MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Transfer Kontak ke iPhone dan Android

FEB 15, 2021@10:00 WIB | 354 Views

Bingung mentransfer nomor kontak dari satu platform ke platform yang lain? Tak perlu khawatir, karena memindahkan kontak ke perangkat barus angat mudah dilakukan.

Dalam artikel ini disajikan panduan cara memindahkan kontak dari iOS ke Android, sehingga Anda dapat dengan mudah beralih antar platform sesuka hati. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui Apple iCloud dan Google Kontak di browser desktop Anda.

Sekarang coba Anda simak panduan di bawah ini:

Ekspor kontak dari iCloud

Buat yang telah mengaktifkan iCloud di iPhone, maka untuk mencadangkan kontak itu mudah. Berikut langkah-langkahnya:

- Masuk ke iCloud di komputer dan klik Kontak.

- Pada layar berikutnya, pilih Semua Kontak di sudut kiri atas dan tekan Command + A atau CTRL + A untuk memilih semuanya.

- Jika mendapatkan peringatan yang menanyakan, "Apakah Anda ingin mengizinkan download di www.iCloud.com?" Klik Izinkan.

- Klik ikon Roda Gigi di bagian bawah halaman dan klik Ekspor vCard.

- Setelah jendela terbuka, pilih kembali semua kontak Anda dengan Command + A dan klik kanan pada kontak mana pun.

- Pilih Ekspor vCard, beri nama vCard, dan pilih lokasi penyimpanan - seperti desktop Anda.

Kontak akan diunduh ke computer sebagai file .VCF yang dapat dikirim melalui email kediri Anda sendiri atau langsung diimpor ke Google di browser. Setelah mengaktifkan ponsel Android baru, setel akun email dan impor vCard itu dari email untuk mengunggah kontak Anda. Sebaiknya simpan email dengan vCard terlampir.

Itu memungkinkannya berfungsi sebagai cadangan praktis dari semua kontak Anda. Anda juga dapat menyimpan file di suatu tempat di sistem Anda untuk diamankan.

Transfer dengan Google Kontak

Untuk memudahkan pemindahan kontak antar platform, sebaiknya Anda sudah punya akun Google. Namun jika belum, daftar secara gratis di Google, karena Anda akan membutuhkannya nanti saat harus memindahkan kontak di ponsel baru. Bagaimana caranya? Ikuti panduan di bawah ini:

Masuk ke Google Kontak di browser

Lihat opsi Impor pada bagian bawah sisi kiri – lalu klik di atasnya - lalu klik Pilih File, navigasikan ke vCard yang Anda simpan dari iCloud, dan klik Impor.

Jika sudah memiliki akun Google, akan tampak lebih besar file duplikasi. Jadi, Anda harus luangkan waktu sejenak untuk menghapusnya. Tapi sebelum benar-benar menghapus, periksa ulang kontak secara berkala – dan hapus jika Anda sudah tak membutuhkan lagi. Akan lebih baik jika saat menghapus, dilakukan secara manual.

Transfer kontak ke ponsel Android

Jika kontak di Google sudah sesuai dengan yang dikehendaki, maka Anda dapat meletakkannya di ponsel baru. Pertama kali menyalakan ponsel baru, Anda akan mendapat pertanyaan apakah Anda ingin menyelaraskan ponsel Anda ke akun Google? Setelah itu, masuk ka ninformasi akun Anda, dan ponsel Anda akan secara otomatis mengimpor semua kontak dari akun Google.

Jika sudah mengaktifkan ponsel Android dan tidak menyinkronkannya dengan akun Google, lakukan hal berikut:

- Buka Pengaturan > Akun atau Sinkronisasi untuk melihat setiap akun yang disinkronkan dengan ponsel.

- Di bagian bawah, Anda akan melihat tombol berlabel Add Account, di mana Anda dapat memasukkan login Google Anda.

- Pilih akun Google Anda, dan itu akan menyinkronkan semua kontak Anda ke ponsel Anda, bersama dengan Kalender, Chrome, Gmail, dan komponen lain apa pun yang Anda pilih untuk disinkronkan.

Gunakan aplikasi

Jika Anda kesulitan dan perlu mentransfer kontak dengan cepat, berikut adalah dua aplikasi seluler yang dirancang untuk memudahkan transfer.Berikut beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan:

- MCBackup

Cadangan Kontak Saya – singkatnya MCBackup.  Aplikasi ini membantu mencadangkan dan memulihkan kontak dari ponsel tanpa menggunakan metode berbasis computer atau sinkronisasi. Cadangkan dengan satu ketukan dan kirim lampiran .vcf melalui email. Aplikasi ini juga dilengkapi pencadangan offline, transfer mudah antara iOS dan Android melalui email, pengingat untuk mencadangkan secara teratur, dan kartu VCF.

- Pindahke iOS

Aplikasi yang tidak biasa ini adalah produk Apple yang dibuat untuk Android yang menghubungkan perangkat Android dan Apple melalui Wi-Fi, untuk mentransfer semua data Anda. Sayangnya, penggunaan aplikasi ini terbatas pada iPhone atau iPad yang menjalankan iOS 9 atau lebih tinggi dan perangkat dengan Android 10. Aplikasi ini mentransfer kontak serta riwayat pesan, foto dan video, penanda browser, akun email, dan kalender ke iPhone baru Anda. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
cara transfer kontak,
#
tips,
#
tips iphone,
#
tips android