MENU
icon label
image label
blacklogo

Maksimalkan Keamanan iPhone dengan 5 Tips Berikut

AUG 21, 2020@14:30 WIB | 179 Views

Apakah Anda adalah salah satu pengguna iPhone? Bila ya, tentu sudah tak asing dengan sebutan iPhone sebagai platform yang sangat aman. Ini bukan hanya tentang kualitas, gaya, atau spesifikasi mumpuni, tapi lebih dari itu, iPhone sangat menjaga penggunanya. Jarang ada aplikasi abal yang berhasil masuk App Store dan Apple telah mencapai keseimbangan sempurna untuk menciptakan keamanan.

Meski demikian, ada beberapa trik yang wajib diketahui untuk mengatur keamanan di ponsel Anda. Berikut rangkumannya.

1. Pastikan Memiliki Kode Sandi yang Kuat

Ubahlah pandangan Anda tentang sandi 000000 atau 123456. Tentu Anda bisa lebih baik dari itu, bukan? Tips pertama adalah dengan  memiliki kode sandi yang kuat, dengan kombinasi dua pengaturan keamanan. Anda tinggal membuka Pengaturan dan pilih ID Wajah dan Kode Sandi. Masukkan kode sandi yang ada, lalu ketuk Opsi Kode Sandi untuk mendapatkan serangkaian opsi.

Ada beberapa pilihan di sana, seperti Kode Alfanumerik Kustom, yakni opsi yang paling aman. Berikutnya ada Kode Numerik Kustom, ini dengan tingkat keamanan kedua. Terakhir ada Kode Numerik 4 digit, kata sandi singkat yang tidak begitu direkomendasikan.

2. Kontrol Kebocoran Data

Kendalikan seberapa banyak informasi yang ingin Anda akses dari perangkat yang terkunci. Ketahuilah bahwa ada data dan informasi yang bocor dari ponsel ketika kita mengaktifkan fitur yang berhubungan dengan internet.

iOS 13 misalnya, memberi kontrol atas Today View, Notification Center, Control Center, Siri, Reply with Message, Home Control, Wallet, Return Missed Call dan USB Accessories. Dari banyak pilihan yang ada, usahakan untuk meminimalisir kontrol yang diaktifkan. Intinya, semakin Anda mengunci, perangkat dan data akan semakin aman.

3. Hindari Kata Sandi yang Sama

Jika Anda menggunakan iCloud Keychain untuk menyimpan kata sandi web, sebaiknya ubah itu sekarang juga. Hindari menggunakan kata sandi yang sama karena ini hanya memperlebar kemungkinan kebocoran data di banyak tempat sekaligus.

Buka Pengaturan > Kata Sandi & Akun > Kata Sandi Situs Web & Aplikasi dan autentikasi dengan Face ID / Touch ID atau kode sandi. Di sini, Anda akan melihat segitiga abu-abu dengan tanda seru di samping yang digunakan kembali. Oleh karena itu, ubahlah kata sandi dengan mengetuk Change Password di website.

4. Kurangi Waktu Kunci Otomatis

Semakin pendek Anda menyetel pengaturan batas waktu layar kunci di ponsel Anda, semakin cepat tampilan perangkat memerlukan otentikasi untuk digunakan. Dari pilihan ’30 detik’ sampai ‘tidak pernah’, pilihlah waktu yang sesuai dengan kebutuhan. Yang terpenting dari semua adalah jangan gunakan pilihan ‘tidak pernah’ untuk batas waktu kunci ponsel.

5. Sembunyikan Notifikasi

Terakhir, usahakan untuk menyembunyikan notifikasi ketika ponsel dalam keadaan terkunci. Ini adalah langkah kecil yang dapat menjaga keamanan data. Buka menu Pengaturan, pilih Show Previews dan pilih When Unlocked.

Selain 5 tips di atas, Anda juga sebaiknya menghindari sambungan otomatis ke hotspot. Dengan demikian Anda telah mengubah ponsel Anda menjadi benteng yang super aman. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
tips iphone,
#
tips keamanan iphone,
#
tips keamanan ios 13,
#
ios 13