MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Menggunakan WhatsApp Web

DEC 14, 2020@12:30 WIB | 275 Views

WhatsApp Web merupakan versi browser dari aplikasi populer WhatsApp yang mana ia bisa digunakan sebagai Messenger dan aplikasi panggilan video / suara dari perangkat iOS dan Android. Desktop WhatsApp hadir dalam dua bentuk - aplikasi sistem yang dapat diunduh untuk Mac dan Windows atau kemampuan untuk beroperasi langsung dari browser.

WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop berfungsi sebagai ekstensi dari akun WhatsApp seluler Anda, dan semua pesan disinkronkan antara ponsel dan komputer Anda, sehingga Anda dapat melihat percakapan di perangkat apa pun di mana pun pesan itu dimulai. Di sini, kami akan memandu Anda tentang cara menggunakan aplikasi browser WhatsApp.

Untuk meluncurkan WhatsApp Web, cukup klik URL-nya di Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau Edge dan pindai kode QR pada halaman dengan aplikasi seluler WhatsApp dari ponsel Anda. WhatsApp Web secara otomatis diluncurkan di browser dan tetap aktif sampai Anda keluar dari komputer atau ponsel Anda.

Untuk iOS 14, berikut langkah-langkahnya:

-Buka situs web WhatsApp untuk menautkan WhatsApp Web dengan aplikasi ponsel Anda.

-Luncurkan WhatsApp di iPhone atau ponsel Android Anda.

-Pindai kode QR yang muncul di situs dengan ponsel Anda terbuka untuk WhatsApp.

-Di iPhone, ketuk Pengaturan> WhatsApp Web / Desktop.

-Ketuk Pindai kode QR dan dekatkan ponsel Anda ke kode untuk memasangkannya.

Untuk Android 10, berikut langkah-langkahnya:

-Di ponsel Android, ketuk tiga titik di kanan atas dari panel Obrolan.

-Ketuk WhatsApp Web dan pindai kode QR.

-Akun smartphoneAnda sekarang ditautkan ke versi web aplikasi. Dari sana Anda dapat mengirim dan menerima pesan dari browser desktop komputer Anda.

-Setelah memindai kode QR, Anda dapat melihat daftar obrolan WhatsApp Anda langsung di halaman web. Di sebelah kiri, Anda dapat melihat obrolan Anda dengan mengklik kontak untuk membuka obrolan dan riwayat pesan Anda, jika Anda menyimpannya.

Pada bagian kiri atas halaman Web, tersedia tiga ikon: Status, Obrolan baru, dan Menu, yang menawarkan daftar opsi bertingkat. Opsi Status mengungkapkan semua status yang diposting oleh kontak Anda bersama dengan kemampuan untuk merespons dari area balasan di bagian bawah panel. Mengklik Obrolan baru membuka daftar kontak di sisi kiri halaman. Dari sini, Anda dapat membuat grup baru atau memulai percakapan.

Menu tarik-turun tiga titik memungkinkan Anda membuat grup baru, mengubah informasi di profil Anda, mencari obrolan yang diarsipkan, melihat pesan berbintang, mengubah pengaturan seperti pemberitahuan dan wallpaper obrolan, atau keluar.

WhatsApp Web ini semudah digunakan sebagai aplikasi seluler, dan antarmukanya akan terlihat tidak asing. Untuk mengirim pesan dari desktop Anda, klik pada obrolan yang ada atau klik ikon Obrolan baru dan pilih kontak yang ingin Anda ajak berinteraksi. Sama seperti yang dilakukan di ponsel. Jika Anda ingin menyertakan dokumen, gambar, atau rekaman, cukup lampirkan file dari desktop Anda dan kirimkan seperti yang Anda lakukan pada pesan lainnya dengan mengklik ikon Lampirkan klip kertas di bagian atas obrolan saat ini.

WhatsApp juga menawarkan opsi klien desktop untuk Windows atau Mac yang dapat Anda unduh langsung dari situs WhatsApp. Ini terlihat identik dengan aplikasi web. Setelah mengunduh di Windows, ikuti langkah-langkah penginstal. Di Mac, seret ikon WhatsApp ke folder Aplikasi Anda. Kemudian, luncurkan aplikasi desktop. Untuk versi browser web, Anda akan mendapat perintah untuk memindai kode QR dengan cara yang mirip dengan versi web. WhatsApp membuat Anda tetap masuk sampai Anda siap untuk keluar. Untuk keluar, kembali ke menu WhatsApp di ponsel Anda dan pilih Keluar dari semua perangkat, atau di komputer Anda dengan mengetuk ikon tiga titik di bagian atas percakapan, dan pilih opsi Keluar.

Fitur Video call Desktop

WhatsApp berencana untuk menerapkan konferensi video desktop multi-pihak dalam aplikasi webnya untuk menampung hingga 50 peserta. Ini akan memberikan alternatif untuk Zoom, Skype, dan Google Meet, yang menjanjikan kenyamanan yang sangat tinggi bagi pengguna WhatsApp. Fitur ini masih dalam versi beta dan belum dirilis ke publik, sedang obrolan video grup ini sudah tersedia di versi seluler aplikasi. [inn/asl/timBX]

Tags :

#
whatsapp web,
#
fitur whatsapp web,
#
cara menggunakan whatsapp web,
#
tips