MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Buat Mode Landscape atau Portrait Pada Instagram dan lainnya di Android

DEC 24, 2020@10:00 WIB | 1,598 Views

Jika Anda pengguna Instagram, Anda mungkin memperhatikan bahwa aplikasi selalu dalam mode portrait, terlepas dari orientasi layar perangkat Anda. Tentu saja, UI Instagram dirancang khusus untuk berfungsi paling baik dalam mode portrait, tetapi bagaimana jika Anda terkadang ingin melihatnya dalam mode landscape?

Nah, ada beberapa aplikasi Android yang bisa mengubah konten layar Anda untuk ditampilkan dalam orientasi apapun, kapan saja. Rotation Control adalah aplikasi semacam itu. Rotation Control mudah digunakan dan dapat diunduh secara gratis dari Google Play.

Setelah Anda menginstal aplikasi dan membukanya di ponsel, Anda harus mengaktifkan fitur "Mulai mengontrol rotasi" - ini diperlukan untuk benar-benar memiliki kendali atas orientasi layar Anda.

Setelah Anda mengaktifkan fitur "Mulai mengontrol rotasi", Rotation Control akan dapat diakses dari bilah status ponsel Anda, menampilkan serangkaian opsi yang berjarak satu geseran (ke bawah) kapan saja.

Opsi ini selalu mengubah layar Anda untuk menampilkan konten dalam mode landscape, apa pun aplikasi yang Anda gunakan dan cara Anda memegang perangkat. Seperti yang Anda lihat pada tangkapan layar terakhir di atas, Anda juga dapat memilih aplikasi untuk "Mulai saat boot" dan Anda tidak perlu meluncurkannya setiap kali Anda perlu mengubah ke landscape untuk Instagram dan aplikasi lain.

Anda juga dapat mengubah layar Anda untuk selalu tetap dalam mode portrait, Anda harus mengetuk opsi ketiga seperti yang Anda lihat di tangkapan layar:

Opsi ini biasanya merupakan opsi default saat Anda meluncurkan aplikasi itu sendiri. Saat Anda tidak lagi membutuhkan Rotation Control untuk tetap berada di bilah status, Anda hanya perlu menonaktifkan fitur "Mulai mengontrol rotasi".

Atau, jika Anda merasa akan sering menggunakan aplikasi, Anda dapat membiarkan fitur tersebut diaktifkan, sementara juga mengaktifkan opsi "Mulai saat boot" (terlihat di atas pada gambar pertama) - dengan demikian, Rotation Control akan secara otomatis muncul di status bar saat Anda menghidupkan telepon Anda. [mhd/asl/timBX]

Tags :

#
tips mode landscape,
#
tips mode portrait,
#
tips instagram,
#
tips,
#
tips android