MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Simpel Mencegah Akun WhatsApp Diretas

APR 05, 2019@14:13 WIB | 20 Views

Beberapa hari lalu, aplikasi WhatsApp mendapat fitur terbaru, yakni suatu fitur yang bisa mengontrol tentang siapa saja yang dapat menambahkan Anda ke grup WhatsApp tertentu. Ya, salah satu aplikasi chatonline populer ini telah mengumumkan fitur privasi baru yang memungkinkan Anda mengontrol siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup. Dan kami juga telah membuat ulasannya tersendiri di sini. Namun, tahukah Anda kalau akun atau nomor  WhatsApp juga bisa diretas? Lalu bagaimanakah cara mudah untuk mencegahnya?

Cara mudah untuk pencegahan nomor atau akun WhatsApp dari peretasan adalah dengan metode dua verifikasi (two-stepverification) yang awal tahun ini sudah dihadirkan fiturnya dalam aplikasi chatonline populer ini. Metode ini menggunakan tehnik keamanan yang sama dengan fitur keamanan 2FA di akun media sosial, seperti Twitter dan lainnya, yang mana telah dibahas secara tersendiri juga di sini beberapa hari lalu. Mari kita langsung saja membahas tentang cara simpel mencegah akun WhatsApp diretas oleh orang yang tak bertanggungjawab, yakni sebagai berikut:     

Langkah 1

Bukalah aplikasi WhatsApp, lalu cobalah untuk  menemukan menu Settings atau Pengaturan di bawah ikon ‘hamburger’ kanan atas. Bila ketemu, kliklah ikon itu.

Langkah 2

Bila sudah diklik, muncul daftar dan lihatlah di bawahnya. Ada tulisan Account > “Two-step verification” > Enable. Bila sudah, maka aplikasi WhatsApp akan meminta Anda untuk memasukkan PIN enam digit untuk digunakan sebagai verifikasi, dan kemudian secara opsional menambahkan alamat email jika Anda lupa PIN Anda buat atau pilih tadi. Tunggu kode verifikasinya maka aplikasi akan bisa membuat langsung pengamanan bila alamat email benar, terlebih bila berada dalam satu perangkat. 

Bila sudah dilakukan 2 langkah diatas, maka sukses sudah cara pencegahan peretasan akun atau nomor WhatsApp di sini. Ini juga menjelaskan tentang betapa pentingnya memiliki email terkait dengan keamanan nomor atau akun WhatsApp Anda. Hal ini dikarenakan layanan ini tidak akan membiarkan Anda untuk memverifikasi ulang diri Anda apabila Anda telah menggunakan WhatsApp dalam tujuh hari terakhir dan lupa PIN Anda.

Maka dari itulah, jika Anda tidak bisa menunggu seminggu untuk memverifikasi ulang dengan alasan apa pun, akan sangat membantu bila Anda telah memasukkan alamat email sehingga Anda dapat masuk atau menonaktifkan fitur baru keamanan dengan tehnik 2FA ini. Dalam nada yang sama: berhati-hatilah dengan email yang memancing diri Anda untuk mematikan fitur 2FA ini jika Anda tidak memintanya sendiri. Selamat mencoba saja!

Tags :

#
whatsapp,
#
bebas retas,
#
grup whatsapp