MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Memeriksa Penggunaan Data Pada iPhone atau iPad

MAR 26, 2021@12:30 WIB | 139 Views

Jika Anda salah satu orang yang selalu khawatir tentang berapa banyak data yang digunakan di iPhone atau perangkat iOS lainnya, ada kabar untuk Anda.

Dalam versi terbaru sistem operasi Apple, termasuk iOS 13, Apple semakin memudahkan pengguna yang terobsesi dengan penggunaan data dan Anda bisa mengambil langkah-langkah untuk menguranginya.

Berikut ini adalah cara untuk memeriksa penggunaan data di iPhone kapanpun Anda mau dengan proses yang cepat, serta cara untuk membatasi penggunaan data Anda.

Memeriksa penggunaan data:

- Nyalakan iPhone Anda dan buka aplikasi Settings

- Pada bagian Settings, cari opsi yang bertuliskan Cellular dan tap. Pada beberapa perangkat iOS lainnya, pilihan ini bisa bertuliskan Mobile Data atau Cellular Data. Saat bagian lain terbuka, scroll ke bawah dan tap bagian Cellular Data atau Use Data For.

- Amati dengan tepat berapa banyak data yang digunakan ponsel Anda pada bulan ini atau periode pembayaran.

Beberapa informasi di bagian ini mungkin berbeda menurut operator Anda. Namun, sebagian besar operator menyediaan bagian di atas yang disebut Current Period atau This Billing Period. Banyak operator yang menyertakan bagian yang disebut Current Roaming Period, pelacak terpisah dari semua data roaming yang digunakan, karena keduanya seringkali dikenakan biaya dengan tarif berbeda. Jika Anda tidak melihat informasi apapun tentang data yang digunakan dalam periode saat ini, hubungi operator Anda atau masuk ke situs web dan cari informasi yang lebih spesifik.

Jika Anda scroll ke bagian bawah, Anda akan melihat daftar semua aplikasi iPhone yang saat ini Anda gunakan. Setiap aplikasi menyertakan informasi tentang berapa banyak data yang telah digunakan. Sebelum iOS 12, aplikasi diurutkan menurut abjad, tetapi sekarang dicantumkan berdasarkan penggunaan, dengan aplikasi yang menggunakan data paling banyak di bagian atas.

Dalam daftar tersebut, Anda juga akan melihat bagian System Services. Jika Anda mengetuk bagian ini, Anda akan melihat semua layanan paling dasar di iPhone Anda dan berapa banyak data yang mereka gunakan. Ini adalah jumlah data yang harus digunakan ponsel Anda untuk menyediakan layanan komunikasi.

Menyimpan Data Saat Digunakan Terlalu Banyak:

- Aktifkan Mode Low Data

Sejak iOS 13, iPhone dan iPad telah dapat beralih ke mode data rendah yang mengubah sejumlah pengaturan untuk membantu menghemat data dan menghindari batas pemakaian. Untuk mengaksesnya, buka Settings, pilih Cellular, lalu pilih Cellular Data Options. Anda akan melihat opsi Low Data Mode yang bisa diaktifkan. Jika Anda menggunakan 5G, Anda harus memilih kategori Mode Data terlebih dahulu.

Mode data rendah bekerja berbeda berdasarkan operator dan aplikasi yang Anda gunakan, tetapi secara menyeluruh dapat diaktifkan dengan langkah-langkah diatas.

- Nonaktifkan Data pada Aplikasi

Pada daftar aplikasi di bagian Cellular, Anda dapat membuka dan menonaktifkan aplikasi yang jarang digunakan tapi tetap menggunakan data sehingga memblokir aplikasi tersebut menggunakan data ponsel Anda. ini adalah cara yang baik untuk menghemat beberapa data sambil tetap memungkinkan layanan penting berfungsi. Satu-satunya aplikasi yang tidak dapat diubah adalah System Services.

