelahkan. Ada banyak pengalaman-yang masing-masing orang tentu pernah mengalaminya. Mulai soal apa yang dibeli ketika musim gajian. Apakah harus menabung saja atau mulai investasi. Pergi nongkrong atau di rumah saja. Bagi sebagian hal-hal seperti yang disebutkan tadi memerlukan negoisasi dalam diri.

Mengapa Keterampilan Negosiasi Sangat Penting

Keterampilan negosiasi itu penting karena kita semua berinteraksi dengan orang lain, bahkan juga organisasi dan kelompok orang lain. Selain itu, kita semua jarang menginginkan hal atau hasil yang sama. Seringkali vendor mencari cara agar Anda membayar harga lebih tinggi untuk sesuatu daripada yang ingin Anda belanjakan. Oleh karena itu, penting untuk bernegosiasi supaya ada jalan tengah yang bisa diterima kedua belah pihak.

Jika kita masing-masing hidup di planet sendiri, kita akan bebas melakukan apa saja yang kita inginkan. Kami tidak perlu berkompromi dengan siapa pun karena kami tidak akan berinteraksi dengan siapa pun. Kami akan membuat setiap pilihan secara sepihak seperti yang kami inginkan.

Seperti yang kita semua tahu, ini bukanlah bagaimana keadaannya. Kami terus berinteraksi dengan orang dan organisasi lain, masing-masing dengan agenda, sudut pandang, dan pendapat mereka sendiri. Karena itu, kami harus bisa bekerja sama. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
tips kerja,
#
tips negoisasi,
#
trik negoisasi,
#
tips