MENU
icon label
image label
blacklogo

Kenali Cara Kontrol Lokasi Anda dengan Aplikasi Menarik di iOS dan Android

FEB 28, 2021@13:00 WIB | 207 Views

Internet menjadi salah satu hal yang mungkin meresahkan karena seringkali kita tidak memiliki ruang privasi. Dengan menyalakan paket data di ponsel kita, secara mudah langkah kita dapat terdeteksi sehingga seolah-seolah ada sesuatu yang mengikuti kita sepanjang hari.

Apalagi saat mengunjungi tempat  pada durasi masa tinggal tertentu dapat menciptakan sebuah rute yang  merekam segala kegiatan langkah kita.Hal ini bisa terjadi karena ponsel yang digunakan mendeteksi keberadaan kita.

Meskipun itu secara tidak langsung terjadi jika kita sering melakukan share location atau mengaktifkan GPS, sebenarnya hal ini dapat dihentikan. Ada beberapa aplikasi yang digunakan untuk mengumpulkan informasi lokasi kemudian pelajari cara mengontrol bawaan ponsel sehingga dapat membatasi berbagi hidup dengan orang asing.

Walaupun terlihat prosesnya cukup sederhana dan cepat, tapi tidak semudah kenyataannya. Kita hanya perlu melakukan dengan maksimal apa yang bisa diusahakan.

Berikut cara untuk mengontrol aplikasi mana yang dapat mengakses lokasi di IOS dan Android:

Memang tidak selalu, tapi kadangkala kita perlu menerima akses lokasi dan tidak.

Contohnya, berbagi lokasi dengan aplikasi pemetaan menjadi ide yang menarik ketika kita membutuhkan informasi mengenai petunjuk arah belokan demi belokan. Selain itu, berbagi lokasi dengan aplikasi kamera dapat digunakan untuk membantu mengingat suatu tempat. Layanan lokasi berguna untuk menemukan perangkatmu hilang , salah tempat atau dicuri.

Tidak hanya itu, ada beberapa aplikasi yang dilokalk an seperti berita dan restoran untuk melacak keberadaaan dan memberikan kita arah yang jelas.

Sedangkan untuk IOS ada beberapa opsi yang memungkinkan berbagi lokasi pada suatu aplikasi. DI IOS 14 biasanya akan muncul perintah seperti jangan pernah, tanya lain kali, saat menggunakan aplikasi dan selalu. Beda halnya dengan IOS 13 berisi perintah sebagai berikut izinkan saat menggunakan apliksi, izinkan sekali dan jangan izinkan.

Tapi jika kita menggunakan IOS 13 atau yang lebih baru, maka ada kemungkinan pemberitahuan tentang kapan aplikasi mendeteksi lokasi di latar belakang dan berapa kali sudah mengakses lokasi, peta dan penjelasan aplikasi menggunakannya.

Mematikan Layanan Lokasi

Benar adanya beberapa aplikasi memang dibutuhkan untuk mengakses lokasi, sehingga perlu memberikan pengaturan khusus. Ini beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1) Ketuk untuk membuka aplikasi pengaturan;

2) Gulir kebawah dan ketuk privasi;

3) Ketik layanan lokasi untuk mematikan fitur;

4) Ketuk Toggle di sebelah lokasi untuk mematikan fitur.

Nah, mudah bukan cara mempraktikkannya. Tunggu apa lagi, segera dicoba BlackPals! [dev/asl/timBX]

Tags :

#
cara kontrol lokasi andoid,
#
cara kontrol lokasi ios,
#
tips