MENU
icon label
image label
blacklogo

Fitur Baru Instagram Dark Mode, Begini Cara Mengaktifkan dan Manfaatnya

OCT 18, 2019@17:04 WIB | 509 Views

Instagram resmi meluncurkan Mode Gelap atau Instagram Dark Mode untuk tampilan aplikasi terbaru mereka di platform Android 10 dan iOS 13. Netizen pun langsung banjir komentar dengan hastag #Instagramdarkmode yang menjadi trendingtopic di sosial media seharian ini. Ada yang berkomentar positif dan ada juga yang berkomentar negatif tentang tren baru ini. Dengan tampilan dark mode, latar belakang Instagram berubah dari terang berwarna putih menjadi gelap dan teks akan berubah menjadi putih.

Warna pada setiap postingan juga terlihat kontras dengan latar Instagram yang hitam. Sebenarnya fasilitas instagram dark mode atau mode gelap Instagram ini  hadir dalam pembaruan Instagram versi 114.0 di perangkat iOS maupun Android. Syarat utamanya, perangkat harus menjalankan iOS versi 13 atau Android 10. Namun di beberapa kasus, pengguna Android versi 9 juga bisa menggunakan fitur Instagram dark mode ini. Petinggi Instagram, Adam Mosseri pun telah resmi mem-posting tweet dengan informasi tentang Mode Gelap yang diluncurkan di Android dan iOS. Selain itu, dark mode ini ternyata banyak manfaatnya, lho. Hal ini tentu sangat berguna untuk kamu yang melakukan banyak aktivitas di media sosial dan menuntut untuk melihat layar berjam-jam. Nah, berikut manfaat dark mode:

1. Mengurangi Ketegangan Mata

Mata lebih mudah tegang ketika dituntut bekerja lebih keras. Dalam kasus ini adalah untuk fokus membaca tersebut. Karena menjadi lebih mudah, secara otomatis ketegangan mata pun dikurangi. Terlalu tegangnya mata dapat membuat kualitas penglihatan berkurang.

2. Menghemat Baterai

Melalui warna hitam, smartphone atau pun lainnya tidak perlu bekerja keras untuk menyalakan LED atau pun OLED yang ada di bagian dalam layar. Dengan itu, ponsel pun tidak perlu mengeluarkan energi atau arti lainnya akan lebih bisa menghemat baterai yang dimiliki.

3. Memberikan Mood Yang Lebih Baik

Warna sangat mempengaruhi mood seseorang. Berdasarkan ilmu psikologi warna, hitam sering melambangkan misteri, elegansi, formalitas, kekuatan dan prestige. Oleh karena itu, dengan background hitam, orang-orang akan jauh lebih mudah memberikan mood berkonsentrasi ke satu titik.

4. Lebih Mudah Membuat Pengguna Istirahat

Salah satu yang sering disarankan para dokter untuk menambah kualitas tidur adalah menjauhkan smartphone dari tempat yang mudah dijangkau tangan. Ini karena mereka mempercayai jika bermain ponsel membuatmu tidak tidur disebabkan oleh aktivitas serta cahaya terang. Tentu saja dengan dark mode yang secara otomatis membuat layar menjadi gelap, akan mempermudah kamu untuk langsung tertidur.

Nah, untuk mengaktifkan fitur mode gelap Instagram ini cukup mudah, tidak adanya tombol khusus di dalam aplikasi maupun pengaturan untuk mengaktifkan dan menon-aktifkan secara manual. Jadi mode gelap Instagram ini akan mengikuti pengaturan layar yang ada di smartphone secara otomatis.

1. Pastikan Instagram kalian sudah gunakan versi terbaru. Untuk perangkat iOS, pastikan pengaturan layar berada pada mode gelap. Di perangkat iOS 13, mode gelap bisa diaktifkan di menu "Display & Brightness". Kemudian, cukup pilih opsi "Dark" untuk mengaktifkan mode gelap. Dan otomatis maka tampilan instagram akan menjadi gelap.

2. Untuk mengaktifkan mode gelap instagram di smartphone Android bisa dilakukan dengan cara mengupdate Instagram dengan versi terbaru.

3. Kemudian masuk ke menu pengaturan smartphone untk mengaktifkan mode gelap smartphone. Pada Android biasanya terletak di pengaturan "Display", kemudian pilih "Night Mode" atau "Mode Malam". Maka tampilan layar smartphone akan bernuansa gelap.

4. Apabila setting-an utama smartphone sudah berada di mode gelap, maka tampilan Instagram juga otomatis akan berubah menjadi mode gelap.

5. Cara mematikan mode gelap di Instagram dan mengembalikan ke mode terang seperti sedia kala, Anda harus menon-aktifkan mode gelap atau mode malam di pengaturan layar smartphone.[ech/hsn/timBX]

Tags :

#
instagram,
#
dark mode,
#
fitur instagram