MENU
icon label
image label
blacklogo

Hindari Spam dengan Email Sekali Pakai

JAN 25, 2021@18:00 WIB | 195 Views

Memerangi spam adalah perjuangan tanpa akhir. Menjadi sangat menjengkelkan ketika Anda mengunjungi situs tertentu yang memaksa meninggalkan email pribadi, yang berujung spam. Ini memang keadaan yang tak terhindarkan, namun selalu ada cara untuk menyiasatinya. Salah satu cara yang paling mudah dan ampuh, adalah dengan membuat email sekali pakai.

Terdapat beberapa opsi untuk mendaftarkan email sementara, seperti Mail Burner, Mailinator, Mailsac, 10 Minute Mail, Maildrop dan lainnya. Sebagai contoh, kita akan membahas menggunakan Mail Burner.

Pertama, navigasikan ke situs Burner Mail. Ini akan menambahkan ikon Burner Mail ke kanan atas jendela browser dan mengaktifkan layanan saat Anda menjelajahi web. Anda mungkin perlu masuk ke akun Google selama proses ini.

Kedua, saat menemukan bidang email yang harus diisi, arahkan kursor ke atasnya dan Anda akan melihat ikon Burner Mail dan email sekali pakai yang telah dibuat secara otomatis. Pilih itu, dan email akan dibuat dan dimasukkan ke dalam bidang. Email ini nantinya akan meneruskan email ke akun Gmail Anda selama diinginkan, tetapi tetap menjaga semua keamanan informasi di email Anda sendiri.

Ketiga, jika Anda mendapatkan email yang tidak diinginkan atau spam, pilih ikon Burn Email dan lihat semua alamat email yangt telah Anda buat. Akan tampak tombol on/off yang menunjukkan opsi Block Sender saat Anda mengarahkan kursor ke atasnya. Matikan alamat email yang dimaksud untuk memblokir semua email. Tenang, Anda dapat mengaktifkannya lagi jika perlu.

Di sini, Anda dapat memiliki lima alamat sekaligus dengan akun gratis. Sementara untuk versi berbayar, Anda mendapatkan hingga 30 alamat.

Keempat, Jika ingin menghindari mengungkapkan email awal yang Anda gunakan, Anda dapat menggunakan proses yang sama untuk menanggapi semua email menggunakan alamat yang ditetapkan secara otomatis.

Selain cara di atas, Anda juga dapat menghindari email spam di Gmail. Faktanya, ada saja pengguna yang merasa membuat alamat baru cukup merepotkan. Bila Anda salah satunya, alternatif ini layak dicoba.

Pertama, ketika mengunjungi situs yang mengharuskan Anda memasukkan alamat email, maka ketik seperti biasa tetapi diakhiri dengan tag tertentu. Misalnya +unwanted.gmail.com. Sehingga ketika menerima email dari layanan itu, nama tambahan ini akan melekat padanya sehingga akan langsung dihilangkan atau diblokir.

Kedua, setelah selesai menerima email ke alamat tertentu, Anda dapat mengatur filter Gmail untuk memastikan automatisasi penghapusan email yang masuk. Ketik tag khusus di kotak pencarian atas dan klik tanda panah di sisi kanan. Lalu letakkan tag tersebut ke dalam bagian From dan klik Create Filter.

Ketiga, centang kotak Delete It dan klik Create Filter. Pada ahirnya Anda tidak akan lagi melihat email apapun masuk ke alamat khusus tersebut.

Demikian langkah-langkah yang dapat Blackpals terapkan, selamat mempraktikkan…[yub/asl/timBX]

Tags :

#
spam email,
#
tips hilangkan spam email,
#
tips