MENU
icon label
image label
blacklogo

6 Fakta Unik iPhone 12 yang Belum Banyak Diketahui

APR 12, 2021@17:00 WIB | 190 Views

iPhone masih menjadi ponsel yang paling diminati. Kemunculan iPhone 12 memiliki beberapa fitur yang mungkin belum banyak diketahui.

Sebuah hal menarik yang muncul ketika mendapatkan iPhone 12 sebagai gadget baru. Namun, apakah kita menggunakan iPhone hingga kapasitas maksimalnya? Di luar aplikasi biasa dan fitur dasar yang dimiliki ponsel, ada beberapa tip dan trik yang dimiliki di bawahi yang mungkin membantu kita menjadi lebih efisien dengan penggunaan ponsel cerdas.

Tapping aksesibilitas

Di bawah Pengaturan telepon, buka Aksesibilitas lalu Sentuh. Gulir ke bawah sampai melihat Back Tap. Di sini, kita dapat menyesuaikan apa yang dapat dilakukan dengan mengetuk dua kali atau tiga kali di bagian belakang iPhone. Pilih dari berbagai tindakan termasuk App Switcher (beralih antar aplikasi), Lock Screen, Screenshot, AssistiveTouch, Speak Screen, dan banyak lagi. Ini dirancang bagi mereka yang memiliki masalah aksesibilitas untuk lebih mudah mengakses tindakan hanya dengan mengetuk bagian belakang iPhone 12 mereka.

Kontak mata palsu di Facetime

Jika kita tidak ingin ketahuan menatap wajah sendiri saat melakukan Facetiming pada seseorang, sebenarnya kita dapat "memalsukan" kontak mata dengan fitur bagus di iPhone 12. Buka Pengaturan, lalu Facetime, dan Kontak Mata. Hal ini akan membuat nampaknya seolah-olah kita sedang melihat langsung ke kamera. Pada dasarnya "melakukan kontak mata" dengan orang yang dihadapi. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk aplikasi Facetime.

Perhatikan saat kamera atau mikrofon digunakan

Jika terus-menerus menggunakan iPhone 12 untuk konferensi video seperti Zoom, Google Meet, atau Microsoft Teams, fitur ini akan menghilangkan ketakutan tentang apakah video atau mikrofon yang sedang digunakan atau tidak. Setelah melakukan memperbarui ke iOS 14, lampu hijau di bagian atas ponsel di sisi kanan kamera depan akan menunjukkan bahwa aplikasi menggunakan kamera atau kamera dan mikrofon. Lampu oranye berarti aplikasi menggunakan mikrofon.

Edit layar beranda

Kita nggak berbicara tentang widget yang benar-benar dapat menghapus layar utama sepenuhnya dari iPhone jika kita ingin membuatnya tetap minimal dan tidak berantakan.

Ketika melakukan itu, tekan dan tahan layar beranda. Setelah itu, batalkan pilihan tanda centang dari layar yang ingin dihapus dari rumah. Aplikasi tidak akan terhapus atau hilang - kita masih dapat menemukannya di Perpustakaan Aplikasi. Tidak hanya itu, kita dapat memulihkan layar seperti sebelumnya hanya dengan mengulangi proses dan mencentang layar sekali lagi.

Geser untuk menggunakan kamera

Ini bukanlah fitur baru, tetapi adalah salah satu yang paling masih asing. Tahukah kamu bahwa kita tidak perlu membuka kunci iPhone untuk mengakses kamera? Cukup ketuk untuk membangunkan, dan saat masih dalam mode terkunci, kita dapat menggeser ke kiri atau menekan dan menahan tombol kamera di kanan bawah untuk menggunakan aplikasi Kamera.

Kemudahan ini sangat berguna jika kita memberikan ponsel kepada orang lain untuk mengambil foto, atau kita ingin membuka kamera tanpa membuka kunci ponsel dengan kode sandi. Apabila  ponsel secara teknis masih terkunci, maka kita tidak akan dapat mengakses galeri foto untuk melihat foto lain - hanya foto yang baru saja diambil.

Sesuaikan Smart Stack pada Widget

Widget adalah sesuatu dengan iOS baru. Apakah kita pernah menjelajahinya dan mencoba widget Smart Stack? Smart Stack adalah widget favorit karena memungkinkan untuk menggesek beberapa aplikasi dalam satu widget di layar beranda. Kita dapat mengaturnya untuk memutar secara otomatis atau secara manual menggeseknya. Untuk membuat Smart Stack pribadi sendiri, cukup seret dan lepas widget aplikasi satu sama lain, seperti cara menambahkan aplikasi ke dalam satu folder yang ditentukan. [dev/asl/timBX]

Tags :

#
tips iphone 12,
#
iphone 12,
#
trik iphone 12

RELATED ARTICLE