MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Memfilter Email di Gmail

NOV 09, 2020@10:30 WIB | 121 Views

Kami mendapatkan banyak email setiap hari, dan terkadang email penting bisa hilang dalam prosesnya. Karena terlalu banyak email maka Anda bisa kehilangan satu atau dua email. Hal ini dapat menimbulkan konsekuensi negatif, seperti tagihan yang Anda lupa bayar karena Anda melewatkan fakturnya, atau anggota keluarga atau teman yang meminta balasan mendesak, tetapi email mereka hilang begitu saja.

Untungnya, Gmail memiliki kemampuan bagi pengguna untuk memfilter email mereka, yang dapat menjadi alat yang sangat kuat jika Anda ingin mengontrol email Anda dan mempelajari cara memprioritaskannya, menetapkan kepentingannya, dan sebagainya. Jika Anda tidak terbiasa dengan cara memfilter email Gmail, Anda telah datang ke tempat yang tepat, jadi mari kita selesaikan.

Cara Membuat Filter Email Di Gmail

Jika Anda tidak yakin apa fungsi filter, pada dasarnya filter memfilter email berdasarkan apa yang Anda perintahkan untuk diwaspadai dan menerapkan hal-hal seperti label, mengarsipkannya secara otomatis, menghapusnya, meneruskannya secara otomatis, dan sebagainya. Semakin tepat parameter Anda, semakin mudah Gmail memfilter email untuk Anda, tetapi pada saat yang sama, menggunakan parameter yang lebih luas juga dapat mempermudah penerapan filter secara massal.

Misalnya, jika ada orang tertentu yang ingin Anda filter emailnya, ada baiknya Anda mengetikkan alamat email lengkap orang tersebut. Jika ada email dari perusahaan listrik, mungkin mengetik nama perusahaan sudah cukup karena perusahaan terkadang mengirim email menggunakan alamat yang berbeda.

1. Buka Gmail Anda dan klik ikon roda gigi yang terletak di sisi kanan halaman

2. Klik Lihat semua pengaturan

3. Klik pada tab Filter dan Alamat yang Diblokir

4. Gulir ke bawah dan klik Buat filter baru

5. Ketik parameter yang Anda inginkan lalu klik Buat Filter

6. Pilih apa yang Anda ingin Gmail lakukan saat mendeteksi email berdasarkan parameter Anda

7. Jika Anda ingin menerapkannya ke email yang ada, Anda dapat mencentang kotak "Terapkan juga filter"

8. Klik Buat Filter setelah Anda selesai

9. Ulangi langkah-langkah di atas untuk membuat dan menerapkan filter tambahan

Cara Memfilter Email Belum Dibaca Di Gmail

Langkah-langkah di atas akan membantu Anda memfilter email dari alamat atau email tertentu yang berisi kata kunci atau frasa tertentu, tetapi bagaimana jika Anda ingin memfilter email yang belum Anda baca? Mengingat terkadang Anda dapat melewatkan email tertentu karena menurut Anda itu tidak terlalu penting (belum), maka daftar email Anda akan berisi campuran email yang telah dibaca dan belum.

1. Klik pada bilah pencarian di bagian atas Gmail

2. Ketik "is: unread" untuk menampilkan semua email yang belum dibaca

3. Jika Anda ingin mengabaikan email promosi atau sosial yang belum dibaca, ketik "kategori: utama adalah: belum dibaca"

4. Tekan enter dan Anda akan melihat semua email yang belum dibaca

5. Anda dapat mengklik pengaturan tambahan di bawah ini untuk melihat email yang belum dibaca berdasarkan tanggal, jika ada lampiran, dan sebagainya. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
cara memfilter email,
#
tips gmail

RELATED ARTICLE