MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Merekam Panggilan Pada iPhone

DEC 19, 2020@16:00 WIB | 174 Views

Tidak banyak orang yang melakukan perekaman panggilan, dan hal ini juga tidak legal. Jadi masuk akal jika Apple tidak menyediakan fitur ini pada iOS. Tapi memang ada kalanya di beberapa situasi perlu untuk merekam panggilan, seperti interview via telepon atau lain sebagainya yang memiliki izin untuk merekam.

Jika Anda ingin merekam panggilan baik itu panggilan masuk ataupun keluar, cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan aplikasi perekam. Tidak banyak memang aplikasi perekam panggilan, tapi ada beberapa pilihan jika Anda bersedia mengeluarkan sedikit biaya.

Rev Call Recorder (free)

Gunakan aplikasi gratis ini untuk merekam panggilan jika Anda memiliki nomor Amerika untuk registrasi. Aplikasi ini tidak perlu subscription, tidak ada biaya atau limit waktu rekaman, dan kualitas suaranya juga bagus. Fitur-fitur di aplikasinya juga sangat membantu merekam dengan mudah. Hanya dengan memasukan nomor telepon yang ingin dihubungi. Setelah itu file audio dapat di download. Sedangkan panggilan masuk akan ada notifikasi untuk merekam. 

TapeACall Pro ($11)

Jika Anda bersedia mengocek saku Anda, pilihlah TapeACall Pro. Dengan $11 atau sekitar 155 ribu, Anda bisa merekam tanpa batas selama satu tahun. Aplikasi ini juga mencantumkan harga untuk panggilan tak terbatas $20 atau 280 ribu per tahun. TapeACall dapat membuat panggilan tiga arah, antara Anda, penelepon dan layanan  perusahaan. Jika ingin merekam panggilan, cukup untuk membuka aplikasi dan tekan tombol rekam. Aplikasi akan menghubungi nomor akses TapeACall dan mulai merekam. Kemudian gabungkan panggilan menjadi panggilan tiga arah dan percakapan mulai merekam. File audio bisa Anda dapatkan di aplikasi. 

Call Recorder Pro ($10)

Sama seperti TapeACall, aplikasi ini juga menggunakan panggilan tiga arah, meski begitu penggunaan aplikasi ini jauh lebih mudah. Call Recorder Pro memudahkan pengelolaan rekaman dan dapat mendownload serta membagikannya via SMS, email atau aplikasi lainnya. Biaya yang dibutuhkan $10 untuk 300 menit, dan pilihan lain seperti $1 untuk 30 menit dan $5 untuk 150 menit. 

IntCall Call Recorder (free)

Aplikasi ini akan membantu Anda menelpon dan merekam panggilan nasional maupun internasional dan dapat menyimpannya pada telepon. Gunakan operator GSM. IntCall menggunakan tarif bayar per menit dan menjadi pilihan yang baik tergantung pada negara yang Anda telepon. Aplikasi ini juga beroperasi dengan kredit prabayar dan pembayaran sesuai penggunaan melalui VolP. pembaruan iOS 14 juga menambahkan fitur bagi aplikasi ini. 

Phone Call Recorder - ACR (free)

Aplikasi yang paling banyak digunakan. Fitur yang lengkap dan berkualitas tinggi sangat membantu Anda merekam panggilan keluar dan masuk dalam jumlah tak terbatas. Hasil rekaman pun langsung tersedia untuk didengar, dihapus atau disimpan ke dalam berbagai opsi seperti, iCloud, Dropbox atau Google Drive. Aplikasi ini menggunakan fitur panggilan konferensi operator untuk merekam percakapan.

Google Voice

Pilihan lain untuk merekam panggilan masuk dengan menggunakan Google Voice. Aplikasi ini juga dapat menyaring panggilan yang tidak diinginkan. Untuk merekam panggilan masuk melalui Google Voice pada iOS 13 dan 14, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Masuk ke voice.google.com dan ikuti instruksi nya. Saat akun sudah terbentuk, Anda bisa mengaktifkan perekam panggilan dan menyimpan rekaman secara otomatis menjadi file MP3.

Perekam Suara Eksternal

Pilihan terakhir yang bisa Anda gunakan adalah perekam suara khusus yang dapat dihubungkan langsung ke jack 3,5 milimeter smartphone Anda atau juga bisa konek vis Bluetooth. Ada beberapa pilihan seperti Olympus TP-8 Telephone Pickup Microphone, PR200 Bluetooth Cell Phone Call Recording Device atau Techerific’s DeciVibe Digital Voice Recorder. [geo/asl/timBX]

Tags :

#
tips rekam panggilan,
#
cara merekam panggilan,
#
tips iphone,
#
merekam panggilan iphone,
#
tips