MENU
icon label
image label
blacklogo

Google Upgrade Sistem Keamanannya di Chrome

OCT 08, 2020@10:00 WIB | 101 Views

Google menghadirkan pembaharuan pada sistem keamanannya, yakni meningkatkan pada keamanan sandi dan fitur keamanan lainnya di aplikasi browser Chrome untuk perangkat Android dan iOS. Dengan adanya pembaruan ini, browser akan memperingatkan Anda jika salah satu sandi yang Anda minta untuk disimpan telah disusupi, dan mengarahkan Anda langsung ke jendela form 'ubah sandi' yang benar. Chrome mengirimkan salinan nama pengguna dan sandi Anda ke Google menggunakan bentuk enkripsi khusus - ini memungkinkan Google memeriksanya terhadap daftar kredensial yang diketahui telah disusupi, tanpa mendapatkan nama pengguna atau sandi Anda.

Raksasa teknologi itu telah menambahkan dukungan untuk standar Web yang memungkinkan situs web mengumumkan URL perubahan kata sandi untuk memudahkan akses. Penggunaan standar ini akan memungkinkan aplikasi browser Chrome bisa membawa pengguna langsung ke halaman web yang tepat untuk mengubah kata sandi setelah memperingatkan bahwa ada yang telah disusupi dalam data.

Google juga akan memperkenalkan beberapa fitur lain di Chrome 86 yang diluncurkan sekarang ini, untuk meningkatkan keamanan pengguna. Ini juga akan meluncurkan Penjelajahan Aman yang Ditingkatkan untuk Android, di mana Chrome dapat melindungi Anda dari phishing, malware, dan situs berbahaya lainnya, dengan berbagi data waktu nyata dengan Layanan Penjelajahan Aman Google. Ya, Google telah merilis Enhanced Safe Browsing untuk desktop awal tahun ini, dan mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa perlindungan phishing prediktifnya telah mengalami penurunan sekitar 20 persen pada pengguna yang mengetikkan sandi mereka ke situs phishing.

Selain itu, Google Chrome juga memperkenalkan langkah otentikasi biometrik sebelum mengisi otomatis kata sandi untuk iOS. Anda dapat mengotentikasi menggunakan ID Wajah (FaceID), ID Sentuh (TouchID) , atau kode sandi telepon Anda. Dan bila Anda mengaktifkan IsiOtomatis Chrome di Pengaturan, Pengelola Kata Sandi Chrome akan memungkinkan Anda untuk mengisi otomatis sandi yang disimpan ke dalam aplikasi atau browser iOS.

Chrome 86 akan menghadirkan ' mixed form warnings (peringatan bentuk campuran)' di Android untuk memperingatkan dan memperingatkan pengguna sebelum mengirimkan form tidak aman yang disematkan di halaman HTTPS. Halaman-halaman ini dapat menimbulkan risiko keamanan bagi pengguna dengan menawarkan download melalui link yang tidak aman atau menggunakan formulir yang tidak mengirimkan data dengan aman. Ini juga akan memblokir atau memperingatkan pada beberapa unduhan tidak aman yang dimulai oleh halaman aman. Dan ini merupakan bagian dari rencana Google Chrome untuk memblokir unduhan campuran secara bertahap.

Pada rilis berikutnya, Chrome dikabarkan akan menghadirkan sistem Pemeriksaan Keamanan ke Android dan iOS. Ini termasuk memeriksa sandi yang disusupi, memberi tahu Anda jika Penjelajahan Aman telah diaktifkan, dan apakah versi Chrome yang Anda jalankan diperbarui dengan perlindungan keamanan terbaru. Bahkan Anda juga akan dapat menggunakan Chrome di iOS untuk mengisi otomatis detail login yang disimpan pada aplikasi atau browser lainnya. [inn/asl/timBX]

Tags :

#
sistem keamanan google,
#
sistem keamanan chrome,
#
android,
#
ios