MENU
icon label
image label
blacklogo

Enam Hal Penting Outfit Saat Olahraga Golf

MAY 25, 2021@08:00 WIB | 174 Views

Olahraga golf berbeda dengan olahraga lainnya. Berolahraga memakai kaos adalah hal yang lumrah untuk olahraga apapun. Namun bila BlackPals memakai kaos tidak berkerah ke club lapangan golf, BlackPals bisa saja dicegat sebelum masuk. Ya, olahraga bola satu ini memiliki dresscode tersendiri bahkan untuk pemain non-profesional. Agar tidak salah outfit saat pertama kali bermain golf, inilah rekomendasi outfit yang cocok untuk Anda.

Enam Aturan Dresscode untuk Olahraga Golf

Kaos Polo

Kaos polo berkerah adalah pakaian utama dan paling mudah terlihat di lapangan golf. BlackPals paling mudah dicegat karena tidak memakai kaos polo di pintu masuk club. Agar nyaman dipakai berolahraga, BlackPals bisa memilih bahan katun dan bahan sintesis yang breathable.

Di Indonesia dengan cuaca yang cenderung panas, bahan kain sintesis akan membantu menjaga tubuh tidak mudah kepanasan karena uap panas tubuh cepat keluar dibanding bahan katun. Jangan memakai kaos dengan bahan jersey, tidak berkerah, ataupun memiliki tulisan besar dengan bahasa tidak sopan. Ingat juga untuk selalu memasukkan baju ke dalam celana.

Celana

Dua pilihan celana untuk golf adalah celana pendek dan slacks dengan bahan katun. Hal ini karena katun bisa menyerap keringat dengan cepat. Bila takut kepanasan atau kedinginan, pilihan bisa ditentukan dari panjang celananya. Untuk celana slacks, ujung celana diatur mencapai atas sepatu. Sedangkan panjang celana pendek cukup sampai atas lutut. Untuk pilihan warna yang aman, pilihan bisa dijatuhkan antara warna krim, beige, khaki, abu-abu, dan coklat. Memakai celana ¾ tidak diperbolehkan.

Ikat pinggang

Ikat pinggang penting dipakai untuk dresscode bermain golf. Pemakaian aksesoris ini akan membantu penampilan BlackPals menjadi lebih rapi dan bersih. Tidak banyak aturan tentang ikat pinggang. Biasanya, pemain golf akan memilih bahan yang strechy dan tidak begitu formal dengan warna yang senada dengan sepatu. Warna coklat adalah warna paling popular yang dipakai.

Sepatu

Sepatu juga salah satu outfit penting dalam golf. Ada beberapa pilihan sepatu yang cocok. Bila BlackPals pertama kali bermain golf, sepatu sneaker adalah pilihan terbaik mengingat harga sepatu golf yang tidak kecil. Jadi pakai saja sneaker dulu sebelum BlackPals memutuskan untuk serius dalam olahraga ini atau tidak. Jangan memakai sepatu untuk berlari karena heels sepatunya terlalu tinggi untuk berdiri lama-lama.

Sepatu golf umumnya terbagi menjadi sepatu dengan spikes dan yang tidak. Sepatu dengan spikes besi tidak diizinkan lagi karena merusak rumput. BlackPals bisa memilih sepatu dengan bahan spikes yang lebih lembut atau non-besi seperti karet atau plastik. Kedua bahan ini juga terkenal di kalangan pemain golf. Untuk pilihan sepatu tanpa spikes, pilih sepatu tenis atau sepatu lain dengan soft heels. Selain sepatu spikes besi, hindari memakai sandal dan trainers ke lapangan golf.

Kaos kaki

Pakai kaos kaki dengan panjang minimal mencapai pergelangan kaki atau sedikit di atas sepatu. Pilih kaos kaki dengan bahan katun yang breathable karena akan berdiri dan berjalan hingga berjam-jam di lapangan golf. Tidak memakai kaos kaki akan melukai kaki dan menyebabkan kaki serta sepatu berbau keringat. BlackPals bisa memilih kaos kaki khusus untuk golf atau kaos kaki biasa untuk olahraga lari.

- Aksesoris lain

Selain kelima outfit di atas, ada beberapa aksesoris tambahan yang bisa dipakai saat bermain golf. Karena golf adalah olahraga outdoor, tabir surya dan kacamata hitam menjadi pilihan yang tepat untuk berlindung dari sinar matahari terik. Pilih sunscreen dengan minimal SPF 30 dan pakai 30 menit sebelum mulai bermain. Karena fungsi tabir surya bisa hilang dalam hitungan jam, BlackPals harus rajin memakai ulang agar tidak kesakitan.

Cara lain yang bisa dipakai adalah topi. BlackPals bisa memilih dari baseball cap, visor, atau wide brim hats. Cowboy hats juga bisa dipakai, tetapi biasanya hanya untuk mode. Pemain pemula biasa memakai wide brim hats karena bisa melindungi hingga pipi di bawah matahari. Jangan memakai topi terbalik atau bucket hats.

Aksesoris terakhir yang bisa dipakai saat berolahraga adalah sarung tangan golf. Benda satu ini bukan perlengkapan wajib, tetapi bisa membantu memperkuat genggaman. Selain itu, sarung tangan juga bisa melindungi tangan dari luka. Biasanya orang dengan tangan dominan kanan akan memakai sarung tangan di tangan kiri dan begitu juga sebaliknya. BlackPals juga bisa memakai di kedua tangan, biasanya pemain pemula melakukan hal ini.

Itulah hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih outfit untuk bermain golf, BlackPals. Jangan sampai salah agar bisa masuk ke lapangan dan tidak mengalami cedera saat bermain. [evl/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
outfit olahraga golf,
#
olahraga golf,
#
tisp olahraga golf,
#
tips