MENU
icon label
image label
blacklogo

Kenali 8 Tanda Ponsel yang Disusupi Malware

JUL 29, 2020@16:30 WIB | 173 Views

Maraknya penggunaan teknologi ternyata berbanding lurus dengan banyak malware yang berusaha memblokir akses atau mencuri data pribadi pengguna. Cara malware masuk ke sistem pun semakin mudah, berkat aplikasi berkedok pembersih perangkat padahal menjadi racun, sampah, atau bahkan virus tertentu.

Misalnya aplikasi Ads Blocker, yang diklaim berguna untuk mengurangi iklan seluler yang terkadang muncul menutupi layar ketika sedang mengakses sesuatu. Faktanya, Ads Blocker salah satu malware yang malah menayangkan lebih banyak iklan.

Ini hanyalah salah satu dari sekian banyak malware yang bertebaran tepat di cloud dan siap mengacaukan ponsel. Malware ini umumnya menampilkan sederetan iklan yang telah dibayar oleh pembuatnya, untuk menjalankan trik pemasaran negatif. Malware juga sering memanen klik palsu pada iklan, yang menggandakan nilai bagi pembuatnya.

“Mereka menghasilkan uang. Itulah nama permainannya” kata Nathan Collier, peneliti di perusahaan keamanan internet, Malwarebytes, yang membantu mengidentifikasi dan memblokir iklan palsu.

Dengan cerdiknya pembuat Malware menyusup ke sistem perangkat, Anda pun harus jeli melihat tanda-tanda untuk mengidentifikasi.

Pertama, ponsel menjadi lambat. Bila biasanya Anda dapat menjalankan beberapa perintah dan membuka beberapa jendela sekaligus, namun tiba-tiba ponsel jadi lebih lambat menjalankan perintah, maka Anda perlu waspada. Mungkin malware menggunakan sumber daya telepon yang menyebabkan lambatnya perintah sistem.

Kedua, baterai ponsel terkuras lebih cepat. Ini adalah tanda paling signifikan dari serangan malware. Sudah jelas ada aplikasi tersembunyi yang diam-diam menggunakan sumber daya perangkat Anda.

Ketiga, terdapat aplikasi yang tidak dikenal di ponsel Anda. Sebaiknya Anda rutin melakukan pengecekan, karena bisa dipastikan aplikasi tak dikenal tersebut adalah aplikasi berbahaya.

Keempat, terjadi lonjakan penggunaan data. Ini merupakan tanda yang disebabkan oleh spyware, yang menggunakan data ponsel untuk mentransfer informasi yang dikumpulkan.

Kelima, Anda akan melihat iklan terus-menerus, apapun aplikasinya. Bahkan iklan tetap muncul saat browser telah ditutup. Itu artinya ponsel disusupi Adware, malware yang menjadi dalang pop-up.

Keenam, peningkatan tagihan telepon. Ini karena beberapa malware sengaja mengirimkan pesan spam premium dari ponsel Anda, dan menguras tagihan atau pulsa di perangkat.

Ketujuh, ponsel terlalu panas. Panasnya ponsel saat Anda terus menggunakannya untuk menonton video atau bermain game adalah hal yang wajar. Tetapi, bila Anda bukan pengguna aktif dan ponsel mengalami overheating, maka ada malware yang bekerja aktif di dalam perangkat tanpa Anda ketahui.

Tanda terakhir adalah bentrok antar aplikasi. Anda dapat melihatnya ketika suatu aplikasi mogok secara berkala dan tidak dapat diperbarui. Karena itu, hati-hati ketika hendak menginstal sesuatu. Baca ulasan yang dapat dipercaya dan hindari menginstal terlalu banyak aplikasi. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
malware,
#
serangan siber,
#
tips,
#
keamanan siber