MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Menonaktifkan Autocorrect Pada iPhone dan Android

JUL 26, 2020@12:00 WIB | 434 Views

Saat Anda memiliki pesan yang ingin Anda sampaikan sesegera mungkin atau terganggu saat mengetik, koreksi otomatis bisa menjadi fitur hebat di ponsel Anda. Gagasan bahwa ponsel dapat memahami kata yang ingin Anda gunakan cukup mengesankan, dan koreksi otomatis adalah fitur berharga yang dihargai banyak orang.

Tetapi, pernahkah Anda mengalami kesalahan pesan teks saat berkomunikasi dengan orang lain akibat autocorrect? Bila ya, sebenarnya ada banyak orang yang juga mengalami hal yang serupa. Fitur yang diciptakan untuk menyempurnakan teks ini pada akhirnya justru menimbulkan kekacauan tersendiri. Bahkan tak jarang, kesalahan eja autocorrect dijadikan lelucon di sosial media.

Jadi bila Anda mendapat pengalaman tak menyenangkan dengan autocorrect, Anda dapat menonaktifkannya, baik di perangkat iPhone maupun Android.

Untuk pengguna iPhone, Anda dapat menonaktifkan autocorrect dengan mudah.

  1. Pertama, dari home screen iPhone silakan datangi menu ‘Settings’ untuk menampilkan beragam opsi pengaturan.
  2. Kedua, gulir ke bawah sampai Anda melihat opsi untuk "Umum" dan ketuk di atasnya. Anda kemudian akan dibawa ke layar berikutnya dari opsi yang menampilkan pengaturan untuk cara kerja dasar iPhone Anda.
  3. Langkah berikutnya setelah berada pada layar opsi “General", gulir ke bawah untuk menemukan pilihan "Keyboard", yang akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan preferensi pengetikan Anda.
  4. Langkah keempat, di bawah tajuk "All Keyboards", cari opsi "Auto-Correction". Saat diaktifkan, tombol akan berwarna hijau.
  5. Terakhir, untuk menonaktifkan koreksi-otomatis, klik tombol "Auto-Correction" sehingga tombol di sebelah kanan opsi tidak lagi hijau.

Harus dicatat bahwa dengan menonaktifkan koreksi-otomatis, itu berarti iPhone Anda tidak akan lagi memperbaiki kesalahan ketik Anda. Ini opsi bagus untuk mereka yang berbicara dalam bahasa slang atau dalam bahasa yang berbeda. Perlu diketahui, jika Anda menggunakan banyak kata-kata non-tradisional, iOS akan belajar dari waktu ke waktu untuk kata-kata pilihan Anda dan tidak akan mengoreksinya secara otomatis.

Tak berbeda jauh dengan iPhone, pengguna Android juga dapat mematikan autocorrect dengan mudah.

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka laci aplikasi dan buka Gboard untuk secara langsung mengakses preferensi aplikasi. Atau, Anda cukup menekan dan menahan karakter koma pada keyboard itu sendiri, yang bertindak sebagai jalan pintas ke menu preferensi yang sama.
  2. Langkah kedua, setelah aplikasi terbuka, Anda akan disajikan dengan semua opsi menu berbeda yang dapat didipersonalisasi. Salah satunya adalah "Text Correction", entri menu yang berisi semua opsi koreksi teks di Gboard.
  3. Langkah terakhir, silakan matikan opsi paling atas, "Auto Correct". Dengan demikian keyboard Anda tidak lagi secara otomatis memperbaiki kesalahan ketik yang Anda buat.

Itu dia langkah-langkah yang dapat Anda ikuti bila ingin menonaktifkan fitur koreksi otomatis. Selamat mencoba! [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
autocorrect,
#
iphone,
#
android,
#
tips nonaktifkan autocorrect,
#
tips