MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Unduh dan Instal Windows 11

JUL 16, 2021@16:30 WIB | 277 Views

Kini Windows 11 telah tersedia untuk diunduh dan diinstall ke Windows Insiders sebagai versi pratinjau. Lantas seberapa besar perbedaan peningkatan terbaru, dan bagaimana cara mengunduhnya?. Waktu perilisan masih tentatif, rumornya akan debut Oktober mendatang. 

Dari sejumlah tangkapan layar atas perilisan Microsoft bulan Juni lalu, ada build yang bocor sebelum Windows 11 resmi meluncur. Namun, disarankan mengikuti program Insider yang memiliki build pengujian yang tersedia dan siap digunakan. Dengan fitur-fitur seperti Widget, menu mulai baru, fokus besar pada game, dan banyak lagi, ada banyak hal yang disukai dari rilis Windows baru ini bahkan sebelum melihat versi finalnya.

Menariknya, unduhan Windows 11 akan menjadi peningkatan gratis jika BlackPals memiliki Windows 7 ke atas, jadi tidak ada alasan untuk mencoba dan menemukan versi bajakan dari sistem operasi yang tidak lengkap. Namun, jika BlackPals hanya memiliki satu PC, disarankan menunda menginstalnya, atau setidaknya menginstalnya di partisi jika BlackPals benar-benar ingin mencobanya.

Persyaratan Sistem Minimum Windows 11

- Prosesor: 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat dengan setidaknya dua inti pada prosesor atau SoC 64-bit yang kompatibel
- RAM: 4GB
- Penyimpanan: 64GB
- Sistem Firmware: UEFI, Secure Boot capable
- TPM: Modul Platform Tepercaya 2.0
- Graphics Card: DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0
- Tampilan: 720p, 8-bit per saluran warna, setidaknya diagonal 9 inci
- Koneksi Internet dan Akun Microsoft: Windows 11 Home memerlukan koneksi internet aktif dan Akun Microsoft untuk menyelesaikan pengaturan awal, penggunaan pertama sistem operasi, atau saat mengalihkan perangkat dari Windows 11 Home dalam mode S.

Untuk daftar lengkap persyaratan tambahan yang terbilang tidak terlalu penting, bisa lihat halaman spesifikasi Microsoft Windows 11 di situs resmi microsoft.

Jika BlackPals masih ingin mencoba build ini, ada fitur lain yang perlu dipertimbangkan meskipun telah membaca ikhtisar upgradenya. Kini Windows 11 menampilkan aplikasi pemeriksaan kesehatan yang lebih rinci, yang dapat merekomendasikan tugas-tugas tertentu untuk memperpanjang PC pengguna dengan lebih baik, terlepas dari apakah itu desktop atau laptop.

Versi Insider terbaru juga memiliki dukungan yang lebih baik untuk lebih dari satu monitor, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengurutkan bilah tugas saat diperlukan, di samping lebih banyak tata letak jepret yang tersedia saat dalam mode potret pada layar sentuh. Namun demikian, pastikan untuk 'Check for Updates' saat build baru dirilis untuk mendapatkan perbaikan dan fitur terbaru Windows 11.

Cara Mengunduh Windows 11

Sebelum mulai mengunduh, pastikan PC BlackPals memenuhi spesifikasi minimum Windows 11. Jika ya, pastikan BlackPals telah mencadangkan PC sebelum melanjutkan. Hal ini untuk memastikan jika terjadi kesalahan – dan memperbarui ke versi awal sistem operasi baru penuh atau berisiko – file dan pengaturan penting BlackPals setidaknya dapat dipulihkan. Setelah selesai, BlackPals harus mendaftar ke Program Windows Insider.

1. Join dengan Program Windows Insider

Untuk melakukannya, buka aplikasi Pengaturan dan klik 'Perbarui & Keamanan', lalu 'Program Windows Insider'.

BackPals mungkin perlu mengaktifkan data diagnostik opsional untuk melihat opsi ini. Untuk melakukannya, buka Pengaturan> Privasi> Diagnostik & umpan balik dan pilih 'Data diagnostik opsional'.

Di jendela 'Program Windows Insider', klik 'Mulai' untuk bergabung. Dari jendela yang muncul, klik 'Tautkan akun' dan pilih Akun Microsoft Anda dan klik 'Lanjutkan'.

2. Join dengan Dev Channel

Saat ini, build Windows 11 Insider hanya tersedia untuk orang yang menggunakan Saluran Dev. Ini dimaksudkan untuk pengembang aplikasi, dan memberi orang akses ke versi Windows 11 yang sangat awal. Sekali lagi, pastikan BlackPals senang menginstal apa yang mungkin merupakan versi awal dengan berbagai masalah yang disertakan.

Jika BlackPals hanya menginginkan PC yang berfungsi seperti biasa, hindari Windows 11 untuk saat ini. Namun, jika BlackPals memang ingin mencoba Windows 11, pada halaman 'Pick your Insider settings' yang muncul, pilih 'Dev Channel', lalu 'Confirm'.

Jendela lain akan muncul dengan penjelasan tentang apa yang dapat BlackPals harapkan dari build awal ini. Selama BlackPals senang untuk melanjutkan, klik 'Konfirmasi'.

BlackPlas kemudian harus me-restart PC. Pastikan semuanya tersimpan, dan klik 'Restart Now' pada jendela yang muncul.

3. Instal Windows 11 Insider Preview build 

Setelah BlackPals memulai ulang, buka aplikasi Pembaruan Windows. BlackPals dapat melakukan ini dengan mencari 'Pembaruan Windows' di bilah pencarian di bilah tugas Windows 10. BlackPals juga dapat membukanya dengan masuk ke Settings > Update & Security > Windows Update. Di jendela yang muncul, klik 'Periksa pembaruan'. Build Windows 11 Insider Preview akan muncul, dan BlackPals dapat mengunduh dan menginstalnya seolah-olah itu adalah pembaruan Windows 10 biasa.

4. Lakukan clean install Windows 11

Langkah-langkah di atas mengupgrade PC Windows 10 BlackPals ke Windows 11. Namun, jika ingin menginstal Windows 11 dari awal, BlackPals dapat mengunduh Windows 11 Insider Preview ISO. Kemudian pastikan BlackPals mendaftar ke Program Windows Insider dan berada di Saluran Dev (ditunjukkan pada langkah 1 dan 2 panduan ini), lalu gulir ke bagian bawah halaman. Di bawah 'Select edition' pilih Windows 11. Setelah ISO diunduh, BlackPals harus membuat USB atau DVD yang dapat di-boot dengannya. [asl/timBX]

Tags :

#
windows 11,
#
cara unduh windows 11,
#
cara install windows 11,
#
tips windows 11,
#
tips