MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Transfer Aplikasi Android Lama Ke Smartphone Baru

JUN 17, 2019@17:07 WIB | 334 Views

Aplikasi merupakan suatu hal menyenangkan sekarang ini. Anda mudah menginstalnya dengan hanya beberapa klik cepat dari Play Store, namun Anda tidak pernah benar-benar melihat file terkait atau memiliki akses langsung kepada apa yang diunduh. Atas nama kesederhanaan, sistem operasi seluler modern kami telah menutupi cara kerja instalasi aplikasi yang buruk dan mengambil penanganan file-filenya.

Sebagian besar pemilik smartphone umumnya tidak perlu melihat file aplikasi atau tahu di mana aset tersebut berada. Tetapi setiap saat, muncul pengecualian - seperti ketika Anda pindah ke ponsel baru dan tiba-tiba menyadari aplikasi favorit dari perangkat lama Anda tidak lagi tersedia di Play Store.

OS Android sebenarnya membuatnya sangat mudah untuk menemukan dan menyimpan file aplikasi dari ponsel dan kemudian mentransfernya ke perangkat lain untuk instalasi manual. Yang Anda butuhkan hanyalah sentuhan pengetahuan pengguna-daya.

PENGERTIAN APK

Bagi yang mengetahui, kami akan memberikan penjelasan singkat tentang APK. Nah, file yang berisi aplikasi di OS Android disebut APK, atau paket aplikasi Android. Itulah yang Anda unduh ketika Anda menginstal aplikasi dari Play Store, dan itulah yang Anda perlukan untuk menemukan, menyimpan, dan berbagi untuk mentransfer aplikasi dari satu ponsel ke yang lain.

Bila aplikasi favorit tidak lagi ada di Play Store, maka itu tidak akan diperbarui lagi dan dengan demikian dapat berisiko tidak sepenuhnya aman atau sesuai dengan standar Android saat ini. Menggunakan aplikasi yang tidak diperbarui secara aktif bukanlah hal yang paling disarankan untuk dilakukan, dan keluar jalur juga menginstal aplikasi secara manual adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan secara sembarangan, secara umum. Jadi, lanjutkan dengan hati-hati dan hanya jika Anda merasa nyaman dengan risiko yang terlibat.

PADA PERANGKAT LAMA ANDA

  • Unduhlah APK Extractor Pro dari Play Store. Gratis dengan iklan atau 99 sen (melalui peningkatan dalam aplikasi) untuk pengalaman bebas iklan.
  • Buka aplikasi, terima persyaratannya, dan berikan izin untuk mengakses file di perangkat Anda.
  • Temukanlah aplikasi yang ingin Anda simpan dan ketuk ikon menu tiga titik di sebelahnya.
  • Pilih "Share," lalu pilih tujuan yang dapat Anda akses di ponsel lain - seperti Google Drive atau email Anda sendiri.

PADA PERANGKAT BARU ANDA

Bila langkah di perangkat lama selesai, kita beralih pengaturan di perangkat baru. Check out

  • Temukanlah file yang Anda bagikan dengan membuka Drive, email Anda, atau di mana pun Anda menyimpannya. Nama panjangnya mungkin dimulai dengan judul aplikasi dan diakhiri dengan ".apk."
  • Ketuk file untuk membukanya. Pada titik ini, ponsel Anda mungkin akan memperingatkan Anda bahwa itu tidak diperbolehkan untuk menginstal aplikasi yang tidak dikenal.
  • Di sinilah bisa agak rumit. Jika Anda memiliki Android 8 (Oreo) atau lebih baru, Anda dapat mengetuk pilihan “Settings” dan Anda akan dibawa ke layar tempat Anda dapat mengotorisasi aplikasi tertentu (Drive, Gmail, atau aplikasi apa pun yang Anda bagikan) untuk menginstal aplikasi yang tidak dikenal. Pada versi Android yang lebih lama, ketika Anda mengklik "Settings" Anda akan dibawa ke layar di mana Anda akan memberikan izin untuk memungkinkan aplikasi yang tidak dikenal dipasang pada tingkat sistem. (Anda selalu dapat kembali ke Pengaturan dan mengambil kembali izin itu nantinya).
  • Tekan tombol Kembali dan kemudian ikuti petunjuk untuk menginstal aplikasi baru.
  • Ketika aplikasi diinstal, itu akan muncul di laci aplikasi Anda dan ponsel Anda akan menampilkan permintaan yang menawarkan untuk segera membuka aplikasi.

Cukup mudah, bukan? So, selamat mencoba!

Tags :

#
black tips,
#
tips transfer aplikasi,
#
aplikasi android