MENU
icon label
image label
blacklogo

Ingin Memulihkan Email yang Dihapus di Gmail? Ini Caranya

FEB 08, 2021@14:00 WIB | 128 Views

Memiliki email sudah menjadi kebutuhan di era di gigital. Bagi sejumlah penggunanya bisa menerima banyak email masuk setiap hari. Salah satu cara mengelola email masuk ialah menggunakan fitur label guna memudahkan mencari email tertentu sesuai kategori. Selain itu bisa juga dengan menghapus email yang dikira sudah tidak perlukan. Namun demikin kadangkala saat melakukan penghapusan tanpa sengaja menghapus email yang tidak ingin dihapus.  

Pertama kali mengalami mungkin kaget karena email yang diperlukan terhapus tanpa sengaja. Tentu ini bukan mesalah besar, khususnya jiga menggunakan Gmail. Jadi, para pengguna yang ingin mengembalikan email terhapus tanpa sengaja di Gmail bisa menggunakan cara berikut ini.

Memulihan Email yang Dihapus di Gmail

Salah satu nilai tambah dari Gmail ialah adanya pilihan cara memulihkan email yang dihapus. Nampaknya Google menyadari bahwa pengguna terkadang tak selalu bermaksud untuk menghapus email mereka dan telah memperkenalkan beberapa metode untuk memulihkannya. Ini termasuk mengurungkan tindakan penghapusan dan memulihkannya dari sampah, dan yang terakhir, hubungi Google dengan harapan mereka dapat membantu.

Urungkan Email yang Dihapus

Setiap kali menghapus email di Gmail, pengguna akan mendapat pemberitahuan kecil muncul di pojok kiri bawah Gmail yang bertuliskan "Conversation moved to Trash" dengan tombol bertuliskan "Undo/Urungkan". Klik "Undo" dan ini akan memindahkan email kembali ke kotak masuk Anda atau folder mana pun tempat asalnya disimpan.

Perhatikan bahwa fitur Urungkan ini hanya berlangsung beberapa detik, jadi Anda harus bergerak cepat untuk memulihkannya dan membatalkan tindakan Anda. Jika Anda melewatkan jendelanya, jangan khawatir dan lanjutkan saja ke langkah-langkah di bawah ini.

Memulihkan Email yang Dihapus Dari Sampah

Google biasanya menyimpan email yang dihapus di folder Sampah selama 30 hari sejak dihapus. Artinya pengguna masih memiliki waktu satu bulan untuk melihat lagi atau memulihkannya dan mengembalikannya ke kotak masuk. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Klik Trash yang terletak di sidebar sebelah kiri Gmail

2. Cari email yang ingin dipulihkan

3. Klik kanan email dan pilih "Pindah ke kotak masuk" (Anda juga dapat memilih beberapa email sekaligus jika ingin memulihkan secara massal)

4. Email tersebut sekarang akan dikembalikan ke kotak masuk Gmail Anda

Minta Bantuan Google

Bagaimana jika Anda menghapus email dan sudah lebih dari 30 hari? Artinya, folder tersebut seharusnya sudah "secara permanen" dihapus dari folder Sampah. Jika itu terjadi, Anda tidak bisa melakukan apapun, kecuali jika Anda memiliki akun G Suite, Anda masih bisa menghubungi admin IT Anda yang sebenarnya memiliki 25 hari tambahan untuk memulihkan email yang dihapus secara permanen.

Kendati demikian, bagi yang memiliki akun Google dan Gmail biasa, ada metode terakhir untuk memulihkan email yang terhapus, yakni meminta bantuan Google. Google memiliki formulir pemulihan "email hilang" yang dapat diisi.

Tidak ada jaminan bahwa Google akan memenuhi permintaan Anda karena tampaknya lebih pada contoh di mana email Anda mungkin telah diretas dan orang lain menghapus kontennya, tetapi seperti yang kami katakan, ini adalah upaya terakhir yang layak untuk dicoba jika semua cara lainnya gagal. [asl/timBX]

Tags :

#
cara memulihkan email terhapus,
#
tips pulihkan email dihapus,
#
tips gmail,
#
tips email