MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mengunduh iOS 13 di iPhone atau iPod Touch

DEC 21, 2020@14:00 WIB | 315 Views

Sistem operasi seluler Apple, iOS 13, mulai populer pada September 2019. Seperti biasa, produk itu dikemas dengan perubahan dan penyempurnaan terbaru Apple, tetapi juga memperkenalkan sejumlah fitur baru, termasuk dark mode (Mode Gelap) yang telah lama ditunggu. Pembaruan ini menyertakan pilihan tentang yang cukup berarti, tetapi pengguna harus memperbarui perangkatnya ke iOS 13 sebelum dapat memainkannya.

iOS 13, telah digantikan oleh iOS 14, tetapi jika ingin memperbarui perangkat iOS 12, berikut cara memperbaruinya ke iOS 13.

Sebagai informasi, untuk pertama kalinya dalam sejarah Apple, iPad menjalankan caranya sendiri dan tidak akan lagi terikat ke iOS. Karena itu, iPad tidak menerima iOS 13. Sebaliknya, iPad sekarang memiliki OS sendiri yang disebut iPadOS.

Perangkat yang kompatibel

Pertama, pastikan perangkat Anda mampu menjalankan iOS 13. Meskipun Apple mendukung perangkat lama dengan pembaruan perangkat lunak baru, beberapa iPhone lama yang memenuhi syarat untuk iOS 12 tidak menerima iOS 13.

iPod Touch dan iPhone yang mendukung iOS 13 antara lain iPod Touch (generasi ke-7), iPhone SE, iPhone 6S dan 6S Plus, iPhone 7 dan 7 Plus, iPhone 8 dan 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS dan XS Max, serta iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max.

Secara teknis, iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max semuanya mampu menjalankan iOS 13. Namun, karena keduanya datang dengan iOS 14, maka pengguna tidak akan dapat menurunkannya ke iOS 13.

Mengapa hal ini terjadi? Anda hanya perlu menyimak artikel ini sampai selesai.

Cadangkan iPhone atau iPod Touch Anda

Sangat disarankan untuk mencadangkan perangkat sebelum menginstal pembaruan apa pun, bahkan untuk versi yang dirilis. Mencadangkan data Anda, dan pastikan bahwa akan mudah untuk memulihkan perangkat jika terjadi kesalahan.

Anda dapat memperbarui iPhone atau iPod Touch menggunakan Apple iCloud, atau dengan menghubungkan perangkat ke Mac atau PC melalui iTunes.

Mencadangkan menggunakan iCloud

Menggunakan iCloud mungkin adalah cara termudah untuk mencadangkan perangkat Anda. Berikut cara melakukannya:

- Hubungkan ke jaringan Wi-Fi.

- Buka aplikasi Pengaturan, lalu pilih nama Anda dan ketuk iCloud. Jika  menggunakan iOS 10.2 atau versi lebih lama, gulir ke bawah dan ketuk iCloud.

- Gulir ke bawah dan ketuk Cadangan iCloud> Cadangkan Sekarang. Jika,  menggunakan iOS 10.2 atau versi lebih lama, cukup ketuk Cadangkan.

Lalu periksa apakah pencadangan selesai, kemudian kembali ke Pengaturan, menekan iCloud> Penyimpanan iCloud> Kelola Penyimpanan, dan mengetuk perangkat Anda dari daftar.

Mencadangkan di Mac yang menjalankan MacOS Catalina atau lebih baru

MacOS Catalina menghapus iTunes ikonik Apple, menggantinya dengan aplikasi terpisah untuk Buku, Podcast, dan Musik. Namun, pengguna masih dapat mencadangkan perangkat iOS Anda di Catalina, serta penggantinya, Big Sur. Berikut cara melakukannya:

- Hubungkan iPhone atau iPod Touch ke Mac dan pastikan sudah mutakhir.

- Ikuti petunjuk apa pun di layar, jika perlu memasukkan kode sandi perangkat atau Percayai Komputer Ini.

- Buka aplikasi Finder dan pilih iPhone dari sidebar.

- Tekan tab Umum, lalu tekan Back Up Now untuk mencadangkan secara manual ke Mac.

Mencadangkan di Mac atau PC dengan iTunes

Jika Anda diberkati dengan Mac atau PC Windows yang lebih lama, Anda masih dapat menggunakan iTunes untuk mencadangkan iPhone atau iPod Touch. Berikut cara melakukannya:

- Pastikan iTunes up-to-date dan terhubung ke perangkat Anda.

- Ikuti petunjuk di layar mana pun, jika perlu memasukkan kode sandi perangkat atau Percayai Komputer Ini.

- Pilih iPhone atau iPod Touch Anda di iTunes.

- Tekan Back Up Now untuk menyimpan data Anda.

Mengunduh dan menginstal iOS 13 di iPhone atau iPod Touch Anda

Cara termudah untuk mengunduh dan menginstal iOS 13 di iPhone atau iPod Touch adalah dengan mengunduh melalui udara.

- Di iPhone atau iPod Touch Anda, buka Pengaturan> Umum> Pembaruan Perangkat Lunak.

- Perangkat Anda akan memeriksa pembaruan, dan pemberitahuan tentang iOS 13 akan muncul. Ketuk Unduh dan Pasang.

- Memperbarui perangkat Anda dapat memakan waktu cukup lama, dan Anda tidak akan dapat menggunakan perangkat saat pembaruan berjalan.

Mengunduh dan menginstal iOS 13 melalui iTunes di Mac atau PC Anda

Jika mau, Anda juga dapat mengunduh pembaruan iOS 13 melalui iTunes di Mac atau PC. Caranya :

- Pastikan Anda telah memperbarui ke versi terbaru iTunes.

- Pasangkan iPhone atau iPod Touch ke komputer Anda.

- Buka iTunes, pilih perangkat Anda, lalu klik Ringkasan> Periksa Pembaruan.

- Klik Unduh dan Perbarui.

Mendownload iOS 14

Sepertinya Apple memiliki agenda tahunan, salah satunya merilis iOS 14 pada bulan September. Asumsinya perilisan ini akan membawa pada peningkatkan ke iOS yang baru. Sayangnya, saat ini dengan alasan apa pun, Anda ingin menurunkan versi kembali ke iOS 13, maka Anda tidak akan dapat melakukannya. Di masa lalu, jika Anda ingin menurunkan versi dari, katakanlah, iOS 12 ke iOS 11, masih mungkin dilakukan.  

Namun, saat ini Apple memperkenalkan perubahan di iOS 13 yang cukup berarti, sehingga iPhone hanya dapat menginstal versi iOS yang ditandatangani oleh Apple. Karena itu, jika menemukan versi iOS 13 secara online, kemungkinan besar tidak akan ditandatangani oleh Apple – dan artinya itu tidak akan dapat diaktifkan sesuai harapan. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
cara mengunduh ios 13,
#
tips iphone,
#
cara unduh ios 13 di iphone,
#
tips