MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mem-Pause dan Menonaktifkan Update Windows 11

APR 18, 2022@16:30 WIB | 233 Views

Update Windows 11 dimaksudkan untuk menjaga sistem operasi Anda tetap mutakhir. Namun terkadang update Windows ini masih memiliki banyak bug atau kekurangan-kekurangan lainnya, dan beberapa lebih suka menunda update ini selama satu atau dua minggu untuk memastikan bahwa tidak ada masalah pada update ini. Selain itu, terkadang update Windows datang pada waktu yang tidak tepat, misalnya saat Anda berada di tengah-tengah pekerjaan.

Anda tidak dapat menghentikan update Windows ini sama sekali, tetapi Anda dapat mem-pause-nya. Ada juga cara untuk menonaktifkan pembaruan, tetapi cara ini tidak permanen. Jika Anda ingin menunda jika ada potensi masalah atau lebih suka menundanya selama mungkin, berikut adalah cara untuk mem-pause dan menonaktifkan update Windows 11:.

1. Cara mem-pause update Windows 11

- Klik ikon Start dan pilih Setting
- Buka Windows Update

  • Jika Anda memiliki update yang tertunda, Anda akan menemukannya tercantum di atas. Anda juga dapat mengklik opsi Check for updates untuk melihat apakah ada update yang menunggu. Jika tidak, Anda akan diberi tahu bahwa Windows Anda adalah versi terbaru.
  • Tepat di bawah, Anda akan melihat opsi Pause updates. Di sebelah kanan, ada opsi Pause for 1 week.
  • Jika Anda ingin mem-pause selama lebih dari satu minggu, klik opsi Pause for 1 week lagi, dan Anda dapat memperpanjang waktu pause update hingga tiga minggu.

Sayangnya, tidak seperti Windows 10, di mana Anda dapat menjeda pembaruan hingga 35 hari, di Windows 11, Anda hanya mendapatkan hingga tiga minggu.

2. Cara menyesuaikan waktu restart PC

Windows biasanya perlu di-restart untuk menyelesaikan penginstalan update dan karena update dapat membuat komputer Anda tidak dapat digunakan selama beberapa menit hingga beberapa jam, Anda mungkin ingin menyesuaikan waktu restart sesuai keinginan.

  • Pada Windows Update screen, pilih Advanced options
  • Cari Notify me when a restart is required to finish updating dan aktifkan pilihan ini. Dengan begitu, Anda akan tahu jika restart akan datang, dan jika mau, Anda dapat menjadwal ulang restart.
  • Tepat di bawahnya, klik Active hours. Cari menu drop-down di sebelah kanan Sesuaikan Active hours dan pilih Secara Manual atau Automatic. Jika Anda memilih Manual, Anda dapat memilih jam untuk tidak me-restart, misalnya, jika ini adalah komputer kerja Anda, Anda dapat memilih untuk tidak memulai ulang antara jam 9 pagi dan 5 sore. Jika Anda memilih opsi Automatic, sistem akan restart saat Anda tidak menggunakan PC.

3. Cara Menonaktifkan update Windows 11

Jika Anda ingin Menonaktifkan update Windows 11, ada cara untuk menonaktifkan pembaruan yang bekerja dengan Windows 10 dan juga harus bekerja dengan Windows 11. Cara ini sendiri tidak permanen dan pada akhirnya Windows akan ter-update sendiri ketika PC di-reboot.

  • Gunakan Win+R untuk membuka program Run dan ketik services.msc. Klik OK.

  • Gulir ke bawah ke Windows Update dan klik dua kali.

  • Di menu drop-down Startup type, pilih Disabled.

  • Klik OK dan restart PC Anda. [fdlh/era/timBX].

Tags :

#
windows 11