Anda juga bisa menonaktifkan Background App Refresh untuk menghemat data:

1. Buka Settings, dan pilih General

2. Scroll untuk menemukan Background App Refresh di bawah iPhone Storage, lalu tap

3. Lalu pilih Background App Refresh pada bagian atas. Kemudian akan keluar beberapa opsi Off, Wi-Fi, dan Wi-Fi & Cellular Data. Jika Anda masih memilih pilihan ketiga, lebih baik diganti menjadi Wi-Fi. Dengan cara ini, aplikasi hanya akan di-refresh jika iPhone/iPad Anda terhubung dengan Wi-Fi dan tidak menggunakan data.

- Matikan Unduhan Otomatis

iOS memiliki fitur yang akan secara otomatis mengunduh konten yang Anda beli di satu perangkat, seperti aplikasi, lagu, e-book, dan lainnya ke semua perangkat iOS di akun Anda. Ini menjadi masalah jika Anda membeli paket konten besar di iPad saat Anda menggunakan Wi-Fi, dan iPhone Anda mulai mengunduhnya saat menggunakan paket data. Untuk mencegahnya Anda bisa lakukan

1. Buka Settings, pilih iTunes & App Stores

2. Cari opsi yang bertuliskan Use Cellular Data, pastikan sudah dimatikan

3. Sebaiknya periksa juga perangkat lain yang Anda gunakan dengan akun yang sama

- Matikan Data

Pada bagian atas Mobile Data atau Cellular, Anda akan melihat label Cellular Data dengan tombol hijau ke Off yang dapat mematikan koneksi data Anda. Operator yang berbeda mungkin menawarkan opsi tambahan.

- Layanan Data Tambahan

Banyak operator yang menawarkan opsi untuk beralih dari LTE, VoLTE atau 4G ke 3G, yang dapat membantu menghemat data, dan memilih jenis koneksi jaringan yang Anda inginkan untuk layanan suara dan data tertentu. Mengalihkan layanan panggilan ke 3G dapat menghemat data jika Anda melakukan banyak panggilan, atau bisa mengaktifkan panggilan Wi-Fi.

- Mematikan Bantuan Wi-Fi

Bantuan Wi-Fi dapat membantu dalam keadaan tertentu, tetapi Anda mungkin ingin itu dimatikan jika Anda mencoba untuk menghemat data. Untuk perangkat seluler, yang memilikinya, Wi-Fi Assist secara otomatis beralih ke data seluler saat Wi-Fi tidak dapat menangani pemuatan halaman web, atau adanya masalah jaringan. Jika Anda memberikan layanan data aktif, cari Wi-Fi Assist di bagian Cellular pada Settings, dan matikan.

Download Aplikasi

Anda bisa menggunakan pihak ketiga (aplikasi lain) untuk memantau dan mengontrol penggunaan data Anda.

- My Data Manager (App Store)

Aplikasi ini membantu anda melindungi privasi online dan mengontrol penggunaan data seluler Anda secara bersamaan. Aplikasi memiliki beberapa fitur yang berfungsi untuk melindungi lalu lintas internet Anda melalui VPN, mengenkripsi data Anda, dan melacak penggunaan data oleh aplikasi sehingga bisa melihat aplikasi mana yang menggunakan data Anda. Selain itu juga bisa menjadwalkan peringatan sebelum Anda mencapai batas pemakaian data. Melalui aplikasi ini Anda dapat menghindari biaya tambahan dan mengatur paket data bersama keluarga untuk melacak penggunaan data untuk seluruh rumah tangga.

- Traffic Monitor (App Store)

Aplikasi ini dapat mengevaluasi penggunaan data berdasarkan rencana Anda. Terdapat fitur yang memungkinkan pengguna untuk menentukan tanggal tagihan dan memantau bagaimana data digunakan. Anda juga mendapatkan peringatan jika akan mencapai batas akhir pemakaian. Layanan paling bermanfaat adalah pengujian, pemantauan, dan pencatatan kecepatan koneksi internet Anda.

Memahami penggunaan data sangatlah berguna. Anda dapat mencegah diri Anda agar tidak terjerumus ke biaya yang berlebihan akibat penggunaan data yang terlalu banyak. [geo/asl/timBX]

Tags :

#
cara memeriksa penggunaan data,
#
tips penggunaan data iphone,
#
tips penggunaan data ipad

RELATED ARTICLE